Aplikasi yang Akan Berguna Saat Mudik

Mudik merupakan sesuatu yang khas dari masyarakat Indonesia, terutama saat hari raya Idul Fitri maupun Idul Adha. Jutaan orang akan berbondong-bondong untuk pulang kampung. Pulau Jawa memang yang paling padat jika berhubungan dengan arus mudik dan arus balik Lebaran.

1. Aplikasi Waze

Sumber : PlayGoogle.com

Waze merupakan komunitas berbasis lalu lintas dan aplikasi navigasi terbesar di dunia. Gabung dengan pengendara lainnya di area Anda yang berbagi lalu lintas secara langsung dan info jalan, menghemat waktu dan biaya BBM semua orang dalam perjalanan sehari-hari mereka.

Dengan aplikasi ini anda bisa berkomunikasi dengan sesama pengendara yang berada di jalan untuk saling memberikan informasi mengenai kemacetan, kecelakaan, rute terbaik dan lain sebagainya.

Anda bisa mendapatkan informasi sebelum Anda mendekati polisi, kecelakaan, gangguan perjalanan atau kemacetan, aplikasi ini membuat anda dan sesama pengendara lainnya bekerja sama dan saling memberikan informasi yang berguna .

Aplikasi waze terus-menerus aktif memperbaiki dan memperbarui peta Waze, itu sebabnya mereka yang pertama mencerminkan perubahan di lingkungan Anda, terus-menerus memperbaiki arahan untuk semua.

Anda juga bisa terhubung ke Facebook dan koordinasikan waktu kedatangan saat anda menjemput atau bertemu teman, sekarang dengan mudah Anda menyelaraskan perjalanan Anda bersama-sama.

Anda juga bisa mengetahui informasi yang mengarah ke SPBU termurah di rute Anda, semua dari berbagi harga BBM oleh komunitas. Harga yang di dapat adalah hasil kerja sama antar sesama pengendara yang menggunakan waze untuk melaporkan harga di semua SPBU.

Ukuran : Bervariasi berdasarkan perangkat

Perlu Android versi : Bervariasi berdasarkan perangkat
Peringkat : 4,6

2. Aplikasi Ayo Mudik

Sumber : PlayGoogle.com

Anda bisa mengakses berbagai informasi sewaktu sedang melakukan perjalanan mudik, antara lain :

1. Pos Polisi
Perjalanan mudik lebih tenang, karena anda bisa cari pos polisi terdekat dari tempat anda berada.

2. Posko Mudik
Kelelahan menyetir? Buka aplikasi Ayo Mudik dan cari posko mudik terdekat agar anda dan keluarga bisa istirahat.

3. Posko Kesehatan
Cek juga posko kesehatan terdekat dari lokasi terdekat dengan anda.

4. SPBU & Kios BBM
Anda selalu bisa cek SPBU dan kios BBM yang paling dekat.

5. Bengkel
Mesin mobil atau motor anda bermasalah? Buka aplikasi Ayo Mudik dan cari bengkel terdekat.

6. Masjid
Ibadah anda akan tetap sempurna karena perjalanan mudik selama pakai aplikasi Ayo Mudik. Adzan berkumandang? anda bisa mendapatkan masjid terdekat untuk anda dapat melakukan ibadah sholat.

7. ATM
Anda bisa cek ATM terdekat jika di tengah perjalanan anda kehabisan uang cash.

8. Rest Area
Perjalanan mudik masih jauh? Yuk istirahat sejenak dan cari rest area terdekat.

9. Rute Mudik
Macet di mana-mana? Kami punya solusinya! Cek alternatif rute mudik lewat aplikasi dan pilih jalur yang tercepat ke kampung halaman.

Sayangnya rute yang sedia hanya untuk Pulau Jawa saja, sedang untuk rute di pulau lain masih dalam proses pengerjaan.

Ditawarkan Oleh : Kudo Digital Solutions
Perlu Android versi : 4.0.3 dan lebih tinggi
Peringkat : 4,6

3. Aplikasi Jalur Mudik BRI 2017

Sumber : PlayGoogle.com

Jalur Mudik BRI 2017 adalah aplikasi yang dibangun oleh detikcom bekerjasama dengan Bank BRI, berfungsi sebagai pusat segala informasi yang Anda butuhkan ketika melakukan perjalanan mudik tahun 2017. Anda bisa menemukan berbagai fitur yang menarik dan berguna untuk menemani perjalanan mudik Anda, fitur-fitur tersebut antara lain :

1. Game “Berkah Mudik BRI”
Ayo mainkan game Berkah Mudik BRI, game seru dari BRI untuk menghibur kamu selama perjalanan mudik. Kumpulkan poin sebanyak-banyaknya, submit poin tertinggi. Tersedia beragam hadiah menarik bagi para pemenang.

