Kelebihan dan Kekurangan Susu Morinaga Chil*Go!

Minum susu sangat penting untuk anak-anak dalam masa pertumbuhan dan perkembangannya, karena susu kaya akan kalsium dan vitamin D, susu sangat penting untuk membangun tulang yang kuat. Selain itu, kandungan lemak sehatnya juga mendukung perkembangan otak dan saraf anak.

Sebagai orang tua, memilih produk susu yang sesuai dengan tahap perkembangan anak merupakan hal yang krusial. Nutrisi yang tepat akan memberikan kontribusi signifikan terhadap pertumbuhan dan perkembangan anak. Morinaga Chil*Go! hadir sebagai salah satu opsi yang dapat dipertimbangkan. Dalam ulasan ini, Hemat.id akan mengupas tuntas segala kelebihan dan kekurangan produk ini, mulai dari komposisi nutrisi hingga harga susu Morinaga Chil*Go!.

Sekilas tentang Susu Morinaga Chil*Go!

Morinaga Chil*Go! formula OPTIMUN, by ig @chilgo_id

Susu Morinaga Chil*Go! merupakan salah satu pilihan susu pertumbuhan populer untuk anak usia 1 tahun ke atas. Hal ini dikarenakan Morinaga Chil*Go! punya formula Optimune.

Morinaga Chil*Go! diproduksi oleh Kalbe Nutritionals dengan menggunakan formula dan teknologi dari Morinaga Milk Industry Co., Ltd yang merupakan perusahaan berasal dari Jepang dan memiliki pengalaman lebih dari 90 tahun.

Produk Morinaga Chil*Go!

Morinaga Chil*Go! hadir dengan beragam pilihan produk yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan nutrisi anak pada setiap tahap pertumbuhan. Mulai dari susu bubuk dengan rasa vanila dan madu yang lezat hingga susu cair yang praktis, seperti :

Produk Morinaga Morinaga Chil*Go! 1+ Morinaga Chil*Go! 3+ Chil*Go! Susu Cair
Tahapan usia 1-3 tahun 3 tahun ke atas 1-12 tahun
Jenis kemasan Dus Dus Botol siap minum
Harga per kemasan
  • Rp35ribuan per 270gr
  • Rp80ribuan per 660gr
  • Rp100ribuan per 950gr
  • Rp34ribuan per 270gr
  • Rp75ribuan per 660gr
  • Rp100ribuan per 950gr
Rp5ribuan per 130ml
Varian rasa Vanila dan Madu Vanila dan Madu Coklat, Stroberi, dan Vanila

Baca juga : Perbandingan Susu Morinaga BMT Platinum dan BMT Biasa (Gold)

Komposisi susu 

Komposisi pada susu biasanya tertera pada setiap kemasan yang memberikan informasi kandungan apa saja yang ada pada susu tersebut. Anda bisa mengecek setiap kandungan atau komposisi Morinaga Chil*Go pada ulasan di bawah ini :

Komposisi Morinaga Chil*Go! 1+

Mengutip dari website resminya berikut ini adalah komposisi yang tertera pada susu Morinaga Chil*Go! 1+ rasa madu :

Susu Bubuk (45,99%), maltodekstrin, sukrosa, krimer nabati (mengandung susu), inulin, Perisa Sintetik (mengandung Susu),  DHA (mengandung antioksidan natrium askorbat, tokoferol campuran pekat, askorbil palmitat) perisa sintetik (mengandung susu), bubuk madu (0.18%), premiks mineral dan premiks vitamin.

Komposisi Morinaga Chil*Go! 1+, sumber : Morinaga Official Shop, Review Shopee

Komposisi susu bubuk Morinaga Chil*Go! 1+ rasa vanila :

Susu Bubuk (48,59%), maltodekstrin, sukrosa, krimer nabati (mengandung susu), inulin, perisa sintetik (mengandung susu), DHA (mengandung kaseinat, antioksidan natrium askorbat, tokoferol, dan askorbil palmitat), premiks mineral dan vitamin.

Komposisi susu Morinaga Chil*Go! 3+

 
Komposisi Morinaga Chil*Go! 3+ Madu, sumber : Toko Online Morinaga Official Shop, Review Shopee

Mengutip dari web dan kemasan susunya, berikut komposisi susu Morinaga Chil*Go! 3+ rasa Madu :

Susu bubuk (45,99%), maltodekstrin, sukrosa, krimer nabati (mengandung susu), inulin, perisa sintetik (mengandung susu), DHA (mengandung kaseinat, antioksidan natrium askorbat, tokoferol, dan askorbil palmitat), bubuk madu (0,18%), premiks mineral dan vitamin.

Sedangkan untuk susu Morinaga Chil*Go! 3+ rasa Vanila komposisinya ada di bawah ini :

Komposisi Morinaga Chil*Go! 3+ Vanila, sumber Morinaga Official Shop, Review Shopee

Susu bubuk (45,99%), maltodekstrin, sukrosa, krimer nabati (mengandung susu), inulin, perisa sintetik (mengandung susu), DHA (mengandung kaseinat, antioksidan natrium askorbat, tokoferol, dan askorbil palmitat), premiks mineral dan vitamin.

Komposisi Chil*Go! Susu Cair :

Morinaga Chil*Go! RDT, sumber : morinagachilgo

 

Komposisi Chil*Go! Susu Cair, sumber :Morinaga Official Shop, Review Shopee

Berikut adalah komposisi yang tertera pada kemasan Chil*Go! Susu Cair :

Air, Susu Bubuk Skim, Gula, Lemak Susu, Inulin, Bubuk Coklat, Perisa Buatan Coklat, Pengemulsi Nabati, Penstabil Nabati, Antioksidan Natrium Askorbat, mineral dan vitamin (vitamin A dan D mengandung antioksidan di-a-Tokoferol).

