Infused Water Lemon untuk Diet, Mitos atau Fakta?

Pasti Anda sudah familier dengan yang namanya infused water? walau hanya sekedar mendengar dan melihat dalam film atau iklan tapi setidaknya Anda sudah memiliki pengetahuan dasar mengenai infused water. Apalagi di masa pandemi Covid-19 ini infused water semakin diminati, karena minuman ini diklaim dapat menjaga kesehatan dan membantu proses detox pada tubuh.

Infused water pada dasarnya adalah air mineral atau air matang yang di beri berbagai macam potongan buah-buahan segar, rempah-rempah, herbal dan sayur-sayuran. Ada yang memberikan tambahan es batu atau menyimpannya di dalam lemari es selama tiga sampai dengan empat jam dan satu sampai dengan dua jam jika didiamkan pada suhu ruangan untuk mendapatkan warna dan rasa yang pas.

Saat saya membuat infused water biasanya saya tidak membiarkan infused water lebih dari empat jam untuk menghindari buah atau sayur yang membusuk di dalam air dan membuat rasa infused water berubah menjadi kurang segar.

Infused water yang sering saya buat adalah lemon, daun mint dan juga biji selasih, karena campuran ini diklaim dapat menurunkan berat badan jadi sangat baik untuk dikonsumsi saat sedang diet dan tambahan biji selasih juga bermanfaat agar terhindar dari penyakit panas dalam. Alasan lain adalah karena bahan-bahan ini mudah untuk ditemukan, harganya tidak terlalu mahal, dan kebetulan saya punya tanaman mint dirumah.

Cek promo lemon segar disini

 

Sumber : Freepik.com

Kata pakar mengenai mitos infused water lemon untuk diet

Lemon mengandung pektin, yang merupakan sejenis serat yang membuat kenyang lebih lama. Menurut ahli gizi dari Mayo Clinic Healthy Living Program, Jason Ewoldt, RDN, LD lemon adalah buah dengan jumlah kalori rendah yang bisa digunakan untuk mengontrol kalori dan sangat baik dikonsumsi saat Anda sedang menjalankan diet.

Namun satu buah lemon berukuran sedang hanya mengandung 2 gram serat, apalagi jika dipotong-potong dan dimasukkan dalam infused water kandungan serat yang masuk ke dalam tubuh pasti lebih sedikit karena yang kita konsumsi berupa cairan saja. Untuk mendapatkan kebaikan serat yang perlu kita konsumsi adalah buah lemonnya.

Sumber : Freepik.com

Jadi walaupun infused water lemon tidak terbukti mampu menurunkan berat badan, dengan mengganti minuman instan atau tinggi gula dengan infused water akan membuat Anda lebih sehat dan menjadi asupan cairan yang baik untuk tubuh. Rasanya yang bervariasi pasti lebih enak untuk anda yang sulit minum air putih.

Tapi disarankan untuk tetap makan buah dan sayuran secara teratur untuk memenuhi kebutuhan serat, vitamin dan mineral.  Dan perhatikan asupan yang masuk kedalam tubuh, karena salah satu kegagalan dalam program diet adalah pola makan yang tidak teratur, makan dalam jumlah berlebih, dan gaya hidup yang tidak sehat. Ingat, untuk menurunkan berat badan rumusnya adalah kalori masuk lebih kecil dari kalori keluar.

Manfaat yang tidak kalah penting adalah air dapat membantu melancarkan sistem pencernaan, sehingga tubuh bekerja lebih optimal dan membuat proses pembuangan zat sisa dari organ-organ tubuh menjadi lebih maksimal.

Ada banyak pilihan jeruk lemon yang bisa Anda gunakan untuk membuat infuse water, ada jeruk lemon lokal, jeruk lemon impor Egypt, ataupun jeruk lemon USA Anda bebas memilih jenis lemon apa yang ingin Anda gunakan dalam campuran infused water Anda. Bisa juga dengan menggunakan jeruk nipis karena infused water bisa dibuat dari buah apa saja.

Anda bisa membeli jeruk lemon dengan promo menarik dengan mencarinya di Kliptalog sebelum Anda ke supermarket favorit. Jangan lupa untuk mencuci buah-buahan dan sayuran dengan sabun khusus untuk mencuci buah dan sayuran agar Anda tidak terminum residu pestisida atau Anda cukup membuang kulitnya.

Apakah Anda tertarik untuk mulai mengganti air minum penuh gula yang biasa Anda konsumsi dengan infused water? Setelah Anda mencoba jangan lupa untuk membagikan pengalaman dan manfaat yang Anda dapatkan setelah rutin minum infused water? Tuliskan di kolom komentar di bawah ini.

Sumber :

  1. id.wikipedia.org
  2. infusedwaters.com
  3. healthline.com