Meja Makan Untuk Ruang Makan Minimalis

Seberapa minimalis rumah anda? Memasuki era digital sekarang ini, segala hal yang compact dan multifungsi sepertinya sedang menjadi tren ya sahabat hemat. Pasangan baru menikah dewasa ini mulai banyak yang memilih apartemen atau rumah minimalis tapi dengan fungsi maksimalis. Selain dengan alasan keterbatasan dan atau lahan, alasan lain adalah agar mudah maintenance-nya alias nggak cape “beberes” rumah. Sebagai seorang ibu rumah tangga, saya akui membereskan rumah itu sangat melelahkan apalagi saat memiliki toddler. Membersihkan semua sisi rumah dari depan ke belakang itu butuh waktu dan tenaga, apalagi jika anda seorang working mom at home. Oleh karena itu rumah saya yang luasnya nggak sampai 100 meter persegi dengan satu anak ini sudah lebih dari cukup.

Salah satu cara mensiasati rumah minimalis adalah memiliki perabotan yang minimalis dan multifungsi. Salah satu perabotan yang harus diperhatikan pemilihannya adalah meja makan. Meja makan sebenarnya termasuk salah satu perabotan yang essensial menurut saya. Di area makan itu keluarga berkumpul bersama, makan bersama, memiliki quality time, dan tempat mengajarkan anak tata cara makan yang baik dan benar. Dengan adanya meja makanm, Ibu juga akan mudah menghidangkan makanan yang sudah dibuat untuk diambil oleh anggota keluarga lainnya.

Area Ruang Makan Minimalis

Untuk saya pribadi, sebenarnya area ruang makan bisa dimana saja. Bisa di dapur, di area ruang makan khusus atau di ruang keluarga. Karena memang tidak ada patokan atau aturan baku untuk area makan, selain kamar tidur dan kamar mandi ya. Hehe.

Baca juga : Ide Design Dapur Minimalis Dan Dekorasinya

Konsepnya makan dengan benar, duduk dengan baik agar makanan dicerna dengan baik dan berkumpul bersama yang akan membuat acara makan lebih nikmat. Bahkan untuk konsep yang tradisional, biasanya orang Indonesia menggelar acara makan beralaskan tikar di lantai, duduk bersama menikmati hidangan yang disajikan. 

Anda bisa menempatkan meja makan tepat disebelah area keluarga. Bisa menempatkanya di sudut rumah yang belum difungsikan optimal. Anda juga bisa menempatkan meja makan di area dapur atau area makan di area teras belakang rumah sehingga bisa menikmati pemandangan halaman dan udara segar.

Hal Yang Harus Diperhatikan Saat Memilih Meja Makan untuk Ruang Makan Minimalis

Ada beberapa hal yang perlu anda pertimbangkan sebelum membeli meja makan untuk ruang makan minimalis anda. Pertimbangan ini mencakup jenis material. bentuk meja makan, fungsi dan sebagainya. Saya mencoba merangkumnya dengan berbagai pilihan rekomendasi meja makan yang siapa tahu pas dengan style dan budget anda. Silakan disimak ya sahabat hemat.

1. Material Meja Makan

PIlih meja makan dengan jenis material yang awet agar anda bisa menggunakannya dalam waktu yang lama. Material seperti besi, kaca, atau kayu jati bisa dijadikan opsi saat memilih meja makan. Pengalaman di rumah ibu saya yang menggunakan meja makan dari bahan kayu (bukan kayu jati), setelah beberapa tahun meja makan tersebut dihinggapi rayap sehingga perlahan mulai lapuk dan rusak. Selain itu jika kondisi dapur anda lembab, meja makan bisa beresiko jamuran karena jamur sangat mudah tumbuh pada material kayu.

2. Pilih Meja Makan Bentuk Persegi 

Tips untuk rumah minimalis adalah hindari meja bundar. Meja bundar memang aman untuk si kecil yang berlalu lalang, namun sangat memakan tempat karena tidak praktis. Ruangan akan terlihat sempit dengan meja makan bundar. PIlihlah meja makan berbentuk persegi atau persegi panjang yang sesuai dengan ukuran ruangan tempat meja tersebut diletakkan. Anda bisa mengakali meja makan agar aman dengan menempatkan pengaman sudut di setiap sisi meja makan atau memelih meja makan persegi dengan sudut yang didesain melengkung. Meja makan persegi juga bisa anda rapatkan ke dinding jika anda tidak berencana meletakkannya di tengah ruangan. 

