Kiat-kiat Agar Mesin Cuci Anda Awet dan Berumur Panjang

Ternyata banyak kebiasaan buruk yang tanpa kita sadari dapat menyebabkan mesin cuci menjadi cepat sekali menjadi rusak. Anda harus bolak-balik memanggil tukang service untuk memperbaiki mesin cuci anda yang pada akhirnya biaya service mesin cuci totalnya bisa mencapai harga mesin cuci baru.

Karena mesin cuci adalah salah satu sahabat yang sangat membantu ibu rumah tangga, bisa dibilang mesin cuci sudah menjadi perlengkapan elektronik yang wajib ada di setiap rumah. Apalagi jika anda harus menghadapi tumpukan baju kotor setiap harinya, waktu anda akan habis hanya untuk mengurusi pakaian kotor. Tapi dengan bantuan mesin cuci, maka mencuci pakaian kotor akan lebih efisien, cepat, dan sama bersihnya dengan kita mencuci dengan tangan.

Jadi, wajib juga untuk kita merawat dan menjaga agar mesin cuci tetap selalu dalam keadaan baik dan tahan lama, walaupun memang pada dasarnya setiap perlengkapan elektronik ada masa pensiunnya. Anda dapat memperpanjang masa pemakaiannya jika anda memakainya sesuai dengan petunjuk dari mesin cuci tersebut.

Tapi tenang saja semoga dengan informasi yang akan saya berikan ini, mesin cuci anda bisa lebih awet dan meminimalisir kerusakan, berikut kiatnya :

1. Memasukkan baju terlalu banyak

Hal ini berlaku untuk baik pencucian dan pengeringan, karena akan membuat motor penggerak untuk mencuci baju bekerja 2x lebih berat dari biasanya. Jika kapasitas mesin cuci anda adalah 7 kg, lebih baik anda mencuci baju di bawah kapasitasnya agar membantu meringankan beban mesin cuci.

Selain itu, dengan anda memasukkan terlalu banyak pakaian, pakaian anda tidak akan tercuci dengan sempurna, boros air, dan boros deterjen. Jika cucian anda memang banyak, untuk mengatasinya anda bisa mencuci dengan bertahap atau mencuci baju setiap hari untuk menghindari baju menjadi menumpuk.
Biasanya yang memiliki masalah baju kotor menumpuk setiap hari adalah ibu-ibu yang memiliki anak berkisar umur 0-5 tahun dan lebih dari satu.

Daripada anda harus mengganti mesin cuci anda, lebih baik anda mencari cara hemat agar masalah anda terselesaikan tanpa anda harus menambah pengeluaran.

2. Jarang membersihkan filter

Kiat Agar Mesin Cuci Berumur Panjang
Sumber : Sharp Indonesia

Kotoran yang menumpuk di filter air akan menyebabkan tabung jadi cepat sekali kotor dan dapat mengkontaminasi pakaian yang sedang anda cuci, apalagi jika anda sedang mencuci pakaian yang berwarna putih.

Lakukan pencucian filter Maksimal 2-3 hari sekali atau bisa juga 2 hari sekali jika air di rumah anda memang kualitas nya tidak bagus. Sikat filter dengan menggunakan sikat pakaian dan tambahkan detergen atau sabun pencuci baju jika kotoran di filter mesin cuci anda sudah terlanjur banyak.

3. Penempatan mesin cuci

Kiat Agar Mesin Cuci Berumur Panjang
sumber : pinterest.com

Sebelum anda membeli mesin cuci tentulah anda sudah memperkirakan akan meletakkan di mana mesin cuci itu, jika anda akan meletakkan mesin cuci di ruangan khusus pastikan ruangan tersebut memiliki aliran udara yang baik dan tidak tertutup agar suhu mesin cuci tetap stabil saat digunakan. Serta pastikan ruangan tersebut tidak lembab dan mesin cuci diletakkan di permukaan yang rata. Mesin cuci juga harus diberi ruang dengan dinding jangan sampai mesin cuci terlalu dirapatkan dengan dinding. Pastikan mesin cuci tidak terkena sinar matahari secara langsung sehingga lebih baik mesin cuci di letakkan di tempat yang teduh atau di dalam ruangan.

4. Membuka pintu mesin cuci saat bekerja

Hindari membuka pintu mesin cuci saat mesin cuci sedang di jalankan, lebih baik menunggu mesin cuci sampai waktu sudah benar-benar habis dan mesin cuci sudah tidak berputar lagi. Untuk mesin cuci dua tabung, hal ini berlaku untuk tabung pengering pakaian. Biarkan sampai tube pengering berhenti secara total baru anda buka pintunya untuk mengambil pakaian anda yang sudah setengah kering.

5. Memutar knop waktu ke kiri pada mesin cuci

Kiat Agar Mesin Cuci Berumur Panjang
Sumber : Koleksi Pribadi

Pernahkah anda memutar knop waktu ke arah kiri pada mesin cuci, hal ini sebenarnya tidaklah disarankan. Selalu disarankan untuk menunggu sampai waktu yang dipasang habis Walaupun sesekali boleh dilakukan tapi akan lebih baik jika anda menghindari melakukannya agar mesin cuci anda lebih awet.

