Belanja Hemat di Giant

Giant. Hampir semua orang mengetahui toko swalayan yang satu ini. Toko swalayan yang telah berdiri sejak tahun 2002 di Indonesia dan merupakan salah satu unit bisnis dari PT. Hero Supermarket Tbk ini menyediakan kebutuhan masyarakat, seperti makanan, minuman, produk fresh, barang umum, perabotan, elektronik, perlengkapan rumah tangga dan semacamnya. Sebelum berdiri di Indonesia, Giant pertama kali didirikan di Malaysia. Awal mulanya, Giant dirintis di Malaysia dengan versi supermarket, lalu pada tahun 1997 mulai dirintis versi hypermarketnya di Malaysia. Kedua versi tersebut yang kini dikenal dengan nama Giant Ekstra dan Giant Ekspres.

Perbedaan Giant Ekstra & Giant Ekspres

giant-ekstra-dan-ekspres

Giant Ekstra merupakan versi hypermarket dari Giant, dan pertama kali dibuka di Indonesia pada tahun 2002 di Villa Melati Tangerang. Sedangkan Giant Ekspres merupakan versi supermarketnya yang dirilis pada tahun 2007 di Indonesia. Keduanya memiliki perbedaan yang menonjol yaitu Giant Ekstra tidak hanya menawarkan produk makanan & minuman, barang umum lainnya, melainkan juga menjual barang non-makanan seperti elektronik, pakaian, peralatan rumah tangga, perabot dan semacamnya. Sedangkan Giant Ekspres lebih berfokus pada produk segar, makanan & minuman, serta barang umum seperti produk perawatan tubuh dan kecantikan.

Giant memiliki visi untuk menjadi peritel terkemuka di Indonesia dalam segi penjualan dan penciptaan nilai jangka panjang bagi pemegang saham serta misi meningkatkan nilai investasi pemegang saham Giant melalui keberhasilan komersial dengan menarik pelanggan dan meningkatkan daya saing yang mantap. Dengan visi misinya tersebut Giant telah meraih award sebagai Indonesia Best Brand Platinum 2015 versi Indonesia Best Brand Award.

Jenis Promo Giant

Karena Giant bertujuan untuk menyediakan produk kebutuhan masyarakat dalam harga yang terjangkau, Giant memberikan daftar promo untuk berbagai produk yang ditawarkan dalam bentuk koran dan katalog serta mempublikasikannya melalui media sosial seperti Facebook, Twitter, maupun website official Giant, dan Giant juga mengiklankan beberapa promo produk melalui TV. Promo diberikan secara rutin berkala maupun tidak rutin (hanya ada pada waktu tertentu).

Ada 2 jenis promo rutin yang disediakan oleh Giant, yaitu :

  • Promo Koran

Promo koran Giant ada dua jenis yaitu promo JSM dan promo yang hanya berlaku dari hari senin hingga kamis. Promo JSM berlaku dari hari jum’at hingga minggu, serta umumnya promo JSM juga diterbitkan oleh hampir seluruh supermarket maupun hipermarket di Indonesia. Sedangkan promo yang berlaku dari hari senin hingga kamis tidak semua supermarket maupun hipermarket menerbitkannya. Promo JSM dan promo Senin-Kamis tersebut dimuat dalam satu halaman saja, tidak heran karena jangka waktu yang diberikan hanya 3-4 hari. Ada yang spesial dari promo koran yang diterbitkan oleh Giant, Giant mengiklankan sekitar 3-4 produk yang sedang promo di TV. Promo tersebut dikenal dengan Promo Iklan TVC (TV Commercial) dan juga dikenal dengan promo yang paling murah.

  • Promo Katalog

Promo ini berbeda dengan promo koran karena memiliki jangka waktu yang lebih panjang yaitu setiap seminggu sekali atau dua minggu sekali. Promo yang diberikanpun jauh lebih banyak. Katalog Giant Ekspres diterbitkan setiap minggu, sedangkan katalog Giant Ekstra diterbitkan setiap dua minggu, dan biasanya diterbitkan mulai dari hari kamis.

