Ide Design Dapur Minimalis Dan Dekorasinya

Kita masih membicarakan seputar dapur nih, setelah saya sempat membahas tentang peralatan masak di artikel ini

hal yang perlu diperhatikan sebelum membeli peralatan memasak.

Kali ini saya akan membahas soal cara mendesain dapur minimalis dan sederhana. Dapur adalah ruang utama di rumah yang setiap harinya didatangi, terutama oleh seorang ibu seperti saya. Jadi sebelum membuat sebuah dapur ada baiknya untuk mengikutsertakan istri dalam perancangan dapur, karena istri yang akan menggunakannya secara aktif. Jadi mendesain dapur tidak bisa asal dapurnya terlihat estetik atau hanya berdasarkan intuisi tapi disesuaikan dengan kebutuhan utama pemakainya.

Tata letak atau layout dapur yang baik

Ketahui posisi dapur Anda di layout rumah, hal ini dilakukan untuk mengetahui ukuran dan juga bentuk dari area dapur sehingga mempermudah kita untuk mengatur perabotan dapur dan juga penataannya. Jika Anda memiliki layout dapur memanjang dan ada pintu belakang maka pergunakan salah satu dinding sebagai area untuk meletakkan kitchen set agar anda tetap merasa leluasa untuk berlalu lalang.

Jika anda tidak menggunakan kitchen set maka pilihan anda akan lebih banyak. Anda bisa bereksplorasi dengan rak-rak gantung atau hijang wire grid wall, anda hanya tinggal menambahkan pengait berbentuk hook untuk menggantung perkakas masak, sutil, atau tempat sendok. Jika memungkinkan gunakan warna keramik lantai yang berbeda dengan ruangan yang lain untuk mempertegas pemisahan antar masing-masing ruangan.

Penataan perabotan dapur

Jika memiliki ukuran dapur yang kecil ada baiknya tidak meletakkan perabotan besar di dapur, seperti lemari es, dispenser air, dispenser beras dan juga oven jika ukurannya terlalu besar. Akan lebih baik perabotan besar seperti ini diletakkan di ruang makan atau di ruang yang masih berdekatan dengan area dapur dan ruang makan, karena pada dasarnya perabotan ini adalah perabotan dapur yang pasti akan sering digunakan.

Tempat sampah injak dengan kapasitas 5 liter
Klik pada gambar untuk detail Trash Bin

Jangan lupa untuk menambahkan tempat sampah berdekatan dengan area sink dan area preparasi masakan untuk mempermudah kita. Anda bisa memilih tempat sampah Hometrend ini, dengan kapasitas 5 liter, bentuknya yang bulat, dengan bahan material dari stainless steel yang sangat mudah untuk dibersihkan jadi cocok sekali untuk diletakkan di dapur Anda. Karena menggunakan sistem injak agar tangan Anda tidak harus menyentuh tempat sampah saat sedang mempersiapkan makanan dan memiliki penutup agar tidak menyebarkan bau dan tidak mengundang lalat.

Konsep dapur yang bisa anda pilih dan aplikasikan di rumah

Nah, hal lain yang tidak kalah pentingnya adalah menentukan konsep dari dapur, seperti :

a. Konsep dapur terbuka

Konsep dapur terbuka menurut saya agak sedikit tricky, karena model dapur seperti ini memerlukan perawatan yang lebih rutin dan peletakan perabotan yang tepat agar tidak merusak perabotan yang ada karena lingkungan sekitar dan faktor cuaca.

Ruangan bisa menjadi lebih dingin saat sedang musim hujan dan menjadi panas di musim kemarau jadi anda harus sudah benar-benar mengantisipasi kondisi ini, mungkin bisa menambahkan tirai yang dapat diatur naik-turun sesuai kebutuhan.

Saran saya jangan meletakkan perabotan dan perlengkapan dapur anda terkena sinar matahari secara langsung dan tidak meletakkan bahan makanan di area terbuka agar tidak mengundang serangga atau binatang lain untuk datang.

b. Konsep dapur multifungsi

Konsep ini contohnya menggabungkan ruang dapur dengan ruang cuci pakaian atau ruang dapur dengan ruang meja makan. Untuk model ruangan memanjang, meja makan dengan model ramping seperti Shade Meja Makan Set yang dilengkapi dengan enam buah kursi dan satu buah meja makan sangat cocok digunakan agar tampilan ruangan tidak sempit dibandingkan dengan meja makan berbentuk lingkaran.

