7 Makanan Wajib Bagi Ibu Hamil 7 Bulan

Masa hamil adalah masa paling bersejarah bagi seorang ibu dan tentu tidak mudah dilupakan. Pada masa hamil inilah hubungan batin antara ibu dan janin yang ada dalam kandungannya terjalin dengan sangat intensif. Seorang ibu yang mengetahui bahwa dirinya hamil akan sangat memperhatikan kesehatan badannya agar tidak terjadi hal – hal yang tidak diinginkan kepada janinnya. Salah satunya yaitu faktor makanan yang sering dikatakan pisau bermata dua, disatu sisi makanan dapat memberikan nutrisi yang dibutuhkan oleh ibu dan janinnya, namun jika tidak teliti makanan juga bisa menyebabkan hal berbahaya bagi bayi dan juga ibunya. Bagi ibu yang sudah masuk ke bulan ke 7 masa kehamilan, makanan yang masuk menjadi semakin ketat seleksinya. Karena pada usia 7 bulan ini banyak nutrisi yang dibutuhkan oleh bayi dan bagi ibu agar proses persalinannya kelak tidak mengalami kendala. Melalui tips ini, kami memberikan 7 jenis makanan yang sangat diperlukan ibu dan bayinya saat usia kehamilan 7 bulan.

1. Jenis makanan berkalori

Makanan Berkalori.jpg
Sumber : livestrong.com

Jenis makanan yang memiliki cukup kalori sangat dibutuhkan oleh ibu hamil 7 bulan. Makanan berkalori ini sangat bagus untuk menjaga keseimbangan berat badan ibu. selain itu makanan berkalori juga dapat mengurangi gejalan gejala yang sering dirasakan oleh ibu seorti varises, nyeri pinggang, atau mual. Jenis makanan berkalori bisa didapatkan dari sumber karbohidrat seperti nasi, gandum, dan kacang -kacangan.

Lihat harga beras yang sedang promo di berbagai supermarket.

2. Jenis makanan berkalsium

Yogurt.jpg
Sumber : milkmeansmore.org

Pada usia 7 bulan, kalsium sangat dibutuhkan oleh bayi dalam pertumbuhan dan penyempurnaan tulang – tulangnya. Oleh kareni itu, mengkonsumsi kalsium wajib hukumnya bagi ibu hamil terutama yang sudah menginjak umur 7 bulan. Makanan yang memiliki kalsum tinggi bisa didapatkan di susu dan makanan lain dari olahan susu, contohnya yogurt atau keju.

Lihat harga yogurt yang sedang promo di berbagai supermarket.

3. Jenis makanan bervitamin

Vitamin C.jpg
Sumber : massagemag.com

Vitamin memang sangat baik untuk tubuh, terlebih bagi ibu hamil. Jenis makanan yang mengandung banyak vitamin akan sangat membantu proses metabolisme tubuh ibu dan membuat pertumbuhan janin didalamnya menjadi lebih optimal. Jenis vitamin yang sangat penting bagi ibu hamil adalah vitamin B kompleks dan C. Vitamin B bisa didapatkan dari makanan daging tidak merah seperti ikan, ayam, dan juga jenis kacang – kacangan seperti kedelai, kacang tanah, dan juga beberapa sayur hijau. Vitamin C dibutuhkan agar ibu tidak mudah sakit. Buah buahan seperti jeruk, mangga, dan leci adalah beberapa buah yang mengandung banyak vitamin C.

Lihat harga buah yang sedang promo di berbagai supermarket.

4. Jenis makanan beryodium

Yodium.jpg
Sumber : hellosehat.com

Selanjutnya, jenis makanan yang harus dikonsumsi oleh ibu hamil 7 bulan adalah makanan yang mengandung yodium. Yodium bermafaat bagi janin untuk pertumbuhannya dan juga menghidari resiko cacat / kerdil bagi bayi. Tiroksin yang terkandung dalam yodium adalah senyawa penting yang akan membantu pertumbuhan sel – sel baru. Walaupun yodium sangat penting, dalam mengkonsumsinya juga harus berhati – hati, tidak boleh berlebihan.

5. Jenis makanan dengan kandungan omega 3

Omega 3.jpg
Sumber : tellmenow.com

Omega 3 adalah salah satu za yang terkenal untuk kesehatan dan perkembangan otak. Omega 3 juga ternyata sangat dibutuhkan ibu hamil 7 bulan. Karena pada usia 7 bulan, otak janin akan semakin berkembang yang tentunya membutuhkan asam lemak omega 3. Maka dari ibu hamil 7 bulan sangat disarankan mengkonsumsi asam lemak omega 3 agar bayinya terhidar dari cacat dan membantu perkembangan otak bayi. Makanan yang mengandung asam lemak omega 3 bisa didapatkan pada telur ayam dan ikan laut seperti salmon.

6. Makanan yang Mengandung Zat Besi

Zat Besi.jpg
Sumber : healthline.com

Anemia adalah salah satu keluhan yang dialami oleh ibu hamil yang usia kandungannya mulai menginjak 7 bulan. Untuk itu Bunda yang tengah menjalani kehamilannya sangat disarankan untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung zat besi.Zat besi merupakan asupan yang berperan penting untuk mencegah anemia dan mencegah kemungkinan terjadinya risiko pendarahan yang berlebihan saat menjalani persalinan. Kekurangan zat besi dapat menyebabkan berbagai macam resiko bagi ibu dan bayinya, contohnya bisa membuat bayi lahir prematur.

Untuk mendapatkan asupan zat besi yang cukup, berikut beberapa jenis makanan yang mengandung zat besi tinggi yaitu daging sapi, daging kalkun, dada ayam, ikan halibut, sayur bayam, kurma, kentang, dan kismis

Lihat harga daging yang sedang promo di berbagai supermarket.

7. Makanan yang Mengandung DHA

DHA.jpg
Sumber : kingoscar.com

Semua ibu pasti menginginkan anaknya kelak menjadi anak yang pandai. Nah, agar buah hati cerdas, ibu bisa menstimulasinya sejak dari kandungan yaitu dengan asupan makanan yang mengandung DHA yang akan membantu perkembangan otak bayi. Tidak hanya bagus untuk bayi, DHA juga baik untuk ibunya sendiri. Makanan yang mengandung banyak DHA yaitu kuning telur, ikan sarden, dan daging sapi tanpa lemak.

Demikianlah 7 makanan yang wajib dikonsumsi oleh ibu hamil 7 bulan. Semoga bermanfaat.