5 Tips Menyulap Kamar Minimalis Dengan Budget Tipis

Memiliki kamar luas dilengkapi dengan berbagai perabot cantik yang membuat tidur lebih nyaman dan betah berlama-lama di dalamnya sudah pasti menjadi impian banyak orang ya, sahabat hemat.

Namun, ternyata tidak semua orang seberuntung itu, lho. Kondisi keuangan umumnya memaksa kita untuk memiliki kamar tidur seadanya. Belum lagi bila tuntutan pekerjaan mengharuskan kita untuk tinggal di kontrakan atau tempat sewaan lain yang memiliki keterbatasan ruangan.

Bahkan muncul anggapan bahwa sebuah ruangan bisa dikategorikan sebagai kamar asalkan memiliki tempat tidur, tanpa memperhatikan ukuran dan kondisi serta tingkat kenyamanannya. Hmm… mungkin yang berpendapat demikian belum menyadari pentingnya tidur berkualitas ya.

Sudah tahukah sahabat hemat kalau tidur yang berkualitas ternyata tidak hanya menghilangkan rasa kantuk semata, tetapi juga memiliki segudang manfaat untuk tubuh kita. Salah satunya yaitu bisa meningkatkan aktifitas dan produktifitas pada saat jam kerja.

Selain untuk urusan pekerjaan, untuk urusan pribadi pun tidur yang cukup bisa memberi banyak manfaat seperti menjaga berat badan, mempertajam ingatan, meningkatkan suasana hati dan kekebalan tubuh.

Mengingat banyaknya manfaat tidur yang berkualitas, mulai dari sekarang, yuk kita rapikan kamar supaya lebih nyaman dan bisa tidur lebih nyenyak.

Buat sahabat hemat yang memiliki kendala ukuran kamar tidur, berikut ada beberapa tips yang bisa dicoba untuk menata kamar supaya lebih nyaman.

Temukan juga ide desain minimalis untuk ruangan lainnya disini

1. Pilih Warna Cerah untuk Dinding dan Dekorasi Kamar

Memilih warna cerah dan senada untuk warna dinding, tirai, dan seprei mampu membuat tampilan ruangan lebih luas karena tidak akan menimbulkan kesan yang kontras sehingga tatanan ruangan terlihat lebih menyatu dan lapang.

Misalnya, sahabat hemat dapat memilih warna putih untuk dinding, tirai, dan seprei. Supaya tampilan ruangan tidak terlalu monoton dan lebih bervariasi, sahabat hemat bisa mengaplikasikan warna cerah lainnya pada sarung bantal atau selimut.

Sumber : Shutterstock

Selain itu, untuk membuat tampilan ruangan jadi lebih berwarna sahabat hemat juga bisa menghias dinding kamar dengan bingkai foto warna warni.

2. Letakkan Tempat Tidur di Pinggir Ruangan

Dengan demikian sahabat hemat masih memiliki ruang yang bisa dimanfaatkan untuk lalu lalang atau aktifitas lain. Bahkan, sudut ruangan yang masih tersisa dapat diisi meja atau lemari untuk penyimpanan tambahan.

Sumber : Shutterstock

3. Pilih Perabot Multifungsi

Saat memilih perabot untuk kamar mungil sangat disarankan memilih perabot yang berkaki dikarenakan bisa memberikan ruangan tambahan untuk penyimpanan barang.

Salah satu contoh perabot multifungsi yang dapat dipakai yaitu tempat tidur yang memiliki laci dibawahnya. Atau apabila ruang yang tersedia tidak cukup untuk meletakkan tempat tidur, sahabat hemat dapat memilih sofa bed sebagai alternatif. Karena bisa dilipat saat tidak digunakan, jadi ada ruang tambahan untuk aktifitas lainnya.

Sebagai informasi tambahan, untuk sahabat hemat yang berminat membeli sofa bed bisa langsung cek promo sofabed dibawah ini

Cek promo sofabed di sini

4. Optimalkan Penggunaan Tembok untuk Penyimpanan

Lantas, bagaimana bila sahabat hemat memiliki banyak barang atau aksesoris yang harus disimpan?

Jangan khawatir, rak gantung bisa jadi pilihan untuk mempercantik tampilan ruangan sekaligus menjadi solusi untuk meletakkan dan menyimpan barang-barang atau aksesoris yang sahabat hemat miliki.

Sumber Gambar: Shutterstock

5. Gunakan Cermin Besar untuk Membuat Ilusi Ruangan Lebih Luas

Apabila kamar masih terlihat sempit walaupun telah menggunakan beberapa cara di atas, sahabat hemat bisa mencoba menempatkan cermin besar pada dinding ruangan. Adapun fungsi cermin tersebut yaitu memantulkan cahaya dan bayangan lebih maksimal sehingga menciptakan kesan ruangan lebih besar.

Gimana… Mudah kan caranya? Selamat mencoba ya, sahabat hemat. Temukan promo hemat furnitur rumah dan bahan pokok lainnya di hemat.id atau aplikasi kliptalog.