Hadir dengan warna netral membuat meja makan set ini mudah sekali dipadukan dengan berbagai warna tembok maupun dekorasi ruangan. Ukuran meja 140 x 80 x 75 cm dan kursi 50 x 42 x 100 cm. Dilengkapi juga dengan tempered glass top yang transparan dengan ketebalan 8 mm, desain meja makan ini akan melengkapi kehangatan keluarga saat akan menyantap masakan yang anda masak dengan penuh cinta. Hal ini bisa dilakukan jika anda memiliki area yang cukup luas atau anda bisa menggabungkan dua ruangan menjadi dua ruangan terbuka dan berikan warna cat dinding atau keramik yang sama agar lebih terlihat menyatu.

Dining set minimalis dari kayu dan kaca yang elegan
Klik pada gambar untuk detail Shade Dining Set

Beli SHADE DINING SET di Courts BTM

Beli SHADE DINING SET di Courts Bintaro

Beli SHADE DINING SET di Courts Ciledug

Beli SHADE DINING SET di Courts Megastore KHI

Beli SHADE DINING SET di Courts MBH

c. Konsep dapur minimalis modern

Tips mendesain konsep dapur minimalis modern adalah sebagi berikut :

  1. Jangan meletakkan terlalu banyak perabotan di meja counter dan tambahkan beberapa dekorasi dapur yang benar-benar diperlukan saja sehingga dapur terlihat bersih dan minimalis.
  2. Ambil satu sampai dua warna saja untuk tema dapur. Biasanya warna putih, hitam-putih, abu-putih, dan warna-warna netral lainnya. Namun Anda juga dapat memilih warna lain yang lebih Anda suka seperti warna kayu, kuning atau merah jika ingin terlihat lebih berani dan cerah.

Banyak melihat referensi desain lokal maupun dari luar negeri untuk mendapatkan bayangan desain dapur yang sesuai selera dan layout rumah anda. Anda bisa melihat katalog furnitur, mencari di pinterest, atau langsung observasi di google.

Sumber : Pixabay

Perhitungkan budget dan tinggi badan sebelum memilih furnitur dapur

Banyak sekali toko furnitur seperti Courts, IKEA atau Informa yang menjual kabinet dapur, meja dapur, dan lain-lain dengan banyak model, warna dan harga. Tapi tidak semua furnitur ini bisa memenuhi kebutuhan Anda akan dapur yang sempurna. Kendala bisa juga datang dari budget yang terbatas karena sudah kita ketahui secara umum harga furnitur dari tempat-tempat tersebut cukup tinggi.

Pada dasarnya furnitur dapur komersial adalah furnitur yang bentuk dan ukuran yang umum dan jika Anda memiliki layout dapur yang tidak biasa maka furnitur di toko-toko komersial akan sedikit sulit untuk diaplikasikan pada layout dapur anda. Apalagi jika Anda adalah orang yang suka menciptakan konsep dapur unik yang berbeda dari biasanya.

Perhatikan juga tinggi meja dapur agar sesuai dengan postur tubuh tinggi rata-rata anggota keluarga Anda, agar semua anggota keluarga nyaman saat akan menggunakan dapur tersebut. Jangan membuat kabinet terlalu tinggi atau terlalu rendah agar mudah untuk diakses dan tidak mengganggu aktivitas anda saat sedang memasak.

Pilihan lain Anda bisa memesan furnitur dapur dengan sistem custom made, yang mana anda bebas menentukan desain, material, ukuran, dan warna, bahkan hampir semua desain interior siap membantu Anda dalam menghitung budget yang anda butuhkan untuk merancang dapur.

Berikan sentuhan kreasi handmade anda sendiri

Berkreasi sendiri pada dapur Anda untuk memberikan sentuhan personal. Anda bisa membuat sendiri berbagai macam aksesoris dapur yang Anda bisa pamerkan ke keluarga atau teman yang sedang berkunjung.