Court graph dining set meja makan minimalis modern
Klik untuk melihat detail produk

Salah satu contoh meja makan dengan desain persegi compact dengan pinggiran bundar dan ukuran yang tidak terlalu besar bisa anda dapatkan dari Courts Graph Dining Set Meja Makan dengan warna grey yang sangat manis. Meja makan ini hadir dengan warna netral dan sangat mudah dipadu dengan berbagai warna tembok maupun dekorasi ruangan. Desainnya simple, futuristic, dengan kursi yang bisa dirapatkan dengan baik dan pas dengan mejanya sehingga sangat masuk dengan konsep rumah minimalis. One of my wishlist.

Beli Courts Graph Dining Set di Courts BTM

Beli Courts Graph Dining Set di Courts Bintaro

Beli Courts Graph Dining Set di Courts Ciledug

Beli Courts Graph Dining Set di Courts Megastore KHI

Beli Courts Graph Dining Set di Courts MBH

3. Memilih Kursi Untuk Meja Makan

Memilih kursi untuk meja makan juga merupakan hal yang perlu dipertimbangkan. Saya termasuk orang yang tidak membeli meja makan dalam satu set. Saya membeli meja yang saya inginkan dan membeli kursi terpisah sesuai dengan yang saya inginkan. Salah satu pilihan kursi yang multifungsi menurut saya adalah meja makan dengan kursi panjang. Meja makan dengan kursi panjang bisa menampung 2 sampai 3 orang saat duduk sehingga lebih berfungsi optimal. Kursi panjang ini juga bisa anda gunakan sebagai meja pajangan jika suatu saat anda berencana membeli kursi lain. Atau anda bisa membeli kursi yang bisa digunakan untuk kursi meja belajar atau kursi tamu tambahan saat dibutuhkan.

Vella Dining set 1+2 Steel Tube - Light Wood Black meja makan minimalis
Klik untuk melihat detail produk

Salah satu contoh meja makan dengan kursi panjang adalah Vella Dining set 1+2 Steel Tube – Light Wood Black yang terbuat dari material besi untuk kaki yang solid dan kayu 15 mm MDF [Medium Density Fiberboard] yang dilapis PVC paper untuk membuat kesan hangat. Atau untuk meja makan dengan kursi yang multifungsi, ada pilihan Adrian Set Meja Makan dengan kursi yang bisa digunakan untuk fungsi lainnya. Empat kursi makannya bisa anda gunakan di teras rumah untuk menerima tamu, bisa anda gunakan dengan meja belajar atau meja kerja anda. 

4. Pilihan Meja Makan Dengan Material Kaca

Material kaca termasuk material yang awet karena jika terkena tumpahan bahan makanan atau minuman, sangat mudah dibersihkan dan tidak akan meninggalkan noda atau merusak meja makan. Selain itu material ini termasuk awet dan tidak mudah jamuran. Meja makan dengan bahan kaca akan membuat tampilan dapur minimalis anda lebih terlihat luas dan mewah. Saya merekomendasikan Courts Stronje Dining Set dengan desain minimalis yang elegan. Mengkombinasikan warna grey dengan warna kayu oak, meja ini dibuat dengan pinggiran melengkung sehingga aman dari sudut yang runcing. Anda bisa meletakkan cover meja makan berbentuk persegi panjang dengan ujung menjuntai untuk mempercantik tampilan minimalisnya. Meja makan ini cukup untuk keluarga dengan jumlah 3 sampai 4 orang.

Courts Stronje Dining Set meja makan minimalis modern
Klik untuk melihat detail produk

5. Meja Makan Kecil

Anda memiliki jumlah anggota keluarga minimalis? Cuma berdua dengan pasangan atau bertiga seperti keluarga kecil saya? Meja makan kecil berbentuk persegi sudah sangat cukup untuk melengkapi rumah minimalis anda. Meja makan berbentuk persegi kecil ini bisa anda pilih adalah ESSIEN Set Meja Makan yang super simple. Dining set dengan dua kursi ini juga bisa anda gunakan untuk fungsi lain seperti mejanya sebagai coffee table atau kursinya sebagai rak pajangan bunga kesayangan anda di teras. Anda cukup menyediakan sedikit space di ruangan anda dan voila, anda sudah memiliki seperangkat dining set yang simple dan multifungsi.

