Resep Bandeng Isi Tanpa Duri & Tips Memasaknya Agar Nikmat Setara Resto

Bandeng mengandung tinggi mineral, vitamin, dan asam lemak omega 3 yang sangat dibutuhkan oleh kesehatan, sama halnya dengan salmon atau jenis ikan lain.  Ikan bandeng juga dipercaya bisa meningkatkan kesehatan, bahkan kecerdasan otak anak, Ikan yang juga disebut dengan “Milkfish” ini lebih disukai karena tidak terlalu amis, lezat, tidak asin seperti ikan lainnya, dan tidak mudah rusak saat dimasak. Kelemahan utama dari ikan bandeng adalah durinya yang sangat banyak. Tapi jika diolah dengan benar seperti resep yang akan saya berikan berikut ini maka anak-anak pun akan bisa menikmati tanpa takut tertelan durinya. Berikut saya akan membagikan resep dan juga saya akan memberikan info promo di semua supermarket (Giant, Indomaret, Carrefour, Lottemart, Hypermart, Alfamart, Yogya Supermarket, Superindo) agar lebih hemat dalam membeli bahan-bahannya.

 

Bahan :

1 ekor Bandeng Ukuran Sedang => (cek harga Promo ikan bandeng disini)

Bumbu sop giling (biasanya saya beli Rp. 2000 di tempat bumbu basah dipasar)

2 butir telor => (cek harga Promo telur ayam disini)

2 ikat Daun Bawang (potong-potong) => (cek harga Promo daun bawang disini)

Garam dan royco secukupnya => (cek harga Promo royco disini dan harga promo garam disini)

Minyak Goreng => (cek harga Promo minyak goreng disini)

 

Cara Masak :

  1. Bersihkan Bandeng, buang isi perutnya.                                           2. Lalu kerok daging ikan dengan menggunakan sendok makan sambil buang duri-durinya (hati-hati jangan sampai kulit ikan rusak atau robek), lalu sisihkan kulit dan kepala ikan.

3. Lalu tumbuk daging atau pakai blender jika tidak mau capek menghaluskan secara manual, tipsnya adalah kita blender daging ikan dengan tambahan es batu yang ukurannya kecil-kecil saja, kita blender hingga benar-benar halus atau sesuai selera kita saja, kalau susah diblender kita tambahkan es batu. Ingat es batu yang digunakan kecil-kecil saja untuk mempermudah dalam menghaluskan dagingnya.

berencana membeli blender? anda bisa mencari referensinya harga promo blender

jika menghaluskan dengan cara manual saat menghaluskan daging bandengnya kita sambil membersihkan duri-durinya, lalu tumbuk sampai daging lembut,

4. Campur daging ikan, Daun Bawang, Bumbu sop dan telor.

5. Aduk sampai rata, setelah rata masukkan kembali adonan tadi kedalam kulit ikan, ratakan sampai ke kepala. kocok 1 butir telur, lalu siram keatas ikan bandeng yang sudah di isi adonan

6. Panaskan minyak goreng, balur ikan dengan sisa telor. Setelah minyak panas, goreng sampai kecoklatan. Hidangkan.

Tips :

  1. Biasanya saat menghidangkan resep ini saya dampingi dengan sop, untuk menyiasati sisa bumbu sop yang terkadang masih bersisa.
  2. Jangan membuang bekas gorengan ikan bandeng ini ya, karena minyak bekas gorengan ikan bandeng isi ini enak jika digunakan untuk menggoreng sambel.
  3. biasanya saya memotong menjadi 2 bagian kulit ikannya sebelum dimasak,karena ikan bandeng isi ini lebih nikmat jika dimakan dalam keadaan hangat dan bukan yang dihangatkan kembali.
  4. Pakailah bumbu masak basah di banding bumbu masak kering seperti bumbu racik sayur sop (klik promo disini), dari segi rasa dan wangi saat digoreng akan berbeda.
  5. cicipi adonan ikan sebelum di adonan simasukkan ke dalam kulit ikan, karena jika kurang rasa akan tidak enak  di nikmati dan kita tidak bisa menambahkan garam lagi jika ternyata ikan bandengnya tidak ada rasa atau kurang garam.
  6. jangan memakai api besar saat menggoreng, karena anda tidak ingin bandeng hanya matang dikulit saja tapi belum matang sampai kedalam, gunakan api kecil.
  7. balik ikan bandeng  1x saja, untuk menghindari isi ikan bandeng menjadi buyar, biasanya jika ikan bandeng sudah matang ikan bandeng akan mengeluarkan bau harum artinya bandeng sudah matang.

Resep ini sudah pernah saya praktekkan sendiri dirumah, jika ada pertanyaan atau saran silahkan tulis comment di bawah ya….Terima Kasih.