4 Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Berbelanja Online

Anda mendadak perlu membeli suatu produk tapi tidak memiliki banyak waktu luang untuk pergi mencari barang tersebut. Orang disekitar Anda atau bahkan Anda sendiri berbisik kepada Anda untuk mencari saja secara online. Memang sangat mudah dan tidak perlu memakan banyak waktu. Tapi apakah Anda yakin keamanan belanja online terjamin? Seperti keamanan sistem pembayaran ke penjual. Jika Anda tidak berhati-hati, kerahasiaan akun rekening Anda bisa terbongkar dan disalah-gunakan oleh orang lain. Apalagi jika tidak ada kontak yang bisa dihubungi untuk diminta pertanggung jawaban. Nah, kini saatnya Anda menjadi pengguna belanja online yang cerdas dan selektif, tidak asal membeli dan memberi identitas pribadi. Panduan berikut ini memberikan Anda langkah aman sebelum menerjunkan diri di suatu toko online.

1. Keamanan Situs

Situs.jpg
Sumber : fayerwayer.com

Sebelum membeli suatu produk di suatu toko online, Anda pasti diminta untuk memberikan informasi data pribadi untuk sekedar sign up seperti nama, alamat kediaman, dan alamat email. Waspadai saat Anda akan memberikan informasi data pribadi Anda, apakah data tersebut tidak akan diketahui oleh pihak diluar toko online? Minimalisir kebocoran data dengan memeriksa keamanan situs toko online tersebut. Anda bisa mengamati protokol dari situs tersebut dengan memeriksa address bar pada browser. Situs yang menjamin keamanan data saat dikirimkan adalah situs dengan awalan https:// (Hypertext Transfer Protocol Secure). Jika situs tersebut hanya diawali dengan http:// tanpa “s”, keamanan data yang dikirimkan tidak terjamin.

2. Informasi Toko Online

Testimoni.jpg
Sumber : mygraphichunt.com

Untuk pengalaman pertama kali berbelanja di suatu toko online, selidikilah latar belakang toko online tersebut. Cek bagaimana review pengguna toko online tersebut. Anda bisa mencari tahu lewat Google atau website review lainnya. Agar Anda semakin yakin untuk berbelanja di toko online tersebut, periksa apakah ada informasi kontak yang dapat dihubungi. Informasi kontak tersebut berguna jika Anda memiliki pertanyaan atau masalah saat berbelanja online di toko tersebut. Pastikan toko online tersebut sudah memiliki banyak testimoni, komentar, dan review positif dari para penggunanya.

3. Harga & Kualitas

Hargakualitas.jpg
Sumber: americangraphixsolutions.com

Anda akan menemukan puluhan atau bahkan ribuan produk yang Anda inginkan dijual di seller yang berbeda-beda. Jangan asal memilih, cari tahu harga normal dari produk yang Anda inginkan. Jika ada seller yang menjual produk tersebut dengan harga yang jauh berbeda dari harga normal, periksa review dari orang yang sudah pernah membelinya. Tetapkan apa yang ingin Anda pertimbangkan, harga atau kualitas. Harga yang murah dengan foto barang yang meyakinkan, belum tentu barang yang akan Anda dapat akan serupa dengan di foto. Atau jika harganya sangat mahal, belum tentu juga barang yang akan Anda dapat berkualitas tinggi. Jika Anda tidak ingin repot-repot menimbang-nimbang harga serta kualitas, carilah produk dengan harga yang memang sudah sewajarnya.

4. Pembayaran

Pembayaran.jpg
Sumber : hongkiat.com

Pilih metode pembayaran yang aman menurut keperluan Anda. Jika Anda sudah yakin dengan ketiga hal diatas, Anda bisa menggunakan kartu kredit atau transfer antar bank maupun rekening bersama. Jika Anda belum yakin, lakukan pembayaran dengan bayar ditempat atau COD (Cash On Delivery). Dengan bayar ditempat, Anda dengan si penjual bisa bersama-sama memeriksa kualitas produk yang telah sampai, apakah sesuai dengan yang dibayangkan dan sesuai dengan biaya yang diminta, setelah itu Anda bisa melakukan transaksi pembayaran. Jangan lupa untuk menyimpan semua bukti pembayaran baik digital maupun cetak. Hal ini berguna jika Anda perlu mengembalikan barang tersebut atau menyangkal tagihan diluar pembelian yang dikenakan.

Jangan terburu-buru jika ingin membeli suatu produk. Telitilah segala macam hal yang diperlukan saat belanja online. Kesenangan dan kenyamanan berbelanja online ada di tangan Anda. “Think before you click” demi keamanan bertransaksi secara online.