6. Menggunakan Kitchen Counter

menggunakan kitchen counter sebagai meja makan minimalis
sumber : pexel.com

Anda sudah memiliki meja di tengah ruang dapur yang biasa digunakan untuk preparasi atau memasak di dapur? Maja ini biasa disebut kitchen counter. Meja ini bisa anda fungsikan sebagai meja makan setelah anda selesai menyiapkan makanan untuk keluarga. Anda hanya perlu menyediakan kursi yang pas dengan model dan ketinggian meja tersebut. Kalau bisa pilih kursi yang bisa ditumpuk atau dilipat sehingga setelah acara makan selesai anda bisa menyimpan rapi kursi tersebut jadi ruang dapur akan terlihat rapi. Ide menggunakan kitchen counter ini adalah salah satu cara memanfaatkan satu barang menjadi banyak fungsi. Karena model kitchen counter sekarang sudah sangat banyak dan bagus-bagus. Alih-alih memiliki dua meja di dapur, kenapa tidak memanfaatkan satu meja saja untuk banyak fungsi. Kitchen counter biasanya berbentuk persegi panjang dengan bahan marmer, kayu dan sebagainya. Ukurannya yang luas bisa membuat anda leluasa menghidangkan makanan dan makan bersama dengan banyak anggota keluarga. 

7. Meja Lipat

Versi saya, meja lipat adalah meja dengan sejuta fungsi. Karena ya memang bisa digunakan untuk apa saja. Bisa untuk acara dadakan menerima tamu. Bisa untuk meletakkan perabotan atau barang kesayangan atau untuk acara bazaar yang harus berpindah tempat. Dengan meja lipat, dapur minimalis anda akan terasa lega karena meja hanya dipakai saat mau makan saja, selebihnya dilipat sehingga tidak memenuhi area rumah. Anda tetap bisa memiliki meja makan yang proper tapi tidak membutuhkan ruangan ekstra malah bisa menggelar acara makan dimana saja. Salah satu rekomendasi meja lipat versi hemat.id adalah Meja Lipat Domo dengan ukuran 120X 80 X Tinggi 75 cm. Meja ini bisa menampung 2 sampai empat anggota keluarga. Dengan fitur knockdown membuatnya sangat mudah dirakit. Kaki meja lipat ini tidak menggunakan paku tembak tapi disekrup sehingga lebih kuat. Bagian sudut meja juga dibentuk tidak tajam sehingga aman bagi anak-anak. 

Meja lipat domo untuk meja makan minimalis
Klik untuk melihat detail produk

Di banyak drama Korea yang saya tonton, mereka menggunakan meja kecil berbentuk persegi yang diletakkan diatas tikar dan duduk dilantai untuk makan bersama. Meja seperti ini pun cocok untuk ruang makan minimalis karena tidak membutuhkan area khusus dan meja bisa disimpan seperti meja lipat. Saya berencana mencari meja persegi seperti itu tapi dengan kaki-kaki yang bisa dilipat sehingga jika saya ingin makan bersama keluarga di lantai, saya bisa mengeluarkan meja lipat tersebut dan menyimpannya dengan mudah.

8. Warna meja makan

Poin terakhir yang perlu anda pertimbangkan sebelum memilih meja makan untuk ruang makan minimalis adalah warna. Tentu saja warna netral seperti warna hitam, putih, cokelat atau abu-abu adalah pilihan terbaik untuk konsep meja makan minimalis. Tapi saya akan tetap menekankan pemilihan warna putih sebagai warna dominan untuk perobatan apapun yang mengusung konsep minimalis. Karena meja makan dengan warna putih akan membuat tampilan ruangan tidak sempit dan juga tetap cantik dihias dengan printilan makan dan hidangan yang disajikan.

Baca juga : Pilihan Desain dan Dekorasi Meja Makan yang Patut Dicoba

Bagaimana sahabat hemat? Sudah menemukan meja makan seperti apa yang cocok untuk ruang makan minimalis anda? Semoga artikel ini bisa membantu anda menemukan meja makan minimalis yang cocok ya. Untuk promo meja makan dan kebutuhan rumah tangga lainnya ada bisa mengecek infonya di hemat.id atau aplikasi kliptalog ya sahabat hemat. Salam sehat, belanja hemat!