Rekomendasi Pembersih Keramik Kamar Mandi yang Ampuh

Sebentar lagi perayaan Imlek tahun 2023 akan datang yang dimulai dari 22 Januari 2023 dan berakhir pada 9 Februari 2024. Tahun Baru Imlek disebut juga Tahun Baru China atau Festival Musim Semi. Imlek 2023 adalah tahun Kelinci Air. Kelinci adalah lambang umur panjang, kedamaian, kemakmuran sehingga tahun ini disebut juga sebagai tahun harapan. Bagi yang merayakan, seperti banyak hari besar lainnya, selain sibuk menyediakan hidangan spesial, biasanya kita menyambutnya dengan bersih-bersih rumah ya Sahabat Hemat? Bersih-bersih rumah ini harus dilakukan sebelum imlek karena saat hari imlek dilarang untuk melakukan kegiatan bersih-bersih karena dipercayai akan membuang rejeki yang akan datang.

Baca juga : Tradisi Saat Imlek

Hal yang perlu diperhatikan saat akan membersihkan kamar mandi

Salah satu area rumah yang penting sekali untuk selalu dijaga kebersihannya adalah kamar mandi. Kamar mandi yang kotor akan mempengaruhi seluruh isi rumah terutama dari segi kenyamanan. Selain itu kamar mandi biasanya menjadi salah satu lokasi yang didatangi tamu anda selain ruang tamu atau ruang keluarga. 

Hal yang perlu digarisbawahi adalah fakta bahwa di dunia ini kita hidup berdampingan dengan mikroorganisme. Mikroorganisme tersebut ada yang menguntungkan seperti bakteri di dalam pencernaan yang membantu mencerna makanan dan menghasilkan enzim yang kita butuhkan, ada pula mikroorganisme patogen yang jika jumlahnya berlebih bisa berbahaya bagi kesehatan. Sayangnya, mayoritas mikroorganisme yang terdapat di kamar mandi kita adalah jenis yang kurang menguntungkan. Kondisi kamar mandi yang cenderung lembab, apalagi jika sirkulasi udaranya tidak baik akan mendukung pertumbuhan mikroorganisme patogen ini.

Sumber : Pexels

Menurut jurnal NCBI, setelah dibilas pun bakteri akan tetap tertinggal di lantai ataupun kloset kamar mandi kita karena ubin dan kloset kita memiliki pori-pori pada permukaannya sehingga bakteri bisa menempel pada pori-pori tersebut. Karena itu kloset di desain dengan penutup yang berfungsi untuk anda menutup kloset lebih dulu sebelum melakukan flushing untuk mencegah bakteri terciprat mengenai anda melalui partikel aerosol yang menyebar karena tekanan air flushing. Bakteri ini juga yang akan menyebabkan bau tidak sedap pada kamar mandi anda.

Baca juga Rekomendasi Penyedot Debu dan Air Purifier Agar Bersih-Bersih Rumah Lebih Mudah

3 bagian kamar mandi yang wajib dibersihkan dengan benar

Untuk saya pribadi ada beberapa spot yang saya perhatikan saat membersihkan kamar mandi. Spot pertama sudah pasti adalah lantai kamar mandi, spot kedua adalah kloset dan spot ketiga adalah printilan kamar mandi seperti keran, shower, cermin, gantungan di kamar mandi dan sebagainya. Proses deep cleaning semua spot ini akan memakan waktu dan tenaga yang lumayan sehingga biasanya sering dilakukan saat menyambut hari besar. Yuk kita kupas tuntas satu per satu cara ampuh membersihkan setiap spot di kamar mandi. 

#BandingkanHematnya

Sekarang kita bisa memperoleh informasi harga pembersih lantai terlengkap. Hemat.id menyediakan informasi perbandingan harga di Alfamart, Indomaret, hingga harga pembersih lantai di toko online seperti Shopee dan Tokopedia. Anda juga bisa langsung klik beli sekarang supaya tidak kehabisan promo.

