Daftar Lagu Seventeen KPOP

SEVENTEEN adalah boy grup K-pop di bawah naungan Pledis Entertainment yang terdiri dari 13 member, yaitu: Vernon, DK, Mingyu, Joshua, Dino, Seungkwan, Minghao, S.coups, Jeonghan, Jun, Wonwoo, Hoshi dan Woozi. SEVENTEEN memulai debutnya pada 26 Mei 2015. Grup ini telah merilis 18 album dan 117 lagu.

SEVENTEEN terkenal sebagai grup yang suka sekali membintangi reality show, karena kemampuan mereka yang bisa beradaptasi dengan baik. Beberapa diantaranya adalah Idol Room dan Dingo Music’s Mafia Dance.

Menurut Time Magazine, SEVENTEEN telah mendapat pengakuan sebagai salah satu grup K-pop yang paling sinkron meskipun ukurannya besar. Selain itu, SEVENTEEN telah mendapat banyak sekali award seperti ‘Worldwide Fans’ Choice MAMA award’ dan ‘Mnet Asian Music Award Worldwide Favorite Artist’.

Kpop group ini memiliki beragam genre seperti synth-pop, hip hop, R&B dan EDM. Semua lagu SEVENTEEN enak sekali didengar tetapi lagu yang berjudul “Super”- lah yang orang-orang paling suka dengarkan dengan 58juta streams di Spotify. Selain Super, SEVENTEEN telah merilis beberapa lagu seperti: THANKS, Even if the world ends tomorrow, Left & Right, _WORLD, Don’t Wanna Cry, Rock with you dan HOT. Menurut saya, lagu yang paling saya suka dari SEVENTEEN adalah THANKS karena tone nya sangat enak didengar. Kalo Sahabat Hemat gimana, paling suka yang mana?

Super ‘손오공’ (2023)

Lagu “Super” sangat menarik dan sudah diputar sebanyak 118juta kali di YouTube. Dan makna dari lagu ini sebenarnya sangat mendalam. “Super” mengisahkan tentang mengejar impian mereka. Lirik lagu ini terinspirasi oleh karakter manga terkenal bernama Son Goku / Monkey King yang dikenal sebagai sosok yang kuat dan tekun. Wonwoo, dalam liriknya, berbicara tentang perjuangannya dan bagaimana dia tidak pernah menyerah hingga mencapai puncak kesuksesan. Sementara Jeonghan dan Seungkwan, dalam lirik mereka, mengungkapkan tentang mencapai kesuksesan melalui usaha keras. Di bagian chorus yang dinyanyikan Dino dan Vernon, mereka mengekspresikan rasa pencapaian karena kerja keras mereka telah membuahkan hasil.

THANKS (2018)

Lagu yang memiliki nuansa mendalam ini mengandung makna yang sangat dalam. Lagu “THANKS” diciptakan untuk menunjukkan rasa terima kasih dan penghargaan kepada seseorang yang istimewa. Biasanya, orang cenderung meninggalkan hubungan dengan seseorang yang sudah lama tidak bertemu. Namun, dalam lagu ini, justru terjadi sebaliknya. Bayangkan jika pacarmu meninggalkanmu, pasti rasanya kesal, bukan?

Even if the world ends tomorrow (2023)

Lagu Jepang ini memiliki makna yang menarik, Sahabat Hemat! Sesuai dengan judulnya, lagu ini mengajarkan kita untuk hidup di saat ini dan menghargai momen sekarang. “Jika dunia berakhir besok, tidak akan ada penyesalan,” begitu kan, Sahabat Hemat? Jadi, mulai dari hari ini, mari habiskan waktu bersama orang-orang terkasih karena kita tidak pernah tahu kapan akhirnya akan tiba. Lagu ini patut untuk didengar, dan menurut saya, liriknya sangat bagus, Sahabat Hemat! 🙂

Left & Right (2020)

Lagu “Left & Right” memiliki makna yang kurang lebih sama dengan lagu “Super”. Bagian chorus mengajak kita untuk terus maju tanpa ragu-ragu. “Left & Right” mengusung pesan bahwa memiliki support system sangat penting untuk mencapai tujuan atau impian kita. Lagu ini menekankan betapa pentingnya persahabatan dan persatuan. “Left & Right” mengingatkan kita bahwa kita dapat mengandalkan satu sama lain untuk mendapatkan dukungan dan bimbingan.

_WORLD (2022)

Lirik lagu “_WORLD” berbicara tentang keinginan kuat untuk membawa seseorang ke dunianya yang penuh kebahagiaan. Di bagian chorus, para penyanyi membandingkan dunia mereka dengan “déjà vu surga”, memperjelas bahwa mereka benar-benar merasa beruntung bisa merasakan hal positif dari dunia mereka. Mereka bahkan bersedia untuk memberikan apapun yang diinginkan seseorang, termasuk menerima sisi gelapnya. Mereka juga berjanji untuk tidak pernah mengecewakannya. Keseluruhan lagu ini menggambarkan betapa indahnya dunia ini.

