Bersih-bersih Sekaligus Dapat Untung, Tips Barang Bekas Anda Laku Terjual

Setiap keluarga pasti memiliki waktu rutin untuk “membersihkan” rumah, setelah membersihkan gudang anda baru tersadar banyak sekali barang-barang yang hampir tidak pernah digunakan dari pertama kali anda membeli. Daripada menyimpannya lebih lama lagi, akan lebih baik anda menjualnya ke orang yang memang membutuhkan barang tersebut.

Barang yang hanya disimpan akan tetap menyusut dari segi harga dan kondisi barang, daripada anda menyimpannya lebih lama lagi dan akan menyebabkan barang tersebut malah tidak bisa di gunakan lebih baik anda cepat-cepat menjualnya. Paling tidak anda mendapatkan uang dan gudang anda jauh lebih rapi dan bersih.

Tidak usah malu untuk menjual barang bekas anda karena hampir semua orang melakukannya, dan mempunyai banyak keuntungannya seperti tambahan uang tanpa mengeluarkan modal, melatih kemampuan berbisnis anda, go green dan bisa menjadi ladang amal untuk anda juga.

Berikut tips agar barang bekas anda laku terjual :

1. Mencuci atau mengelap

Sumber : Banananina Magazine

Jika barang yang akan anda jual adalah barang seperti tas lebih baik anda bersihkan terlebih dahulu, jika ada noda yang tertinggal cobalah cairan pembersih khusus tas kulit untuk menghilangkannya. Karena jika barang bekas yang ingin anda jual terlihat kotor akan membuat calon pembeli anda tidak tertarik untuk membelinya atau bahkan akan menawar sangat murah untuk barang anda yang mungkin harga belinya dulu lumayan tinggi.

Jika barang yang akan anda jual adalah baju, selimut atau seprai lebih baik anda cuci dan setrika terlebih dahulu. Bisa juga anda bawa ke laundry jika anda ingin barang tersebut dalam keadaan yang sangat baik dan anda tidak akan ragu untuk menawarkan harga yang lumayan karena anda tahu barang yang anda tawarkan dalam bersih dan wangi.

2. Foto yang menarik

Jika anda akan menjual barang bekas anda secara online, anda bisa jual di beberapa online shop seperti Tokopedia atau OLX yang menyediakan tempat untuk kita menjual barang-barang bekas atau second hand. Untuk menarik minat orang lain agar mereka mau membeli barang kita tentunya kita harus memberikan photo yang menarik.

Tidak perlu mengeluarkan dana lagi untuk mendapatkan foto yang bagus, anda bisa membuat studio anda sendiri, contohnya seperti ini :

Sumber : Google Image

Studio sederhana ini cocok digunakan untuk mengambil foto produk atau barang yang berukuran kecil, pencahayaannya bisa kita dapat dari lampu meja misalnya dan warna putih untuk background. Triknya adalah memasang 1 warna seperti warna putih agar menonjolkan sisi detail dan memberi kesan cerah dari produk.

Jika anda tidak punya kamera anda tetap bisa gunakan HP dengan memaksimalkan cahaya yang cukup terang agar hasilnya terlihat jelas, atur juga pada bagian pengaturan di hp untuk mendapatkan hasil gambar yang terbaik. Seperti resolusi tertinggi, ISO yang tepat, white balance yang sesuai dan lain sebagainya.

3. Harga yang sesuai

Sumber : Pulsa-24 | Jual Pulsa Murah 24 Jam Online

Ingatlah harga awal anda membeli barang tersebut, lalu perhatikan kondisi barang yang akan anda jual. Jika dalam kondisi ada kerusakan tentu saja anda tidak bisa memberikan harga yang terlalu tinggi walaupun harga belinya mahal, karena pada dasarnya anda menjual barang tersebut adalah untuk menyingkirkannya.

Atau jika anda ingin menjual dengan harga yang tinggi anda bisa memperbaiki barang yang akan anda jual agar terlihat lebih menarik.

4. Harga yang masih bisa di tawar

Sumber : Herworld Indonesia

Berikan harga yang sedikit lebih tinggi di atas harga yang sudah anda tetapkan, beritahukan kepada calon pembeli anda bahwa semua barang yang anda jual masih bisa ditawar. Karena siapa tahu anda mendapat calon pembeli yang malas menawar dan langsung membeli barang anda tanpa menawar, jadi anda bisa mendapatkan keuntungan yang lebih.

Tapi jangan juga anda sampai bersikeras dan tidak mau memberikan harga yang ditawarkan pembeli dan pada akhirnya barang anda tidak jadi dibeli, karena ingatlah anda menjual barang bekas anda karena anda tidak menggunakannya lagi atau anda sudah bosan.

5. Menjual secara paketan

Sumber : Alibaba.com

Agar barang jualan anda cepat habis terjual anda bisa menjual barang anda dalam bentuk paket dengan harga yang murah, dan tentunya barang jualan yang bisa lebih cepat habis. Anda juga bisa mempasangkan barang-barang yang anda perkirakan akan susah terjual dengan barang yang banyak diminati.

6. Bonus

Sumber : Yamin 33

Berikut ini adalah salah satu strategi jitu untuk mendapatkan perhatian dari calon pembeli, yaitu dengan menawarkan bonus dengan syarat dan ketentuan tertentu. Misalnya dengan pembelian Rp. 100.000 pembeli akan mendapatkan gratis ongkos kirim Jabodetabek atau juga memberikan bonus berupa barang lain tentu saja dengan syarat dan ketentuan.

7. Jujur

Sumber : Hasrian Rudi Setiawan

Keuntungan menjual barang secara online adalah anda tidak perlu mengeluarkan banyak modal atau bahkan tidak mengeluarkan modal sama sekali, tapi pastikan anda memberikan spesifikasi yang sebenar-benarnya tentang kondisi barang anda dan ukurannya.

Jangan hanya mencari keuntungan besar tapi hanya sekali dapat, tapi lebih baik anda mendapatkan keuntungan yang continue walaupun sedikit. Karena mendapatkan pelanggan dan kepercayaan calon pembeli itu sulit.

8. Ramah

Sumber : KajianPustaka.com

Tahukah anda ramah adalah kunci untuk menaikkan penjualan?, pernahkan anda mengalami bertemu penjual yang tidak ramah atau bahkan cenderung ketus? pasti anda akan malas berbelanja ke sana walaupun barang-barang yang di jual bagus dan berharga murah.

Sumbangkan barang-barang yang tidak terjual, anda bisa menyumbangkannya ke panti asuhan, ke tetangga atau tempat-tempat lain yang membutuhkan. Setelah mendapatkan keuntungan anda juga mendapat pahala dari barang-barang anda yang sudah tidak terpakai.

Bagikan bagaimanan anda menangani barang bekas yang anda sudah tidak pakai atau sudah bosan, dibuang, disumbangkan atau anda ingin mencoba menjualnya setelah membaca artikel ini ?.

Tulis komentar anda di kolom komentar di bawah, semoga bermanfaat dan terima kasih.

Sumber :

1. https://blog.duitpintar.com/gak-perlu-malu-menjual-barang-bekas-5-hal-alasannya/

2. http://id.wikihow.com/Menentukan-Harga-untuk-Pasar-Barang-Bekas

3. http://www.hipwee.com/tips/10-trik-foto-produk-bermodalkan-hp-untuk-jualan-online-nggak-perlu-bayar-fotografer-profesional/

4. https://studentpreneur.co/blog/inilah-6-kunci-sukses-menjual-produk-apapun/

5. https://komunitas.bukalapak.com/s/e0nyin/ramah_adalah_kunci_menaikan_penjualan