6 Macam Lomba Paling Seru Hanya Ada Saat 17 Agustus

Perayaan hari kemerdekaan tidak lengkap jika tidak diisi dengan perlombaan. Terdapat berbagai macam perlombanan, tapi hanya beberapa lomba saja yang memang wajib ada saat 17 Agustus.

Ada banyak sekali yang dijadikan pembelajaran dibalik penyelenggaraan perlombaan saat merayakan hari kemerdekaan. Seperti sebagai pembelajaran untuk memperkenalkan permainan tradisional Indonesia kepada anak-anak, pembelajaran tentang kerjasama, perjuangan, pantang menyerah dan cinta tanah air.

Berikut perlombaan tradisional Indonesia yang hanya diselenggarakan pada saat 17 Agustus :

 1. Panjat pinang

Sumber : Rocksfull

Meski sudah jarang diadakan karena beberapa orang menganggap lomba ini merupakan lomba yang berbahaya terkait alasan keselamatan peserta. Penggunaan batang pinang yang biasanya tinggi menyebabkan kekawatiran tersendiri bagi sebagian orang yang berpartisipasi maupun tidak dalam perlombaan ini. Tapi pada umumnya, panjat pinang merupakan acara puncak dari perayaan Hari Kemerdekaan Indonesia.

Satu regu atau tim yang terdiri dari beberapa orang bekerja sama untuk dapat memanjat pinang. Pinang tersebut telah dilumuri dengan oli atau minyak goreng agar licin dan menjadi sulit untuk dipanjat demi mendapatkan hadiah yang akan digantung di puncak pinang. Hadiah yang di gantung diatas pinang bisa bermacam-macam, seperti rice cooker, sepeda, ember, tas, dan lain-lain.

 

2. Lomba makan kerupuk

Sumber : Dokumentasi Pribadi

Makin banyak variasi yang dilombakan dengan bahan utamanya adalah kerupuk. Ada yang menambahkan bubuk cabe pada kerupuk atau melumuri kerupuk dengan saus sambal maupun tomat.

Lalu, peserta yang disertakan biasanya diambil dari semua kalangan dari anak-anak kecil hingga orang-orang yang lebih tua.

Kerupuk akan digantung sejajar dengan seutas tali. Pemenang adalah orang yang pertama kali menghabiskan kerupuk secepat mungkin tanpa menggunakan tangan, hanya menggunakan mulutnya.

3. Memasukkan paku ke botol

Sumber : Tsuroiya Ridho Akbar – blogger

Biasanya peserta terdiri dari 3-4 orang. Masing-masing peserta memakai seutas tali yang pada ujungnya sudah di ikat satu paku berukuran besar. Peserta akan diminta untuk berlari secepatnya ke botol yang sudah disediakan dan peserta harus memasukkan paku ke dalam botol tersebut. Siapa tercepat memasukkan paku adalah pemenangnya.

Permainan ini akan seru sekali jika dimainkan oleh orang yang lebih dewasa. Apalagi jika ditambah dengan alunan musik, peserta akan diminta untuk menari saat musik dinyalakan, lalu diminta untuk segera memasukkan paku ke botol saat musik dimatikan.

4. Lomba balap karung

Sumber : Beritagar

Lomba balap karung adalah lomba yang sangat sederhana tapi sangat seru. Biasanya peserta yang bermain terdiri dari 3-4 orang lalu memakai karung goni. Peserta akan dibariskan sejajar dan harus melompat sampai ke garis finish. Seperti pada permainan lainnya, siapa yang sampai ke garis finish terlebih dahulu adalah pemenangnya.

5. Lomba lari kelereng

Sumber : English Cafe Bali

Peserta lomba sendok kelereng biasanya adalah anak-anak dan terdiri dari 3-4 anak. Peserta akan dibariskan sejajar, lalu diberi sendok dan kelereng. Ada 2 versi dari aturan lari kelereng ini, :

1. Peserta harus berjalan secepatnya ke garis finish, sekaligus menjaga kelereng agar tidak jatuh dari sendok. Jika kelerengnya jatuh, maka peserta kalah.

2. Peserta harus berjalan secepatnya ke garis finish dan menjaga kelereng agar tidak jatuh. Jika jatuh, maka peserta harus berlari kembali ke garis start untuk mengambil kelereng yang baru. Pemenangnya adalah peserta yang berhasil mengumpulkan kelereng terbanyak di ember.

6. Lomba tarik tambang

Sumber : phenabiru.wordpress.com

Lomba tarik tambang biasanya diikuti oleh beberapa orang pada masing-masing tim, dengan masing-masing tim berhadap-hadapan. Peralatan yang digunakan adalah seutas tali tambang dan sebagai pembatas biasanya di ikat sebuah sapu tangan atau pita atau membuat garis di tanah.

Masing-masing tim harus menarik tali tambang agar regu yang berlawanan melewati garis pembatas. Regu yang tertarik melewati garis pembatas dinyatakan kalah.

Merayakan hari kemerdekaan merupakan perwujudan rasa bersyukur kita sebagai rakyat indonesia dan mengenang pengorbanan para pahlawan serta mendoakan mereka. Kita memang perlu ikut berpartisipasi dan mengadakan perayaan hari kemerdekaan demi menanamkan jiwa-jiwa nasionalisme didalam diri untuk semua warga Indonesia.

Bagikan cerita Anda dan keluarga yang ikut berpartisipasi dalam acara perlombaan saat perayaan hari kemerdekaan pada kolom komentar di bawah ini. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

Sumber :
1. https://id.wikipedia.org/wiki/Tarik_tambang
2. https://id.wikipedia.org/wiki/Makan_kerupuk
3. https://id.wikipedia.org/wiki/Balap_karung
4. https://id.wikipedia.org/wiki/Lari_Kelereng