Don’t Wanna Cry (2017)

“Don’t Wanna Cry” adalah lagu yang sangat menyentuh, Sahabat Hemat. Sesuai dengan judulnya, lagu ini menggambarkan perasaan menahan air mata meskipun hati terasa sangat sakit. Inti dari “Don’t Wanna Cry” adalah tentang kerinduan kepada seseorang dan perasaan sakit hati. Chorus lagu ini mengulang kalimat “Aku tidak ingin menangis” sambil mengakui seberapa besar air mata yang mengalir. Secara keseluruhan, lagu “Don’t Wanna Cry” menceritakan tentang kesedihan karena merindukan seseorang dan usaha mereka untuk menahan tangisan meski kesakitan begitu mendalam.

Rock With You (2021)

Lagu ini sepertinya merupakan lagu cinta tentang keinginan untuk menghabiskan waktu bersama seseorang. Liriknya mengungkapkan bahwa orang yang mereka cintai adalah hal terpenting di hidup mereka dan mereka akan melakukan apapun untuk membuat orang tersebut tersenyum. Lagu ini berbicara tentang keinginan para penyanyi untuk bermalam dengan orang yang mereka cintai. Karena itu, lagu ini dianggap lagu dewasa atau 18+. Secara keseluruhan, lagu “Rock With You” adalah lagu cinta tentang keinginan untuk membuat pasangan merasa bahagia.

HOT (2022)

Lagu ini menceritakan seberapa besar ketertarikan penyanyi terhadap seorang wanita. “HOT” menggambarkan wanita yang menjadi kebanggaan penyanyi. Suasana lagu ini memang panas, sesuai dengan namanya. Pada dasarnya, lagu ini adalah ungkapan cinta terhadap seseorang yang sangat menarik perhatian. Secara keseluruhan, lagu ini mungkin lebih cocok untuk pendengar dewasa atau 18+, mengingat beberapa lirik yang terdapat di dalamnya.

Daftar lagu SEVENTEEN lainnya

Tahun 2015, Seventeen merilis 2 album yaitu 17 Carat dan Boys Be, dengan masing-masing album terdiri dari 5 lagu.

17 Carat - Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebasAlbum pertama: 17 Carat, sebagai mini debut yang dirilis tanggal 29 Mei 2015, dengan lagu:
♪ “Adore U” (아낀다; Akkinda), yang menjadi single utama dari album ini. Lagu ini tentang laki-laki yang sedang cinta monyet.
♪ “Shining Diamond”
♪ “Ah Yeah”
♪ “Jam Jam”
♪ “20”

Boys Be (album mini) - Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Album kedua: Boys Be, sebagai mini debut yang dirilis tanggal 10 September 2015, dengan lagu:
♪ “Mansae” (만세; Manse), single yang paling populer dalam album ini, sudah diputar sebanyak 65 juta kali di YouTube. Lagu ini merupakan cerita lanjut dari single “Adore U”
♪ “Fronting” (표정관리; Pyojeonggwalli)
♪ “어른이 되면” (When I Grow Up)
♪ “OMG”
♪ “Rock”

 

Tahun 2016, Seventeen merilis 3 album yaitu Love & Letter, Love & Letter Repackage dan Going Seventeen.

Love & Letter - Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebasAlbum ketiga: Love & Letter, sebagai studio debut yang dirilis tanggal 25 April 2016 tentang cinta pertama, dengan lagu:
♪ “Pretty U” (예쁘다), single utama dalam album ini, yang merupakan lanjutan dari “Adore U” dan “Mansae”.
♪ “Chuck” (엄지척)
♪ “Still Lonely” (이놈의 인기)
♪ “Hit Song” (유행가)
♪ “Say Yes”
♪ “Drift Away” (떠내려가)
♪ “Adore U” (아낀다) (versi Vocal Team)
♪ “Monday to Saturday” (만.세)
♪ “Shining Diamond” (versi Performance Team)
♪ “Love Letter” (사랑쪽지) (versi Performance Team)

Love&Letter repackage album - Album oleh SEVENTEEN | SpotifyAlbum keempat: Love & Letter Repackage yang dirilis tanggal 4 Juli 2016, dengan lagu:
♪ No F.U.N
♪ Very NICE
♪ Healing
♪ SIMPLE
♪ Can’t See the End
♪ Chuck
♪ Pretty U
♪ Still Lonely
♪ Hit Song
♪ Say Yes
♪ Drift Away
♪ Adore U
♪ Monday to Saturday
♪ Shining Diamond
♪ Love Letter

Going Seventeen - Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebasAlbum kelima: Going Seventeen, sebagai mini album yang dirilis tanggal 5 Desember 2016, dengan lagu:
♪ Beautiful
♪ Boom Boom
♪ HIGHLIGHT
♪ Lean On Me
♪ Fast Pace
♪ Don’t Listen In Secret
♪ I Don’t Know
♪ Smile Flower

 

Tahun 2017, Seventeen merilis 2 album yaitu Alone dan TEEN, AGE.