Cek sekarang juga harga pembersih lantai terhemat

Lantai Kamar Mandi

a. Cek jenis lantai kamar mandi

Perbedaan jenis bahan yang digunakan pada lantai kamar mandi dapat menjadi faktor untuk kita menentukan jenis pembersih yang cocok. Kamar mandi biasanya terdiri dari kamar mandi basah dan kering. Lantai kamar mandi biasanya menggunakan jenis bahan yang tidak licin sehingga tidak membahayakan penggunanya. Jenis bahan yang digunakan bisa berupa keramik, kayu, vinyl, rubber laminating atau semen. Sesuai namanya, kamar mandi basah biasanya akan cenderung lebih lembab dan harus lebih rutin dibersihkan agar tidak menimbulkan bau. Pastikan anda memilih jenis pembersih sesuai dengan jenis lantai kamar mandi anda.

b. Pilih pembersih sesuai jenis lantai

Sesuai dengan masing-masing fungsinya, ada beberapa jenis pembersih lantai kamar mandi yang perlu anda ketahui. Kesamaan dari semua pembersih ini bertujuan untuk membersihkan bakteri, lumut dan segala macam kotoran yang tidak kita inginkan. Namun pastikan bahan yang digunakan aman untuk jenis lantai kamar mandi anda. Anda juga bisa membaca label pada kemasan pembersih yang anda beli karena biasanya dicantumkan keterangan dan fungsinya.

  • Pembersih cair
    Jenis ini adalah jenis yang paling sering kita temukan. Biasanya memiliki kandungan bahan kimia yang cukup kuat berupa asam kuat atau hydrocloric acid. Sifatnya yang korosif sangat cocok untuk menghilangkan kerak pada lantai keramik anda namun jangan digunakan pada jenis lantai rubber laminating, vinyl ataupun logam. Pastikan anda menggunakan sarung tangan, alas kaki bahkan masker saat membersihkan untuk mencegah iritasi kulit dan pernafasan. Beberapa orang seperti saya tidak bisa menggunakan jenis pembersih ini karena kulit saya gampang sekali iritasi karenanya. Untuk kemampuan membersihkannya sudah tidak perlu diragukan lagi, kamar mandi anda akan kinclong seketika.

    Perlu dicatat tidak semua pembersih cair merupakan asam kuat. Ada juga pembersih cair yang ramah di kulit. Keterangan tentang bahan aktifnya bisa anda baca pada label kemasan. Pembersih kamar mandi jenis cairan ini juga ada yang dikemas dalam bentuk spray sehingga lebih mudah di aplikasikan, lebih merata penyebarannya dan menurunkan resiko kontak dengan kulit kita.
  • Pembersih bubuk
    Pembersih jenis ini biasanya mengandung detergen. Cara menggunakannya adalah dengan menaburkannya di lantai kamar mandi lalu anda bisa menyikat atau menggosok lantai kamar mandi dengan spons. Pembersih jenis ini cenderung lebih lembut sehingga bisa digunakan untuk berbagai jenis lantai kamar mandi.
  • Pembersih eco-friendly
    Jenis pembersih ini tidak mengandung bahan kimia berbahaya, biasanya dibuat dengan proses fermentasi sehingga limbah buangannya aman bagi lingkungan terutama air dan tanah. Aman untuk semua jenis lantai kamar mandi namun juga efektif untuk membersihkan mikroorganisme patogen. Jenis pembersih favorit saya.

