Mengoptimalkan Ponsel Untuk Kegiatan Ramadhan dan Lebaran

Ponsel atau handphone saat ini tidak hanya menjadi sarana mempermudah komunikasi, namun juga menjadi bagian dari gaya hidup dan banyak sekali aplikasi di dalamnya yang dapat mempermudah kehidupan kita sehari-hari. Selama bulan suci Ramadhan dan Lebaran nantinya, ada banyak sekali aplikasi yang dapat kita gunakan.
Selain berpuasa sebagai amalan utama kita di bulan Ramadhan, bulan ini juga dipenuhi banyaknya keberkahan amalan-amalan lainnya. Keberkahan amalan inilah yang seharusnya kita manfaatkan dengan sebaik-baiknya agar pundi-pundi amal yang kita dapatkan semakin memperkuat keimanan dan ketakwaan kita kepada Allah Taala. Selain itu, pada momen Lebaran dan mudik, aplikasi dalam telepon pintar juga bisa mempermudah kebutuhan kita. Nah, ponsel yang selalu dalam genggaman kita bisa dimanfaatkan semaksimal mungkin untuk meningkatkan ibadah kita selama Ramadhan dan Lebaran, yuk kita simak apa aja itu :

1. Pengingat jadwal imsak, subuh hingga berbuka

Jika anda suka lupa jam berapa subuh dan imsak, aplikasi di handphone anda bisa mengingatkan. Aplikasi handphone android yang dapat membantu kita untuk dapat mendapatkan pahala yang banyak di bulan puasa Ramadhan kali ini adalah jadwal imsak indonesia. Dengan aplikasi dari handphone android ini, anda dapat terbantu untuk mengetahui jadwal imsak sebagai tanda dimulainya waktu berpuasa di bulan Ramadhan ini. Salah satu aplikasi yang memberikan informasi imsak dan subuh yaitu aplikasi Muslim Pro.

Pada aplikasi ini anda tidak hanya dapat mengakses info imsak dan subuh, tapi juga akan diingatkan 5 waktu sholat, bisa membaca Al – Quran secara online, dan jika sedang bepergian dan bingung menentukan arah kiblat, aplikasi ini bisa membantu menentukannya. Aplikasi ini juga memberikan layanan berbagai bahasa, sehingga bisa digunakan oleh siapapun.

2. Update promo voucher diskon dari Toko Online

Banyak dari kita mungkin menganggap dengan berpuasa, kita bisa sedikit menghemat pengeluaran untuk biaya makan. Ternyata, banyak yang bukannya hemat malah boros karena banyaknya undangan makan buka bersama. Belum lagi belanja pakaian untuk Lebaran dan kebutuhan lainnya. Nah, ada beberapa aplikasi dalam handphone anda yang bisa memberikan informasi tentang promo makan murah hingga diskon baju besar – besaran.
Kabar gembiranya, kita bisa update voucher belanja online dari toko online ternama seperti Lazada, Blibli, Matahari Mall, dan lainnya hanya dengan mengecek website hemat.id