Al1 - Wikipedia

Album keenam: Alone, sebagai mini album yang dirilis tanggal 22 Mei 2017, dengan lagu:
♪ Don’t Wanna Cry
♪ Habit
♪ IF I
♪ Swimming Fool
♪ MY I
♪ Crazy in Love
♪ Who
♪ Check-In

Teen, Age - Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Album ketujuh: TEEN, AGE, sebagai studio album yang dirilis tanggal 6 November 2017, dengan lagu:
♪ Intro.
♪ CHANGE UP
♪ Without You
♪ Clap
♪ Bring It
♪ Lilili Yabbay
♪ TRAUMA
♪ Pinwheel
♪ Flower
♪ ROCKET
♪ Hello
♪ Campfire
♪ Outro.

 

Tahun 2018, Seventeen merilis 1 album yaitu You Make My Day.

You Make My Day - Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebasAlbum kedelapan: You Make My Day, sebagai mini album yang dirilis 16 Juli 2018, dengan lagu:
♪ Oh My!
♪ Holiday
♪ Come to Me
♪ MOONWALKER

 

Tahun 2019, Seventeen merilis 2 album yaitu You Made My Dawn dan An Ode.

You Made My Dawn - Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebasAlbum kesembilan: You Made My Dawn, sebagai mini album yang dirilis 21 Januari 2019, dengan lagu:
♪ Good to Me
♪ Home
♪ Hug
♪ Chilli
♪ Shhh
♪ Getting Closer

An Ode - Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebasAlbum kesepuluh: An Ode, sebagai studio album yang dirilis 16 September 2019, dengan lagu:
♪ HIT
♪ Lie Again
♪ Let Me Hear You Say
♪ 247
♪ Second Life
♪ Network Love
♪ Back It Up
♪ Lucky
♪ Snap Shoot

 

Tahun 2020, Seventeen merilis 1 album yaitu 헹가래.

SEVENTEEN 7th Mini Album '헹가래'Album kesebelas: 헹가래, sebagai mini album yang dirilis tanggal 22 Juni 2020, dengan lagu:
♪ Fearless
♪ Left & Right
♪ I Wish
♪ My My
♪ Kidult
♪ Together

 

Tahun 2021, Seventeen merilis 4 album yaitu Your Choice, Attacca, Not Alone dan Power of Love.

Your Choice - Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebasAlbum kedua belas: Your Choice dirilis tanggal 18 Juni 2021, dengan lagu:
♪ Heaven’s Cloud
♪ Ready to Love
♪ Anyone
♪ GAM3 BO1
♪ Wave
♪ Same dream, same mind, same night

Attacca (album mini) - Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebasAlbum ketiga belas: Attacca dirilis tanggal 22 Oktober 2021, dengan lagu:
♪ To You
♪ Rock With You
♪ Crush
♪ Pang!
♪ Imperfect Love
♪ I can’t run away
♪ 2 Minus 1

Album keempat belas: Not Alone dirilis tanggal 15 April 2021, dengan lagu:
♪ Not Alone
♪ Run to You (Japanese version)
♪ HOME;RUN (Japanese version)

 

Album kelima belas: Power of Love dirilis tanggal 8 Desember 2021, dengan lagu:
♪ Power of Love

♪ Home (Japanese version)

♪ Snap Shoot (Japanese version)

Tahun 2022, Seventeen merilis 1 album yaitu Face the Sun.

Face the Sun - WikipediaAlbum keenam belas: Face the Sun dirilis tanggal 27 Mei 2022, dengan lagu:
♪ Darl+ing
♪ HOT
♪ DON QUIXOTE
♪ Merch
♪ Domino
♪ Shadow
♪ ‘Bout You
♪ IF you leave me
♪ Ash

 

Tahun 2023, Seventeen merilis 2 album yaitu FML dan Seventeenth Heaven.

FML (EP) - WikipediaAlbum ketujuh belas: FML dirilis tanggal 24 April 2023, dengan lagu:
♪ F*ck My Life
♪ Super
♪ Fire
♪ I Don’t Understand but I Luv U
♪ Dust
♪ April shower

Seventeenth Heaven - Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebasAlbum terakhir: Seventeenth Heaven dirilis tanggal 23 Oktober 2023, dengan lagu:
♪ SOS
♪ God of Music
♪ Diamond Days
♪ Back 2 Back
♪ Monster
♪ 하품
♪ Headliner
♪ 음악의 신