Review Diabetasol: Makanan Tambahan Kaya Nutrisi Rendah Lemak Untuk Penderita Diabetes

Diabetes adalah salah satu penyakit yang memiliki jumlah penderita paling banyak di dunia dan akan terus meningkat. Bahkan Indonesia adalah salah satu negara yang jumlah penderita diabetesnya paling tinggi secara global. Diabetes melitus atau penyakit kencing manis adalah suatu penyakit di mana kadar gula dalam darah seseorang berada di atas batas normal. Kadar gula yang tinggi ini disebabkan oleh kelenjar pankreas yang tidak bisa menghasilkan insulin dengan jumlah yang cukup, atau sel-sel di dalam tubuh tidak mempan dengan insulin. Sedangkan insulin adalah hormon yang tugasnya adalah mengontrol level gula darah dalam tubuh kita.

Meski penyakit diabetes selalu diikuti oleh komplikasi penyakit lainnya bukan berarti diabetes adalah akhir dari segalanya. Penderita diabetes bisa mengontrol asupan gula yang masuk ke dalam tubuh dengan mengkonsumsi makanan dan minuman yang rendah gula serta aktif untuk berolahraga. Diabetasol adalah produk minuman susu yang diformulasikan khusus untuk penderita diabetes melitus. Diabetasol sangat baik untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes karena kadar gulanya (sukrosa) rendah, indeks glikemik rendah, dan mengandung karbohidrat kompleks, dan juga protein. Diabetasol juga rendah lemak jenuh dan juga natrium, namun tinggi akan kalsium dan serat, serta mengandung vitamin dan mineral yang baik untuk tubuh.


Diabetasol ada banyak varian dan rasa

  1. Diabetasol Susu Formula
    diabetasol-formulaDiabetasol susu formula adalah nutrisi pengganti makanan dengan kandungan Vitadigest dan juga indeks glikemik yang rendah sehingga baik untuk penderita diabetes. Manfaat dari kandungan Vitadigest dan juga indeks glikemik yang rendah ini adalah untuk menurunkan kenaikan gula darah setelah makan dan juga mengontrol kadar gula dalam darah pada penderita diabetes melitus agar lebih stabil, tidak tinggi dan juga tidak terlalu rendah. Diabetasol Susu Formula hadir dalam 3 varian rasa yang lezat yaitu Cappucino, Coklat, dan Vanila.
  2. Diabetasol UHT
    DiabetDiabetasol UHTasol UHT adalah susu siap minum dalam kemasan yang praktis dan bisa dibawa ke mana saja. Jadi bagi Anda yang punya banyak aktivitas bisa tetap disiplin dalam menjaga kadar gula darah agar tidak melonjak dengan selalu sedia Diabetasol UHT dalam tas. Satu karton Diabetasol UHT mengandung segala manfaat dan kandungan gizi yang sama dengan Diabetasol Susu Formula sehingga tidak hanya baik untuk penderita diabetes tapi juga untuk Anda yang punya gejala dan resiko terkena diabetes yang tinggi. Diabetasol UHT tersedia adalam dua varian rasa yang nikmat diminum pada suhu ruangan maupun dingin yaitu Coklat dan Vanila.
  1. Diabetasol Stick Pack
    diabetasol-stick-packDiabetasol adalah susu formula khusus untuk penderita diabetes dan Anda yang punya gejala diabetes dalam serbuk yang dibungkus dalam bentuk stick pack yang pas untuk sekali minum. Kemasannya yang praktis bisa dibawa-bawa untuk traveling tanpa repot dan jika sudah waktunya minum tinggal ambil satu bungkus dan tuangkan isinya dalam gelas lalu seduh dengan air panas. Diabetasol Stick Pack mengandung 11 vitamin dan 6 mineral, low GI, lengkap dengan Vitadigest dan kalsium yang tinggi serta terdiri dari dua rasa yang lezat yaitu Coklat dan Vanila.
  1. Diabetaso Zero Calorie Sweetener
    diabetasol-sweetenerDiabetasol juga punya pemanis pengganti gula pasir yang tidak mengandung kalori dan menggunakan pemanis sukrolosa. Diabetasol  Zero Calorie Sweetener adalah pemanis serba guna yang bisa digunakan layaknya gula pasir, bisa untuk minuman dan segala jenis dessert rendah kalori sehingga baik untuk penderita diabetes melitus. Dihadirkan dalam bentuk sachet yang praktis dan pas manisnya tanpa perlu khawatir gula darah naik.