3. Mencari tiket mudik Lebaran

Lebaran selalu identik dengan momen ber-mudik-ria. Indonesia memang belum merata lowongan pekerjaannya sehingga masih banyak masyarakatnya yang pindah ke kota besar untuk mendapatkan lapangan pekerjaan. Libur lebaran merupakan libur nasional yang serentak diberlakukan di semua kantor. Sehingga pada saat libur Lebaran ini menjadi momen untuk pulang ke kampung halaman bagi perantau.
Membludaknya pemudik, membuat tiket menjadi susah didapatkan. Nah, aplikasi di handphone ternyata memberikan kemudahan untuk kita mendapatkan tiket mudik. Bahkan, kita bisa terus update kursi yang kosong pada tanggal kita hendak pulang. Dan jika kita beruntung, kita bisa mendapatkan kursi kosong pada tanggal yang high season karena ada penumpang yang membatalkan tiketnya. Sangat membantu kan?
Salah satu contoh aplikasi layanan tiket online yang mudah dan memberikan informasi tiket kereta dan pesawat yaitu aplikasi Traveloka. Aplikasi ini tentunya dapat dimiliki secara gratis melalui layanan Google Play Store. Tidak hanya menyediakan pemesanan tiket lokal, aplikasi ini juga menyediakan pemesanan tiket ke beberapa kawasan Asia dan juga Australia. Menariknya lagi, aplikasi ini menyediakan fitur pencarian tarif promo pada beberapa maskapai penerbangan seperti AirAsia, Lion Air, Sriwijaya Air, Citylink dan masih banyak lagi. Aplikasi ini menyediakan lebih dari 5000 rute penerbangan baik domestik maupun internasional.
Bagi anda yang ingin mudik menggunakan kapal laut, anda bisa pesan online tiket dengan mengakses www.pelni.co.id. Website tersebut adalah website resmi milik PT. Pelni. Anda bisa memesan tiket mudik di website tersebut dengan memasukkan tanggal keberangkatan serta kota tujuan.

4. Mencari referensi resep masakan untuk berbuka dan sahur

Buat para ibu rumah tangga dapat memanfaatkan momen Ramadhan ini sebagai sarana mengangkrabkan keluarga anda dengan membuat makan buka bersama di rumah. Aplikasi yang menyediakan beraneka ragam resep masakan yang dijamin membuat ibu-ibu tidak akan kehabisan ide. Salah satu aplikasinya yaitu Cookpad.
Cookpad adalah aplikasi tidak hanya untuk mencari resep, tapi juga untuk menulis, menyimpan dan berbagi resep berbuka atau sahur buatan anda. Berbagi ide dan inspirasi masakan di bulan penuh berkah jadikan Ramadhan makin indah. Cookpad Resep Masakan menampilkan berbagai resep masakan khas Indonesia dari seluruh penjuru daerah yang dibuat oleh penduduk lokal. Selain itu anda juga bisa menemukan ribuan resep masakan sehari-hari seperti resep ayam, resep daging, resep sayuran, resep tahu tempe, resep sop, maupun resep untuk takjil, sahur, berbuka dan Lebaran seperti resep kue kering, resep kue basah, resep kue bolu, dan berbagai macam variasi resep kue yang mudah dibuat, praktis dan sederhana.

5. Memesan makanan untuk berbuka dan puasa lewat ojek online

Cuaca akhir – akhir ini memang kadang tidak terduga. Beberapa kota di Indonesia sudah mulai sering hujan. Nah, jika anda tidak memasak dan ingin makan keluar tapi hujan, sekarang ini ada aplikasi yang bisa memesan makanan secara online. Anda tidak perlu hujan – hujanan, makanan akan diantarkan oleh mas Ojek. Anda juga bisa memperkirakan berapa harga makanan, sehingga nggak ada lagi kaget saat dikasir. Aplikasi yang menyediakan pemesanan makanan online ini adalah Go-Food.
Pengguna yang akan memesan makanan melalui Go-Food ini sangatlah mudah. Hal ini dikarenakan fitur Go-Food sudah ada dalam aplikasi Go-Jek. Jadi pengguna tidak perlu menelpon layaknya layanan delivery. Cara memesannya adalah dengan mengklik fitur Go-Food pada aplikasi Go-Jek.
Nantinya akan muncul berbagai macam restoran dan rumah makan yang terlacak sesuai dengan lokasi disekitar pengguna. Selanjutnya pengguna bisa memilih menu makanan yang akan dipesan. Setelah menyetujui pesanan, maka pengguna tinggal menunggu makanan diantar pihak Go-Jek.
Saat menunggu pesanan datang, pengguna bisa melacak keberadaan kurir dan menghubunginya jika pesanan belum juga datang dalam waktu lama. Mengenai pembayaran, menu makanan yang telah dipesan akan dibayar dulu (ditalangi sementara) oleh pihak Go-Jek. Ketika makanan telah sampai, barulah pengguna membayar dengan uang tunai atau melalui Go-Pay.