Anda bisa membuat tempat sutil dari kaleng bekas biskuit, Anda bisa mengecatnya dengan warna senada dengan konsep dapur atau membuat sendiri tempat kantong plastik yang terbuat dari kardus bekas. Selain menyenangkan Anda juga telah berkontribusi dalam mendaur ulang sampah.

Manfaatkan barang yang sudah ada

Jangan sia-siakan ruang kosong diatas kabinet gantung di dapur Anda, Anda bisa meletakkan panci-panci berukuran besar yang hanya digunakan jika Anda akan mengadakan acara besar, tata dengan rapi, seimbang dan perhitungkan berat maksimal yang disarankan oleh kontraktor Anda agar kabinet tetap tahan lama.

Gunakan sudut dapur untuk menggantung rak sudut yang berguna untuk Anda meletakkan bumbu dapur atau perlengkapan dapur lainnya, cukup satu atau dua rak gantung saja agar dapur tidak terkesan sesak.

Sumber : Pinterest

Perhatikan pilihan warna untuk menampilkan kesan dapur minimalis

Anda bisa bermain dengan warna di dapur untuk membuat dapur jadi terlihat lebih luas, gunakan warna natural di dinding, kitchen set dan perabotan dapur untuk mengubah titik fokus orang agar tidak memperhatikan ukuran dari dapur Anda.

Tapi tidak ada salahnya jika Anda ingin menggunakan warna-warna cerah seperti kuning, hijau, biru, atau pink. Anda hanya tinggal tone down warna-warna ini dengan menggunakan perabotan dengan warna yang lebih natural, atau dengan corak minimalis dan memiliki warna yang cantik, seperti kompor turbo GS 2077/3.

Dengan pilihan warna coklat, biru dan lilac, kompor dua tungku ini memiliki dimensi (P x L x T) : 700 x 380 x 145 mm, dengan beban maksimal setiap tungku adalah 20 kg. Material body galvanis memberikan ketahanan lebih untuk umur kompor, dengan api lebih besar di kelasnya jadi masakan lebih cepat matang.

Sembunyikan perabotan dapur yang jarang digunakan

Sembuyikan perabotan dapur yang jarang anda gunakan di dalam lemari atau kabinet agar barang-barang tersebut tidak memenuhi meja counter di dapur Anda, tambahkan rak sisipan yang bisa digunakan untuk memberikan extra rak di dalam kabinet Anda agar bisa memuat banyak barang tapi tetap rapi.

Anda bisa menyimpan perintilan-perintilan kecil seperti perlengkapan baking di satu container seperti Lion Star Wagon Container yang memiliki penutup agar saat disimpan perlengkapan baking tetap bersih, mudah untuk dicari saat dibutuhkan dan dapat ditumpuk untuk menghemat tempat. Wagon container ini juga memiliki beberapa varian yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

Untuk tambahan dekorasi lainnya, anda bisa meletakkan keset seperti Flower Gound Mat ukuran 50 x 80 cm pada posisi anda mencuci piring atau tempat anda memasak, karena kita akan berada di posisi berdiri dalam waktu yang cukup lama jadi dengan adanya keset kaki kita akan terlindungi dari dinginnya lantai dan memberi bantalan yang empuk sehingga telapak kaki tidak sakit.

Anda bebas menata dapur Anda sesuka hati Anda, tapi dengan mengetahui tips dan trik nya akan mempermudah Anda dalam memaksimalkan dapur minimalis Anda. Bagaimana Anda menata dapur Anda dirumah? Apakah ada bagian dari dapur Anda yang ingin Anda ubah? Bagikan cerita Anda mengenai dapur Anda dikolom komentar di bawah ini.

Konsisten dalam membuat dapur selalu terlihat bersih dan rapi adalah salah satu cara untuk membuat dapur tetap terlihat menarik tanpa harus memiliki kitchen set. Perintilan-perintilan dapur seperti set perkakas masak, talenan, rak bumbu, pisau set, alat makan set atau sutil berbahan silikon dengan warna-warna cantik dan bentuk unik bisa juga meningkatkan mood dan mempercantik dapur Anda. Anda bisa menemukannya dengan harga promo di Hemat.id atau aplikasi kliptalog.