 

Kelebihan dan kekurangan Diabetasol

Semua produk pasti ada dua sisi yang berdampingan yaitu kelebihan dan kekurangannya. Untuk produk susu dari Diabetasol baik Susu Formula, UHT, maupun Stick Pack, kelebihan yang dimiliki adalah sebagai berikut:

  • Gizi lengkap dan seimbang dengan jumlah kalori 260 kkal/saji dan bisa dikonsumsi sebagai pengganti makanan utama sehingga jumlah kalori harian bisa dihitung dengan lebih tepat
  • Kandungan Vitadigest pada Diabetasol adalah kombinasi dari karbohidrat yang lepas lambat sehingga bisa menurunkan kadar gula darah
  • Memiliki indeks glikemik yang rendah atau Low Glycemic Index untuk mengontrol gula darah sehabis makan
  • Mengandung serat pangan inulin yang berfungsi untuk memperlambat penyerapan glukosa, memberikan rasa kenyang, serta menurunkan kadar lemak darah sehingga kesehatan jantung bisa terjaga
  • Bebas asam lemak trans, kolesterol, dan juga gula sehingga baik juga untuk dikonsumsi orang dengan gejala diabetes
  • Kaya akan vitamin dan mineral

Semakin lengkap semakin sehat dengan adanya Diabetasol Zero Calorie Sweetener yang berguna sebagai pemanis pengganti untuk penderita diabetes melitus. Keunggulan yang dimiliki pemanis khusus ini adalah:

  • Pemanis sukralosa yang dibuat dari gula tebu murni dan lebih alami
  • Tidak mengandung kalori sehingga konsumsi kalori harian penderita diabetes bisa lebih terkontrol
  • Cocok untuk suhu panas dan dingin sehingga bisa digunakan untuk membuat makan dan minuman apa saja dan tidak meninggalkan after-taste yang pahit
  • Aman dan penggunaannya untuk penderita diabetes sudah disetujui oleh  FDA dan BPPOM

Meski sudah diklaim aman dan mendapatk pengakuan sebagai Susu Bubuk Terbaik versi majalah Women’s Health pada tahun 2013, bukan berarti Diabetasol tanpa cela. Tetapi jangan khawatir karena “kekurangan” pada produk Diabetasol ini sifatnya kondisional. Untuk produk susu Diabetasol yang varian rasa Capucino terdapat kandungan kafein dalam susu tersebut untuk memberikan rasa kopi yang nyata. Kadar kafein dalam susu Diabetasol Capucino hanya 9,6 mg per saji, di mana kadar ini masih berada di bawah batas normal konsumsi kafein dalam sehari. Meski begitu, apabila setelah minum susu ini Anda merasakan efek samping dari kafein misalnya dagung berdegup kencang, keluar keringat, sebaiknya hindari mengkonsumsi Diabetasol Capucino.

Sedangkan untuk produk Diabetasol Zero Calori Sweetener ada peringatan yang mesti diperhatikan oleh konsumen. Pemanis ini mengandung pemanis buatan yang disarankan untuk tidak dikonsumsi oleh anak di bawah usia 5 tahun dan juga untuk ibu hamil dan menyusui.

[flex-video size=”” type=””][/flex-video]

Produk rekomendasi lainnya

Diabetasol merupakan produk susu khusus untuk penderita diabetes yang diproduksi oleh Kalbe yang juga memproduksi berbagai macam produk susu untuk kondisi optimal tubuh. Selain Diabetasol, ada juga Hepatosol yang merupakan makanan khusus untuk penderita gangguan hati, Entramix suplemen makanan yang baik untuk orang dengan kondisi tubuh kurang prima misalnya sehabis sakit, Peptisol yang merupakan susu tinggi protein, Nephrisol yang khusus untuk penderita gangguan ginjal, serta Entrasol yang merupakan susu tinggi kalsium untuk usia remaja hingga lansia.

Beberapa produk lain yang juga bisa menjadi makanan tambahan maupun pengganti bagi penderita diabetes antara lain adalah Nutren Diabetes dari Nestle. Susu ini mengandung GI yang rendah, kaya akan serat, karbohidrat kompleks, serta nutrisi dan vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh. Ada juga Diabetamil dari Tropicana Slim dengan kandungan kromium pikolinatnya yang bisa menurunkan kadar gula darah tinggi serta serat oat yang mengenyangkan.