7 Menu Makan Sahur Yang Bikin Kenyang Tahan Lama

Bulan suci Ramadhan sebentar lagi tiba. Bagi umat Muslim pasti harus berpuasa (kecuali yang dibolehkan untuk tidak berpuasa). Bagi kalian yang tidak terbiasa puasa selain di bulan Ramadhan, pasti akan harap – harap cemas apakah bisa kuat menahan lapar selama 8 jam. Ada banyak hal yang bisa dilakukan supaya badan tetap fit dan segar meski sedang berpuasa. Salah satunya yaitu dengan mengonsumsi makanan yang tepat saat sahur. Berikut ini beberapa tips menu makan sahur yang bisa membuat perut kenyang lebih lama:

1.Telur Balado

Resep telur balado ini termasuk salah satu resep yang paling simpel dan mudah dipraktekkan. Sangat cocok bagi anda yang tidak memiliki banyak waktu. Bahan-bahannya sangat mudah didapat. Mudah dibuat namun tetap kaya akan manfaat. Telur sebagai bahan baku utamanya kaya akan protein, vitamin B, dan berbagai macam mineral yang penting bagi tubuh.

Diolah dengan bumbu balado yang pedas, maka rasa gurih telur akan semakin kuat. Namun anda perlu berhati-hati jika menghidangkan menu ini untuk si buah hati atau jika anda takut makan pedas di pagi hari. Rasa pedas yang ditimbulkan cabai bisa membuatnya kepedasan. Salah satu tips untuk mengurangi rasa pedas yaitu hilangkan cabai rawit dari resep, ganti cabai merah keriting dengan cabai merah besar dan buang bijinya. Selain itu anda bisa menambahkan sedikit lebih banyak tomat. Hasilnya penampilan hidangan anda tetap akan merah mengundang selera, namun tidak terlalu pedas.

2.Sup Kacang Merah

Sup kacang merah merupakan resep makanan yang diadaptasi dari sup khas Belanda yaitu Brennebon. Yang membedakan dengan sup kacang merah khas Belanda, terletak pada tingkat kematangan kacang merahnya. Pada brennebon kacang merah dimasak hingga benar-benar matang dan pecah kulit arinya. Sedangkan pada sup kacang merah Indonesia, kacang merah dimasak hingga matang saja dan kulit arinya masih utuh.

Menu ini sangat cocok untuk makan sahur. Selain kuah supnya yang hangat sangat cocok dengan kondisi perut yang sedang kosong, aroma sup dapat membangkitkan selera makan. Kacang merah kaya akan kandungan magnesium, kalsium, fosfor, kalium, asam folat, vitamin A, vitamin C, juga kaya akan serat dan karbohidrat. Serat dan karbohidrat yang terkandung dalam kacang merah akan membantu anda merasa kenyang lebih lama, tanpa harus takut kelebihan asupan kalori.

Waktu yang dibutuhkan untuk menyiapkan masakan ini pun tidaklah lama. Jadi bagi anda yang tidak sempat bangun lebih cepat untuk menyiapkan menu sahur, resep sup kacang merah ini sangat cocok. Bahan yang diperlukan pun mudah didapat, baik di pasar tradisional maupun supermarket terdekat

3.Salmon Panggang

Ikan salmon antara lain mengandung omega 3, protein kualitas tinggi, asam amino, vitamin A, vitamin D, vitamin B6, vitamin B, dan vitamin E. Omega 3 dalam ikan salmon sangat baik karena dapat menurunkan kolestrol jahat dalam tubuh dan menaikkan kolestrol baik yang ada di dalam tubuh. Omega 3 juga dapat membantu menurunkan resiko serangan jantung, resiko stroke, dan sangat baik bagi ibu hamil. Kelebihan lainnya, ikan salmon juga sangat mudah dimasak, anda tidak akan kesulitan dalam memasak ikan ini karea ada banyak masakan yang bisa anda buat dan keluarga anda juga tidak akan bosan.

4.Cah Brokoli

Brokoli merupakan jenis sayuran hijau yang sudah tidak asing lagi didengar di telinga, karena pada dasarnya sayur yang satu ini selalu dimanfaatkan sebagai bahan pelengkap dalam membuat sayur atau sup. Brokoli memang tidak memiliki rasa seenak sayuran lain, tapi kandungan gizi memang sangat melimpih dan sangat baik bagi tubuh.Kandungan gizi pada brokoli sangat tinggi kandungan vitaminnya, vitamin A, vitamin B, vitamin C dan vitamin K lalu terkandung pula antioksidan membuat lengkap sudah sayuran hijau nan unik ini. Sejumlah mineral penting juga mampu dihasilkan oleh brokoli. Bagi ibu rumah tangga yang memiliki kesulitan untuk memberikan brokoli, dapat memvariasikan menu brokoli dengan menambah jenis bahan lain. Sehingga manfaat brokoli dapat manfaat yang lain seperti manfaat jagung, manfaat daging atau manfaat wortel dapat diperoleh bersamaan.