c. Rekomendasi pembersih lantai kamar mandi

  • Harpic Power Plus
    Harpic merupakan brand yang sudah identik dengan fungsinya sebagai pembersih kamar mandi atau toilet. Kemampuannya juga nggak kaleng-kaleng karena memang mengandung asam kuat. Saya pernah menggunakannya pada penutup lubang saluran air yang berbahan stainless steel, penutup tersebut langsung menghitam karena korosi. Jangan lupa kenakan sarung tangan, alas kaki dan masker anda saat menggunakan pembersih ini. Cocok untuk lantai kamar mandi berbahan keramik dan semen. Temukan promo Harpic Power Plus disini
  • Porstex
    Pembersih keramik yang saya kenal sejak jaman dahulu kala. Ibu saya di rumah biasa menggunakan pembersih ini untuk membersihkan kerak membandel. Sudah terbukti kemampuannya ya Bun. Jangan lupa sarung tangan, masker dan alas kaki saat membersihkan kamar mandi dengan pembersih ini. Sayangnya pembersih ini baunya “kimia banget” sehingga tidak meninggalkan bau harum segar setelah kamar mandi dibersihkan. Cocok untuk lantai kamar mandi berbahan keramik dan semen. Temukan promo Porstex disini
  • Vixal
    Vixal juga mengandung bahan aktif asam kuat sebagai bahan pembersih utamanya. Dengan takaran pada tutup botolnya memudahkan pemakaian dan penghematan saat pemakaian. Vixal memiliki bau harum yang menyegarkan. Cocok untuk lantai kamar mandi berbahan keramik dan semen. Temukan Promo Vixal disini
  • Wipol
    Salah satu produk pembersih kamar mandi favoritku. Bahan aktifnya adalah pine oil 2.5% sehingga cukup oke untuk kulitku, aromanya segar dan mudah diaplikasikan saat membersihkan kamar mandi. Selain itu bisa juga digunakan untuk mengepel seluruh lantai rumah sehingga satu produk bisa banyak fungsinya. Cocok untuk semua jenis bahan lantai kamar mandi. Temukan Promo Wipol disini
  • Bebek Kamar Mandi
    Diklaim tidak merusak keramik kamar mandi dengan kandungan bahan aktif germinex yang dapat membunuh kuman penyebab bau tidak sedap. Pembersih kamar mandi bebek ini tersedia dalam berbagai varian aroma dan terdiri dari pembersih kamar mandi dan pembersih kloset. Bebek kamar mandi cocok untuk semua jenis spot di kamar mandi. Sedangkan Bebek Porselen cocok untuk lantai kamar mandi berbahan keramik dan semen. Temukan Promo Bebek disini

Kloset

a. Cara kerja septic tank

Berbicara tentang kebersihan kloset erat kaitannya dengan septic tank sebagai wadah penampung akhirnya. Kloset ibarat pintu masuk kotoran sebelum akhirnya sampai dan diolah di septic tank. Dan salah satu aspek penting dalam pengolahan kotoran tersebut adalah bakteri. Bakteri yang akan berperan untuk menguraikan kotoran anda sebelum akhirnya dirilis ke lingkungan. Berdasarkan sumber dari arafuru.com, berikut skema septic tank untuk anda pahami.

alur kerja septic tank
sumber : arafuru.com

Dengan memahami cara kerja septic tank ini, maka untuk bagian kloset sebaiknya jangan pilih pembersih yang mengandung bahan kimia yang bisa membunuh bakteri di dalam septic tank jika anda tidak mau memiliki masalah pada kloset anda.

b. Cara merawat septic tank agar tidak cepat penuh

Berikut ini beberapa tips untuk merawat septic tank agar tidak cepat penuh :

  1. Jangan membuang sampah apapun ke kloset selain kotoran anda. Karena bakteri pengurai tidak akan bisa menguraikan sampah sehingga septic tank anda akan tersumbat.
  2. Gunakan air untuk flushing secukupnya. Pada kloset duduk biasanya ada dua tombol flushing, yang besar dan yang kecil. Gunakan hanya tombol kecil untuk flushing saat anda buang air kecil dan hanya tombol besar untuk flushing saat anda buang air besar. Penggunaan air yang berlebihan selain boros juga akan cepat membuat septic tank penuh.
  3. Jangan gunakan sabun, deterjen, desinfektan, atau cairan pemutih untuk membersihkan kloset. Bahan-bahan ini akan mematikan bakteri pengurai kotoran sehingga septic tank anda akan cepat sekali penuh.
  4. Tambahkan bakteri pengurai pada septic tank anda untuk membantu proses penguraian kotoran lebih cepat sehingga septic tank anda tidak mudah penuh.

