Kenali Ciri Toxic People

Toxic people sering dilabeli kepada orang-orang yang dianggap memberikan pengaruh buruk terhadap pribadi maupun lingkungan. Sayangnya, tidak banyak yang tahu bagaimana mengenali orang yang memiliki potensi untuk menjadi toxic people. Yang pada akhirnya bisa membuat kita kehilangan cara berpikir dan bersikap yang baik. Kenali ciri-cirinya seperti berikut ini:

1. Suka Membicarakan Keburukan Orang Lain Tanpa Solusi

Sumber : Dianegottsman.com

Jika kita sedang mujur, semesta akan, menunjukkan kita tentang keburukan atau sisi tidak baik dari seseorang dengan caranya sendiri. Bisa jadi kita mengalami dikecewakan secara langsung atau bisa saja dari pembicaraan mulut ke mulut. Dari kenyataan itu, kita diharapkan mampu mengambil kesimpulan untuk tidak bersikap sama dengan orang tersebut.

Sayangnya, beberapa pembicara tentang keburukan orang lain justru hanya berlaku sebagai pembicara, bahkan bertindak sama dengan orang yang dijadikan bahan pembicaraan. Orang seperti ini jelas memiliki potensi menjadi toxic people yang jika tidak disikapi dengan bijak akan membawa pengaruh negatif terhadap kepribadian kita.

Jika pembicaraan sudah menjurus ke arah membicarakan orang lain, sebaiknya Anda menghindari segala pembicaraan tersebut. Karena hanya akan berujung pada gossip yang tidak terbukti kebenarannya. Apalagi jika Anda tahu dengan jelas sosok yang dibicarakan.

2. Suka Pamer

Sumber : Pixabay.com

Media sosial menurut sebagian orang adalah tempat untuk menunjukkan eksistensi diri. Pembaca dan penikmat informasi dari media sosial biasanya akan menggerutu sendiri dalam hatinya jika postingan yang dilihatnya sedikit menggelitik. Ternyata hal ini terjadi juga dalam kehidupan sehari-hari. Dimana terdapat orang-orang yang dengan sengaja menunjukkan secara berlebihan alias pamer terhadap apa yang baru dimiliki, gaya hidup atau status dan jabatan baru.

Pentingnya Mengenali Kemampuan Diri Sendiri

Orang-orang yang dengan keberuntungannya hanya digunakan sebagai sesuatu yang dipamerkan dan bukan untuk disyukuri, maka harus Anda coret dari predikat teman dekat. Karena mereka akan memengaruhi Anda secara perlahan untuk bersikap sama sepertinya. Selain itu sifat pamer tersebut juga akan membuat Anda terpancing untuk mengimbangi. Anda tidak akan tahan dengan pengulangan dan konsistensinya memamerkan di depan Anda, “Kan gaji kamu gede, masa beli ini aja gak bisa?”. Sebaiknya segera menjauh sebelum limit kartu kredit Anda habis terkuras.

3. Playing Victim

Selalu merasa sebagai sosok yang disakiti dan menjadi korban juga sikap yang tidak seharusnya ada dalam diri seseorang yang pas untuk dijadikan teman. Visi untuk maju dan terus mengasah potensi diri harus menjadi prinsip seseorang yang bisa Anda jadikan teman. Karena prinsip tersebut juga akan membawa Anda menjadi lebih baik lagi. Tangguh dalam menghadapi masalah yang ada dan bukannya menjadi lemah karena menganggap dirinya tidak mampu.

4. Suka Menyalahkan

Tidak semua keadaan bisa berpihak kepada kita. Ada kalanya keadaan diluar kemampuan dan batas yang pernah kita pikirkan. Memiliki teman yang suka menyalahkan keadaan atau bahkan orang lain, akan menghipnotis kita juga menjadi seseorang yang suka menyalahkan. Karena itu, jika mengetahui ada seorang dengan sikap ini sebaiknya segera hindari berinteraksi terlalu intens dengannya. Jika Anda justru menemukannya dalam diri teman Anda sendiri, segera nasihati dengan baik tanpa bermaksud menyinggung perasaannya. Agar kalian bisa bersama-sama melewati hari ke depan dengan baik.

5. Sering Berbohong

Agama manapun melarang kita untuk berbohong. Oleh karena itu jika sudah mendapati seseorang berbohong pada Anda atau Anda mengetahui bahwa dia berbohong segeralah menjaga jarak. Jika masih memungkinkan, ajaklah dia bicara dan beritahukan bahwa kebohongan tidak akan bertahan lama dan hanya akan berujung penyesalan. Sebelum dia melakukan kebohongan demi kebohongan lainnya yang bisa saja melibatkan dan merugikan Anda.

Ini Alasan Mengapa Anda Harus Menghargai Diri Sendiri

6. Remeh terhadap Karya Siapapun

Sumber : Pixabay.com

Setiap karya dan kreativitas mungkin tidak sepenuhnya layak mendapat apresiasi dari banyak orang, namun tidak satu orangpun berhak merendahkan karya tersebut. Jika Anda menemukan orang tersebut, segera tegur agar tidak banyak orang yang tersakiti hatinya oleh sikap itu. Anda harus berani mengambil sikap tersebut karena kelakukan merendahkan orang lain dan karyanya hanya akan membuat hubungan interaksi dalam lingkungan menjadi semakin tidak sehat.

7. Curiga terhadap Setiap Perubahan

Satu hal yang pasti adalah perubahan. Untuk orang-orang yang tidak bersedia menerima perubahan dan terlalu menikmati zona nyaman adalah orang-orang yang sebaiknya dijauhi. Karena seharusnya perubahan adalah hal yang bisa membuat kreativitas seseorang keluar dari dalam dirinya untuk menunjukkan kemampuan terbaik. Ketakutan dan curiga atas setiap perubahan sehingga membuat diri menjadi nyaman dalam keadaan yang sama terus menerus tidak akan membantu membawa Anda kepada kemajuan.

Bagaimana dengan Anda? Apakah Anda mengenal seseorang dengan 7 ciri diatas atau justru sedang menjalin pertemanan dengan salah satunya? Mari segera ambil sikap untuk menghadapi orang-orang dengan sikap demikian. Menjauhinya mungkin memang langkah yang baik, tapi menyadarkannya lebih baik lagi.