Untuk promo yang tidak rutin, seperti

  • Promo Tengah Malam

2016-09-11_10h01_39

Promo ini berlaku pada pukul 20.00 sampai 24.00 di hari jum’at sampai sabtu. Produk yang dikenai promo tidak terlalu banyak, sekitar 4 – 8 promo produk dan tentunya menarik dan biasanya promo ini diterbitkan bersama dengan promo JSM. Untuk dimana promo tersebut berlakunya dibatasi hanya pada gerai Giant Ekstra atau Giant Ekspres tertentu. Promo ini pernah terbit pada bulan Mei, Juni, dan Juli di tahun 2016.

  • Promo Selasa s/d Rabu

2016-09-11_10h10_14

Promo yang hanya berlaku pada hari selasa dan rabu ini tidak selalu ada setiap minggu. Jumlah promo nya tidak jauh berbeda dengan promo tengah malam, namun promo ini diterbitkan terpisah dari promo rutin Giant.

Lihat Promo Giant yang terkini di Indonesia.

Kerjasama dengan Permata Hero Card

Potongan harga yang diberikan oleh Giant sangat berhasil menarik perhatian masyrakat, sehingga stok produk cepat habis diborong oleh masyarakat. Apalagi beberapa waktu lalu Giant bekerja sama dengan Permata Hero Card (PHC), hal yang sangat menguntungkan bagi pemegang kartu kredit Permata Hero Card karena Giant memberikan diskon tambahan di beberapa promo produk khusus pemegang kartu kredit tersebut. Dan mulai dari tanggal 1 Agustus 2016 hingga 31 January 2017, Giant mengadakan event Permata Hero Card Promo Campaign 2016 dengan hadiah yang menggiurkan spesial untuk pemegang kartu kredit Permata Hero Card.

Tanggapan Masyarakat mengenai Giant

crop1

Giant dibangun untuk memenuhi kebutuhan masyarakat, tentu saja hal tersebut mengundang masyarakat untuk berpendapat mengenai toko swalayan tersebut apakah sudah memenuhi kebutuhan atau belum. Berikut adalah tanggapan masyarakat mengenai Giant dari beberapa situs :

crop2

  • Kemudahan berbelanjaan di Giant

Masyarakat berpendapaat berbelanjaan di Giant cukup mudah serta akses parkir juga mudah diperoleh. Untuk barang yang tersedia di Giant pun cukup lengkap, walaupun tidak semua merk ada disana.

crop3

  • Promo yang diberikan menarik

Banyak masyarakat yang menunggu katalog promo Giant segera di update, menurut mereka promo yang diberikan oleh Giant menarik dan sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

  • Sering kehabisan produk promo

Masyarakat mengeluh tentang promo Giant yang cepat sekali habis, mungkin karena promonya menarik sehingga cepat menarik perhatian masyarakat untuk buru-buru memborongnya.

crop4

  • Adanya kesalahan dari pegawai

Kekurangtelitian bisa jadi terjadi saat melayani pelanggan. Beberapa masyarakat mengeluh mengenai kesalahan yang ada pada struk belanja, seperti pada salah satu daftar barang belanjaannya ada barang yang tidak dibelinya namun tercantum di struk, atau seperti harga barang pada struk berbeda dengan harga yang tertera di katalog promo.

  • Promo Giant Ekspres dan Giant Ekstra yang berbeda

Ada masyarakat yang meminta promo Giant Ekspres dan Giant Ekstra untuk disamakan karena hanya ada satu Giant yang dapat dijangkau olehnya. Ada juga masyarakat yang meminta untuk menambahkan jumlah promo Giant Ekspres agar setara dengan promo Giant Ekstra.

Kelebihan & Kekurangan Giant dibanding dengan toko swalayan yang lain

Sesuatu yang ada di dunia ini tentu memiliki kelebihan dan kekurangan, sama seperti Giant yang pastinya memiliki kelebihan dan kekurangan. Karena di Indonesia supermarket dan hypermarket yang ada tidak hanya dari Giant, tentu terdapat perbedaan antara Giant dengan yang lain. Kelebihan yang dimiliki Giant, seperti

  • Mudah diakses
  • Harga barang murah
  • Memiliki banyak jenis promo
  • Promo yang diberikan menarik

Sedangkan kekurangan yang dimiliki Giant, seperti

  • Stok barang promo sedikit
  • Pelayanan yang kurang
  • Terjadinya perbedaan harga di katalog dengan di tempatnya

Video tentang Giant

[flex-video size=”” type=””][/flex-video]

Referensi :