c. Rekomendasi pembersih kloset yang aman untuk septic tank

Jadi bagaimana dong cara membersihkan kloset jika sudah kotor? Berikut beberapa pilihan pembersih yang aman untuk toilet dan septic tank anda :

  • Eco Enzyme
    Saya pribadi menggunakan Eco Enzyme saat membersihkan toilet. Selain memiliki aroma yang segar, kemampuan Eco Enzyme juga oke untuk membersihkan kotoran dan Eco Enzyme mengandung bakteri yang bisa menambah suplai bakteri pada septic tank anda. Pembersih eco-friendly yang terbuat dari limbah buah-buahan.
  • Soda Kue & Cuka
    Anda bisa menaburkan soda kue atau cuka lalu menyikat kloset anda. Soda kue dan cuka lebih ramah terhadap bakteri pengurai di dalam septic tank.
  • Biowaste Surface Stain Remover
    Biowaste Surface Stain Remover ini mengandung enzim yang dapat melunakkan dan menghilangkan noda membandel seperti kerak. Produk ini juga memberikan aroma yang segar dan mencegah noda dan kerak timbul lebih lama. Tidak bersifat korosif sehingga bisa digunakan untuk berbagai jenis permukaan serta aman di kulit. Ramah lingkungan karena dapat terurai secara alami yang bisa juga disebut sebagai pembersih eco friendly.

Printilan Kamar Mandi

Sumber : Pexels

Printilan kamar mandi yang saya maksud disini adalah keran, shower, bathup, wastafel, gantungan, cermin, wadah sabun, rak dan sebagainya. Sudah pasti perintilan ini juga wajib dibersihkan karena rentan terkontaminasi kuman-kuman. Biasanya barang-barang ini bisa dibersihkan dengan multipurpose cleaner.

Rekomendasi pembersih kamar mandi multifungsi

  • Cling
    Salah satu rekomendasi multipurpose cleaner yang oke adalah cling pembersih kaca. Pembersih ini mengandung surfaktan sehingga bisa digunakan untuk perintilan kamar mandi lainnya selain kaca. Aromanya juga harum segar. Anda hanya perlu menyemprot dan mengelap bagian yang ingin dibersihkan. Temukan Promo Cling disini
  • Mr. Muscle
    Untuk anda yang suka bebersih sat set praktis, bisa menggunakan Mr. Muscle pembersih kamar mandi yang super praktis. Anda hanya perlu menyemprot bagian yang ingin dibersihkan lalu dilap tanpa perlu dibilas. Diklaim ampuh membunuh kuman sampai 99.9% dengan aroma yang menyegarkan. Tersedia dalam dua kemasan yaitu spray dan refill. Temukan Promo Mr. Muscle disini
  • Cif
    Cif cream ini berbentuk krim cair dengan tekstur kasar seperti lulur mandi karena mengandung mikrokristal yang akan membantu anda membersihkan noda membandel. Selain untuk membersihkan bagian kamar mandi, anda bisa menggunakan Cif Cream untuk membersihkan perabotan dapur seperti kompor ataupun panci yang gosong. Cara pakainya gampang sekali. Aplikasikan Cif Cream pada area yang ingin dibersihkan tanpa dibasahkan lebih dulu, lalu gosok hingga bersih dengan kain lembab. Tersedia dalam varian original dan lemon serta dalam kemasan spray. Temukan Promo Cif Cream disini

Semoga sharing kali ini cukup detail untuk membantu anda bersih-bersih rumah terutama kamar mandi saat akan menyambut hari besar nanti ya Sahabat Hemat. Untuk semua informasi promo produk bisa anda temukan di aplikasi kliptalog atau kunjungi hemat.id

Sumber 

  1. ncbi.nlm.nih.gov
  2. cnnindonesia.com
  3. journals.asm.org