6. Tidak menyemprotkan air ke mesin cuci

Kiat Agar Mesin Cuci Berumur Panjang
Sumber : Koleksi Pribadi

Jika anda tidak sengaja menyemprotkan atau menumpahkan air di panel mesin cuci cepat-cepatlah mengelapnya atau mengeringkannya dengan lap kanebo yang akan menyerap air lebih cepat dan lebih banyak, karena hal ini bisa menyebabkan konsleting pada mesin cuci.

Konsleting listrik yang biasanya terjadi adalah pada saat mesin cuci dalam keadaan kabelnya masih di stop kontak dan anda akan mengambil pakaian yang ada di tabung pencuci, anda akan merasa setruman, memang tidak menyakitkan tapi cukup merepotkan karena untuk menghindari tersetrum anda harus mencabut kabel mesin cuci dari stop kontak agar anda terhindar dari setruman.

7. Cabut kabel mesin cuci

Kiat Agar Mesin Cuci Berumur PAnjang
Sumber : anandaleeke.com

Jika anda sudah selesai menggunakan mesin cuci akan jauh lebih baik anda mencabut kabel mesin cuci dari stop kontak agar aliran listrik tidak terus menerus mengalir ke mesin cuci sehingga tidak akan terjadi konsleting jika suatu saat mesin cuci terkena air. Dengan mencabut kabel dari stop kontak juga akan menghemat pemakaian listrik anda.

8. Bersihkan

Kiat Agar Mesin Cuci Berumur PAnjang
Sumber : Google Image

Setiap kali selesai mencuci baju, bersihkan bagian dalam dari mesin cuci dari sisa-sisa kotoran dan detergen dengan menggunakan kain lap yang lembut atau campurkan detergen dan klorin lalu nyalakan mesin cuci selama yang anda inginkan.

Jika ada dana lebih, belilah cover penutup body mesin cuci yang berbahan polyester anti air dan dapat melindungi mesin cuci dari sinar matahari, agar mesin cuci terlihat bersih baik di dalam dan di luar. Jika anda mempunyai keahlian dalam menjahit mungkin akan lebih memberikan sentuhan pribadi dengan membuat cover mesin cuci buatan sendiri.

9. Tidak menambah waktu di mesin cuci saat mesin cuci sedang bekerja

Kiat Agar Mesin Cuci Berumur PAnjang
Sumber : Google Image

Ini menyebabkan arus listrik pada knob di mesin cuci ke saklar timer tidak menentu dan tidak lama lagi anda terpaksa harus akan mengganti timer. Putarlah knob dengan gerakan yang lambat dan hanya dilakukan saat mesin cuci dalam keadaan tidak berkerja atau mati.

10. Cek kantong-kantong baju dan celana

Kiat Agar Mesin Cuci Berumur Panjang
Sumber : SummitParts.com

Selalu cek kantong di setiap pakaian dan celana yang akan anda cuci, karena barang-barang kecil seperti koin dan benda-benda kecil lainnya dapat tersangkut di sela-sela pemutar untuk mencuci pakaian dan bisa menyebabkan motor pemutar di tabung pencuci baju menjadi macet atau bahkan berhenti berputar karena ada benda yang menyangkut. Tissue yang tidak sengaja ikut tercuci juga akan mencemari baju yang lain karena menyebabkan potongan-potongan kecil tissue menempel pada baju saat dikeringkan dan menyebabkan susah untuk dibersihkan. Potongan tissue ini akan menyebar di hampir semua baju dan celana yang anda cuci bersamaan dengan tissue. Akan sangat jelas terlihat pada pakaian berwarna hitam.

Mesin cuci akan lebih lama pemakaian jika anda mengikuti petunjuk pemakaian dan mematuhinya, serta secara rutin membersihkannya. Belilah mesin cuci sesuai dengan kebutuhan dan anda bisa cek harga promo mesin cuci termurah di hemat.id, yang akan menawarkan banyak sekali pilihan mesin cuci dari berbagai jenis, merek dan juga dari berbagai supermarket dan hypermart. Agar anda bisa memilih jenis mesin cuci yang sesuai dan dimana anda akan membelinya dari rumah.

Silahkan berikan komentar anda seputar bagaimana anda merawat mesin cuci anda di rumah di kolom komentar di bawah.

Semoga bermanfaat dan terima kasih.

Sumber :

1. https://webcache.googleusercontent.com/search?q=cache:SpiiepFPyukJ:https://www.rinso.com/id/mencuci/tips-mencuci/mesin-cuci/tips-trik-agar-mesin-cuci-awet.html+&cd=2&hl=id&ct=clnk&gl=id

2. http://www.wikihow.com/Make-Your-Washer-Last-Longer

3. https://kreditgogo.com/artikel/Keuangan-dan-Anda/Benda-di-Rumah-yang-Bisa-Membuat-Boros-Tagihan-Listrik.html