Buat Pesta Tahun Baru Hemat di Rumah

Sambut tahun baru waktunya berkumpul bersama orang-orang tersayang. Meniup terompet, menyulut kembang api dan berbagai kegiatan lainnya yang turut serta membuat suasana menjadi lebih semarak. Tahun baru juga menjadi momen untuk refleksi dan mensyukuri atas nikmat yang sudah diberikan oleh Yang Maha Kuasa.

Sumber: pexels.com

Apakah Anda termasuk pekerja yang memiliki sedikit jatah libur cuti tahun baru? Atau orangtua yang khawatir bepergian dengan bayi? Atau justru tipe keluarga yang malas menghadapi kemacetan dan keramaian saat suasana tahun baru? Siapkan hal berikut ini, untuk merayakan tahun baru dengan hemat di rumah:

Makanan Ringan

Makan bersama menjadi salah satu aktivitas yang menyenangkan untuk dilakukan dalam menyambut Tahun Baru. Buatlah undangan semenarik mungkin dengan menggunakan aplikasi Invitation Card Maker yang bisa Anda unduh dari Playstore atau berkreasi dengan selembar kertas dan membuat undangan sederhana untuk dibagikan ke kerabat atau tetangga. Sajian-sajian lezat nan hemat yang bisa Anda hidangkan untuk para tamu, diantaranya:

  1. Donat
Donuts, Doughnut, Sweet, Cosy, Tasty, Cake, Pastry
Sumber: pixabay.com

Anda bisa membeli donat polos dari toko kue, yang harganya relatif lebih murah. Lalu menghiasnya kembali di rumah dengan berbagai Topping seperti bubuk gula rendah kalori, lelehan cokelat batang hingga meises cokelat. Anda juga bisa memanfaatkan selai cokelat jika tidak memiliki cokelat batang untuk dicairkan. Tipsnya, untuk membuat donat menjadi lebih menarik adalah, berikan 2 jenis topping di atas sebuah donat. Lalu hidangkan di atas piring putih untuk menambah keindahan sajian. Anda bisa membeli 2 lusin donat polos yang mungkin hanya perlu menghabiskan uang sejumlah Rp. 70.000. Untuk topping-nya Anda bisa mempersiapkan budget sekitar Rp 30.000.

  1. Mie
Food, Ramen, Noodles, Cooking, Japan, Hot, Soup
Sumber : pixabay.com

Mie tidak akan menjadi hidangan dengan kesan biasa jika Anda menambahkan  taburan sosis dan udang di atasnya. Tambahkan juga dengan hiasan telur dadar yang tipis, telur mata sapi, daging ayam suir, kerupuk putih dan bawang goreng. Jangan lupa percantik sajiannya dengan menuliskan Happy New Year di atas telur mata sapi dengan saus tomat. Selembar uang Rp. 50.000 bisa dibelanjakan untuk membeli 10 bungkus mie instan, beberapa butir telur hingga sebungkus sosis.

  1. Cemilan
French Fries, Food, French, Plate
Sumber : pixabay.com

Makaroni, keripik sayur, keripik buah seperti keripik apel, pisang, nangka dan sebagainya bisa Anda beli di Supermarket dengan harga tidak lebih dari Rp. 50.000. Jika Anda justru lebih tertarik untuk bisa berkreasi dengan cemilan homemade, tentu Anda bisa lebih hemat lho. Anda bisa menggoreng kentang, tempe, tahu crispy yang sudah dibalur bumbu sebagai pelengkap saat ngobrol melewati malam Tahun Baru. Sehingga bisa mengalokasikan biaya lain untuk sajian minumannya.

  1. Smoothies atau Jus

Siapkan sebuah semangka ukuran sedang, buah kiwi yang diiris tipis, chia seeds atau jenis buah lain yang bisa dijadikan jus jika Anda bukan penikmat smoothies. Anda bisa membeli bahan krim yang berukuran kecil, susu kotak ukuran 250 ml dengan harga tidak lebih dari Rp. 10.000. Campurkan semuah bahan dan blender dengan bahan krim agar teksturnya berubah mengembang menjadi seperti smoothies.

Sajikan dalam gelas jus dengan susunan buah. Bisa diawali dengan potongan buah semangka atau mangga, lalu lapisi dengan smoothies secara berulang. Buat sajian berupa teh hijau dengan potongan lemon atau jahe di dalamnya juga memberikan rasa hangat di perut saat malam tahun baru tiba.

Potluck Party

Related image
Sumber : scmp.com

Potluck party merupakan aktivitas makan bersama, dimana para tamu yang hadir turut serta membawa makanan. Nantinya makanan tersebut dikumpulkan untuk disajikan dan disantap bersama-sama. Seru sekali bukan? Selain dapat meningkatkan rasa kebersamaan, juga turut membantu si tuan rumah untuk tetap hemat lho.

Lilin Aroma Theraphy

Related image

Sumber: pexels.com

Anda bisa menghabiskan Rp. 30.000 saja untuk membeli 2 kotak lilin berukuran sedang lalu memodifikasinya menjadi lilin aromatherapy. Anda bisa mencairkan lilin, lalu menambahkan irisan beberapa batang sereh, kulit kayu manis yang ditumbuk halus atau kulit jeruk di dalam larutan lilin cair. Gunakan cetakan kue yang sudah diolesi dengan minyak goreng, agar tidak lengket sebagai wadah untuk mencetak lilin. Tunggu sampai lilin mengeras dan Anda sudah memiliki lilin aromatherapy yang bermanfaat! Selain sebagai pengharum ruangan, juga dapat mengusir nyamuk saat Anda sedang asyik mengobrol di teras rumah menanti pergantian tahun. 

Are you ready for New Year? Selamat mencoba tips di atas ya. Bagikan juga pengalaman Anda dalam menyambut tahun baru.