5.Nasi Merah Gurih

Beras merah atau beras putih sebenarnya adalah dalam satu varietas, namun secara kasat mata bisa dibedakan dari warna beras merah yang agak gelap kecoklatan. Secara harga, beras merah tentu lebih tinggi karena ia merupakan beras dari jenis padi yang tidak banyak dibudidayakan. Meskipun beras merah kurang nyaman dimakan maupun pada sata memasaknya. Beras merah membutuhkan waktu yang lebih lama untuk memasaknya, serta kurang nyaman jika dimakan karena lebih keras/pera daripada beras putih. Hal itulah mungkin yang membuat beras merah kurang banyak diminati oleh masyarakat sebagai makanan sehari-hari. Secara gizi beras merah lebih unggul daripada beras putih, karena ia mengandung zat yang dikenal dengan sebutan antosianin. Senyawa yang terdapat pada lapisan warna merah pada jenis beras ini, dan bermanfaat sebagai zat antioksidan, antikanker, anti glisemik tinggi yang artinya baik untuk diabates, serta anti hipertensi.

Cara memasak beras merah juga sama mudahnya dengan memasak beras putih. Jika anda menginginkan rasa yang gurih dan wangi, anda bisa menambahkan bunga lawang dan kaldu ayam saat memasak. Dengan begitu nasi merah anda akan wangi dan juga gurih.

6.Jus Alpukat

Alpukat merupakan salah satu dari sekian banyak buah yang sangat berguna bagi kesehatan tubuh kita. Alpukat memiliki bentuk buah yang cukup unik. Warna kulitnya hijau tua dan juga daging buahnya yang memiliiki tekstur mentega dan lezat. Buah alpukat pun berhasil menjadi salah satu buah favorit untuk dikonsumsi oleh berbagai kalangan masyarakat.

Untuk mengkonsumsi alpukat sendiri, biasanya dapat dilakukan dengan berbagai macam cara. Ada orang yang suka mengkonsumsi alpukat begitu saja tanpa diolah terlebih dahulu, namun ada juga yang mengolah alpukat menjadi berbagai macam olahan, seperti jus alpukat dan juga es atau sop buah.

Mengonsumsi jus alpukat dapat membantu mengatasi resistensi insulin karena mengandung lemak tak jenuh tunggal (mono-saturated fat), asal dikonsumsi tanpa campuran gula. Jadi, kandungan pada buah alpukat ini juga mampu mengontrol kadar gula yang terdapat dalam darah kita. Alpukat juga merupakan salah satu jenis buah yang memiliki kalori yang tinggi. Dengan mencampurkan gula pada pembuatan jus alpukat, maka anda akan memperoleh energi yang tinggi. Energi ini dapat anda manfaatkan untuk beraktivitas sehari-hari untuk menurunkan resiko serangan jantung, resiko stroke, dan sangat baik bagi ibu hamil.

7.Salad Buah Apel

Sebutir apel hanya mengandung 80 kalori, tetapi kandungan 4 gram serat dan air yang tinggi pada apel bisa membuat sama kenyangnya dengan makan besar. Untuk itulah, tutup prosesi makan sahur anda dengan sebutir apel. Jika anda suka yogurt, anda bisa menambahkan Greek yogurt ke dalam salad buah apel anda.Greek yogurt memiliki konsistensi lebih creamy, mengandung dua kali lipat protein lebih banyak daripada yogurt biasa dan bisa memenuhi 20 persen kebutuhan kalsium harian anda. Agar efek kenyang lebih tahan lama, anda bisa menambahkan kacang-kacangan seperti pistachio, kacang tanah, almond, atau chia seed, yang ke semuanya juga termasuk makanan mengenyangkan.

Demikianlah beberapa resep masakan agar sahur anda lebih sehat, bergizi dan dapat mengenyangkan hingga nanti berbuka. Jangan lupa jaga kesehatan dan selalu cek hemat.id untuk promo bahan makanan segar dan terhemat setiap hari.