Rayakan Tahun Baru yang Hemat Dengan 5 Cara Berikut

Tahun baru adalah momen yang banyak dinantikan oleh orang-orang untuk liburan. Momennya yang berdekatan dengan natal membuat orang-orang sengaja menyiapkan liburan tahun ini sebagai sarana untuk lepas dari rutinitas penat selama setahun ke belakang. Maka tak heran jika pada momen ini, harga tiket pesawat atau tiket penginapan mengalami kenaikan yang cukup drastis karena tingginya permintaan konsumen. Perayaan tahun baru pun dianggap sebagai perayaan yang memakan cukup banyak ongkos.

Padahal sebenarnya, Anda tetap dapat merayakan momen ini secara sederhana dengan budget yang terbatas. Meski biayanya murah dan hemat, momen tahun baru Anda tetap akan berkesan bersama orang-orang istimewa. Berikut adalah 5 tips untuk merayakan tahun baru dengan hemat.

Mengusung konsep potluck party

PotluckParty.jpg

Potluck party adalah sebuah konsep yang sangat pas untuk menghemat pengeluaran ketika malam perayaan tahun baru. Konsep ini berarti setiap tamu undangan dianjurkan membawa makanan dan minuman sendiri, dalam jumlah tertentu, untuk nantinya disajikan dan dinikmati bersama-sama. Keuntungan dari konsep ini, selain hemat, adalah kita dapat mencicipi bermacam-macam jenis hidangan.

Mengadakan perayaan di rumah

PartyatHome.jpg

Cara hemat berikutnya yaitu mengadakan pesta perayaan tahun baru di rumah. Dengan demikian, Anda tidak perlu mengeluarkan ongkos untuk menyewa tempat. Pesta perayaan yang diadakan di rumah juga akan semakin menimbulkan rasa hangat, akrab, dan kekeluargaan bagi para tamu yang datang. Meskipun hemat, merayakan tahun baru di rumah dapat dijadikan sebuah pilihan menarik.

Tidak mengundang terlalu banyak orang

SmallParty.jpg

Kembali ke esensi awal, merayakan tahun baru adalah untuk menghilangkan penat dari pekerjaan selama satu tahun ke belakang. Cara menghilangkan penat tersebut dapat dengan berkumpul bersama sanak saudara maupun teman-teman dekat. Apabila Anda ingin pesta perayaan tahun baru Anda menjadi lebih hemat, maka tidak ada salahnya untuk membatasi jumlah tamu undangan yang hadir. Cukup undang keluarga atau sahabat dekat Anda. Selain menghemat pengeluaran, tujuannya adalah agar pesta tahun baru terasa lebih hangat dan akrab.

Tidak menggunakan dekorasi yang berlebihan

SimpleDecorate.jpg

Dekorasi bukanlah sesuatu yang wajib ada dalam sebuah pesta perayaan tahun baru. Esensi perayaan bukan di dekorasi itu sendiri melainkan lebih kepada konsep acaranya. Anda tidak perlu terlalu bingung memikirkan dekorasi karena nantinya waktu Anda dalam menikmati momen tahun baru akan lebih berharga daripada dekorasi itu sendiri. Jika Anda mengadakan pesta di rumah, Anda tidak harus menghias rumah Anda sedemikian rupa sampai menjadi tempat yang bagus untuk merayakan tahun baru. Cukup dengan membereskan dan membersihkan rumah Anda serta menyiapkan rumah Anda untuk dikunjungi oleh para tamu undangan.

Datang ke tempat perayaan tahun baru secara gratis

HappyNewYear.jpg

Apabila Anda enggan repot mengadakan pesta tahun baru di rumah, Anda dapat merayakan tahun baru ke tempat-tempat yang memang mengusung konsep perayaan tahun baru. Saat ini sudah ada banyak sekali tempat umum seperti restoran, cafe, hotel, alun-alun, dan berbagai macam tempat lainnya yang turut merayakan tahun baru. Mengunjungi tempat ini juga berarti menyaksikan pesta kembang api yang cantik meski tanpa budget.

Merayakan tahun baru tidak perlu dengan cara-cara yang mewah. Anda dapat merayakannya dengan hemat dan murah. Kuncinya adalah pada kreatifitas Anda dalam membangun momen perayaan tahun baru itu sendiri. Jika Anda kreatif, pasti akan ada jalan dalam merayakan tahun baru meski budget terbatas. Toh yang terpenting dari sebuah perayaan adalah tercapainya esensi perayaan itu sendiri, yang mana sebagai bentuk syukur atas apa yang sudah terjadi selama setahun sebelumnya. Juga untuk mempererat jalinan silaturahmi bersama orang-orang terdekat.

Dapatkan Panduan Belanja Hemat dalam Newsletter Hemat.id!