Tabel kandungan nutrisi Morinaga Chil*Go!

Perbandingan Chil*Go! 1+ Vanila Chil*Go! 3+ Madu Chil*Go! RDT
Energi 150 kkal 170 kkal 90 kkal
Lemak 5 gr 5 gr 2 gr
DHA 13 mg  11 mg 
Omega 6 & 3 259 mg & 36 mg 296 mg & 41 mg 
Lemak Jenuh 3 gr 3 gr 0,5 gr
Protein 5 gr 5 gr 4 gr
Karbohidrat  23 gr 27 gr 15 gr
Gula  12 gr (total), 3 gr (sukrosa), 7 gr (laktosa) 14 gr (total), 4 gr (sukrosa), 7 gr (laktosa) 11 gr (total), 6 gr (sukrosa), 5 gr (laktosa) 
Garam  75 mg 90 mg 45 mg
Serat pangan & Inulin 1 gr 1 gr 2 gr
Vitamin A, C, E & Zinc 30%, 30%, 15%, & 20% 30%, 30%, 20%, & 20% 20% (Vit. A & E)
Zat besi 10% 15% 15%
Kalsium 30% 30% 15%
Kolin 6% 6%

Informasi nutrisi, Morinaga Chil*Go! 1+ & 3+, Sumber : morinagachilgo

Kelebihan dan Kekurangan

Setelah membahas berbagai spesifikasi yang dimiliki susu Morinaga Chil*Go! , ada beberapa poin yang menjadi sebuah kelebihan dan kekurangan pada susu ini. Beberapa hal tersebut dapat Anda pertimbangkan dan sesuaikan dengan kebutuhan nutrisi si kecil.

Kelebihan susu Morinaga Chil*Go!

Susu Morinaga Chil*Go! memiliki beberapa keunggulan yaitu :

Dilengkapi dengan formula Optimune

Formula ini merupakan formula unggulan yang memiliki beberapa manfaat yaitu :

  • Mengandung Serat Pangan INULIN untuk meningkatkan kesehatan saluran pencernaan
  • Tinggi Vitamin D3, Vitamin A, C, E & Zinc untuk mendukung daya tahan tubuh optimal
  • Dilengkapi Minyak Ikan, DHA, Omega 3 & 6, Zat Besi serta kolin untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan otak
  • Tinggi kalsium untuk membantu pembentukan dan mempertahankan kepadatan tulang & gigi
  • Sumber 14 vitamin & 7 mineral untuk membantu memenuhi kebutuhan nutrisi selama masa pertumbuhannya

Rasa yang disukai anak

Rasa klasik vanila dan madu pada susu bubuk sangat disukai anak-anak sehingga mudah diterima oleh lidah anak. Sementara Morinaga ChilGo! Susu cair menawarkan variasi rasa cokelat, vanila, dan stroberi sehingga memudahkan orang tua dalam memenuhi asupan nutrisi anak dengan mudah dan lebih menyenangkan. 

Kemasan yang lebih praktis

Morinaga Chil*Go! hadir dalam kemasan siap minum yang praktis. Selain dapat diseduh di rumah, susu ini juga bisa menjadi pilihan tepat untuk bekal sekolah atau konsumsi saat bepergian.

Standar tinggi

Kualitasnya teruji di laboratorium Kalbe Nutritionals dan Morinaga Jepang sehingga memberikan rasa aman bagi orang tua untuk memberikan produk ini ke anak mereka.

Gula lebih rendah*

Pada artikel perbandingan susu Chil*Go! dengan salah satu merk susu pertumbuhan sejenis, kandungan gula totalnya lebih rendah. 

Kekurangan susu Morinaga Chil*Go!

Varian rasa susu bubuk terbatas

Pilihan rasa susu bubuk Morinaga Chil*Go! terbilang terbatas, yaitu hanya Vanila dan Madu. Ini bisa menjadi kurang menarik bagi anak-anak yang lebih menyukai rasa coklat atau varian rasa lainnya.

Rasa yang lebih bervariasi hanya ada pada produk susu siap minum

Morinaga Chil*Go! siap minum memiliki variasi rasa yang lebih banyak dibandingkan produk susu bubuknya. 

Belum ada kemasan kaleng

Kemasan dus. Saat ini, Morinaga Chil*Go! hanya tersedia dalam kemasan dus. Belum ada pilihan kemasan kaleng ataupun sachet untuk produk ini.

Tidak dilengkapi sendok takar

Kemasan Morinaga Chil*Go! yang berupa dus membuat produk ini tidak dilengkapi sendok takar. Hal ini bisa menjadi kurang praktis karena orang tua perlu menyediakan sendok takar sendiri dan wadah penyimpanan yang kedap udara untuk menjaga kualitasnya.

Kesimpulan

Kualitas nutrisi merupakan hal utama dalam memilih susu pertumbuhan anak. Morinaga Chil*Go! telah memenuhi standar tinggi dengan kandungan nutrisi lengkap dan teknologi Jepang. Sayangnya, variasi rasa dan kemasan yang terbatas mungkin belum mengakomodasi semua kebutuhan konsumen, terutama mereka yang memiliki anggaran terbatas. Konsultasikan dengan dokter anak untuk mendapatkan rekomendasi yang paling sesuai dengan kebutuhan si kecil.