Cerdas Mengelola Budget Pernikahan

Pernikahan adalah salah satu anak tangga yang harus dicapai dalam perjalanan kehidupan. Karena merupakan peristiwa penting dan diharapkan terjadi sekali dalam satu perjalanan hidup, maka banyak orang yang mempersiapkan sedini mungkin untuk sebuah pernikahan, baik persiapan mental maupun persiapan materi.

Tidak dapat dipungkiri bahwa dalam penyelenggaraan sebuah pernikahan dibutuhkan sejumlah materi yang tidak sedikit. Ternyata ada beberapa detil dalam persiapan sebuah pesta pernikahan yang bisa ditekan budgetnya lho. Berikut tips dan trik menekan budget pernikahan:

Foto Pre-Wedding

Sumber : Pexels.com

Sudah bukan merupakan hal yang asing lagi jika foto pre-wedding merupakan bagian dari persiapan pernikahan. Memiliki foto pre-wed yang unik adalah misi khusus setiap calon pengantin, kan? Tapi mengandalkan fotografer profesional yang sudah memiliki nama alias terkenal akan menguras kantong cukup dalam. Tidak perlu khawatir, hal ini bisa disiasati dengan memanfaatkan kolega atau kenalan yang sedang merintis usaha fotografi. 

Selain hasil editing, konsep foto seperti gaya dan latar belakang foto juga menjadi bagian yang tidak boleh dilewatkan. Internet memberikan banyak informasi tentang konsep foto pre-wed yang dilengkapi dengan estimasi harganya juga baik indoor maupun outdoor. Dari informasi yang ada, calon pengantin bisa menemukan akun medsos yang sudah melakukan foto pre-wed, untuk mendapatkan rekomendasi tempat foto yang unik dan terjangkau, serta rekomendasi kostum. Informasi ini bisa dimanfaatkan bersama rekan yang akan diajak menjadi fotografer.

Konsep Menabung untuk Biaya Menikah

Undangan

Sumber: Unsplash.com

Undangan merupakan salah satu bagian yang tak terpisahkan dari sebuah rencana pernikahan. Jika pada zaman dahulu pernikahan disampaikan dari mulut ke mulut, saat ini undangan pernikahan dipandang penting untuk dihadirkan dalam sebuah fisik kertas undangan karena merupakan salah satu cara memberikan penghargaan terhadap keluarga, saudara maupun rekan.

Banyak konsep desain undangan yang ditawarkan dengan harga yang beragam, seringkali membuat calon pengantin pusing sendiri. Sebenarnya hal ini bisa diatasi dengan membuat konsep undangan sendiri. Dimulai dengan mencari teman yang memiliki kemampuan design grafis untuk membantu membuat visualisasi konsep undangan yang diinginkan, baik untuk undangan fisik maupun undangan digital yang akan didistribusikan melalui media sosial.

Kerjasama seperti ini merupakan kerjasama yang saling menguntungkan. Selain mendapatkan potongan harga untuk sebuah design undangan, dimana calon pengantin tinggal melakukan pencetakan saja (relatif lebih murah dan jauh dari kesan standar), juga sekaligus membantu teman untuk mempromosikan usaha desain undangan miliknya. Undangan hasil cetakan tinggal dilakukan finishing dengan penempelan pita emas dan kemasan plastiknya.

Souvenir

Sumber: Pinterest

Souvenir bisa menjadi salah satu kebutuhan pesta pernikahan. Souvenir melambangkan ucapan terima kasih kepada para tamu undangan karena telah bersedia hadir dalam merayakan kegembiraan bersama pengantin, meskipun bukan merupakan sebuah kewajiban penyelenggara pesta.

Namun pada kenyataannya, proses penentuan souvenir yang akan digunakan bisa jadi membuat calon pengantin kebingungan. Secara tidak langsung, souvenir diharapkan adalah benda yang tidak cukup mahal karena akan dibeli dalam jumlah besar pula sesuai estimasi jumlah tamu yang diundang. Selain itu, diharapkan pula menjadi benda yang bermanfaat ketimbang hanya sebagai sebuah hiasan. Jika diperhatikan lebih lanjut, sadarkah calon pengantin bahwa souvenir semakin mahal karena kemasannya?

Tips selanjutnya dalam memilih souvenir adalah membeli langsung dalam jumlah yang besar tanpa kemasan siap distribusi. Lalu memodifikasi kemasannya kembali dengan mika, plastik ataupun kain tile yang bisa juga diberi pemanis dengan pita kecil. Keuntungan konsep ini adalah memotong harga kemasan per souvenir apalagi jika bisa dikerjakan bersama calon teman hidup. Meningkatkan kualitas kedekatan mental selama mempersiapkan kebutuhan pernikahan bukan?

Resepsi

Resepsi menjadi salah satu momok yang menakutkan bagi para calon pengantin. Membayangkan betapa banyaknya biaya yang harus dikeluarkan untuk sebuah resepsi, dimulai dari dekorasi altar untuk tempat pengantin, katering dan makanan yang dihidangkan untuk para tamu dan keperluan detil lainnya. 

Sumber: Inside Wedding

Padahal, resepsi pada fungsinya adalah perayaan bersama sanak famili, sahabat, rekan dan kolega sebagai bentuk ucapan syukur karena sebuah pernikahan sudah berjalan dengan baik. Untuk memangkas biaya, para calon pengantin bisa memilih katering yang menu makanannya sederhana dan terdiri dari menu utama seperti nasi, lauk pauk dan sayuran. Tak lupa sertakan juga buah didalamnya. Tidak perlu berlebihan dengan menghadirkan berbagai jenis makanan berat sebagai variasi.

Menyertakan camilan berupa kue-kue juga membantu jumlah makanan berat yang harus dihidangkan. Karena, tidak jarang para tamu menghadiri pesta pernikahan karena ingin saling bercengkrama dan silaturahmi.

Itulah beberapa detil yang bisa dipangkas biayanya dalam pernikahan. Nah, kamu calon pengantin yang akan memangkas biaya pada detil mana? Berikan komentar atau masukannya dengan setulusnya, untuk membantu calon pengantin diluar sana memiliki inspirasi konsep mengelola budget untuk menikah.