2. Pencarian Tempat
Cari tempat apapun di jalur mudik Anda, mulai dari musholla, masjid, ATM, restoran hingga objek wisata.

3. Info Mudik
Baca informasi terkini seputar arus mudik 2017 seperti informasi lalu lintas, transportasi umum dan informasi menarik lainnya mengenai jalur mudik.

4. Di Sekitar Anda
Fitur ini berisi rekomendasi tempat-tempat menarik dan penting di sekitar Anda seperti SPBU, rest area, klinik kesehatan, hotel dan lainnya dengan jarak tempuh terdekat yang dapat anda tentukan sendiri.

5. Promo dan Info Layanan Terbatas BRI (BRI Zone)
Nikmati promo-promo menarik dari Bank BRI untuk menemani perjalanan mudik Anda. Cari tahu juga mengenai Bank BRI yang akan buka pada hari raya Idul Fitri di fitur Layanan Terbatas BRI.

6. Jadwal Shalat
Membantu kamu untuk memperoleh infornasi jadwal sholat kapanpun dan dimanapun.

Ditawarkan Oleh PT. Agranet Multicitra Siberkom
Perlu Android versi : 4.0 dan lebih tinggi

Peringkat : 4,3

4. Aplikasi Teman Mudik Lebaran (Toyota)

Sumber : PlayGoogle.com

TOYOTA TEMAN MUDIK LEBARAN merupakan aplikasi yang dibangun oleh PT.Toyota-Astra Motor yang bertujuan untuk memberikan kenyamanan bagi pengguna TOYOTA tidak hanya bagi orang tua tapi juga bagi anggota keluarga lainnya.

Aplikasi ini dilengkapi dengan games dan musik yang menarik, diharapkan dapat menambah kenyamanan dalam berkendara.

Didalamnya terdapat 4 fitur utama antara lain :

1. Tips Mudik Lebaran
– Persiapan kendaraan
– Doa-doa
– Jadwal Imsak & Sholat
– Persiapan Pengemudi

2. Peta Mudik
– Posko Mudik Siaga 24 Jam
– Bengkel Siaga 24 Jam

3. Info Toyota
– Daftar Benkel TOYOTA
– Datar posko mudik siaga 24 jam TOYOTA lebaran dan idul fitri 1437 H

4. Games – Puzzle

Ditawarkan Oleh : PT Toyota Astra Motor
Perlu Android versi : 2.3.3 dan lebih tinggi
Peringkat : 4,2

5. Aplikasi Info Mudik Lebaran 2017

Sumber : PlayGoogle.com

Kini hadir aplikasi yang berisi informasi arus mudik dan arus balik lebaran yang selalu update karena terhubung dengan jaringan informasi NTMC Lantas POLRI. Anda bisa mendapatkan update kondisi lalu lintas dengan cepat sehingga bisa menentukan jalur mudik anda. Selain itu ada juga beragam tips mudik yang bisa anda gunakan selama perjalanan.

Fitur aplikasi :
– Ukuran kecil
– Info lalu lintas update dari NTMC Lantas POLRI
– Desain aplikasi mudah digunakan

Ditawarkan Oleh : R Droid
Perlu Android versi : 2.3.3 dan lebih tinggi
Peringkat : 4,0

6. Aplikasi Lewat Mana

Sumber : PlayGoogle.com

LewatMana (Lite) adalah aplikasi layanan informasi lalu lintas terkini untuk membantu anda mengetahui informasi lalu lintas terkini di sekitar anda, agar anda tidak terjebak kemacetan.

“Diving Mode” akan membantu anda untuk mengetahui lokasi anda dan kondisi lalu lintas di sekitar anda.

Untuk sementara wilayah coverage CCTV lebih terfokus di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi. Kami dalam pengembangan untuk wilayah Bandung, Surabaya, Bali.

Anda hanya mendapatkan free versionnya saja dan untuk bisa mendapatkan yang full version anda harus membayar sebesar Rp. 35.000 dengan peringkat yang tidak bagus yaitu sebesar 3,7 saja, banyak komentar-komentar negatif yang di berikan para pengguna yang sudah membeli full versionnya. Salah satu komentarnya :

Alam syah :

” Sudah beli aplikasi ini 35rb tapi tidak bisa di gunakan dgn tulisan sayangnya lewatmana terhenti, tolong solusi ya..”

 

Note:

Indikator jalur lalu lintas kode yang berwarna hanya berfungsi pada versi Android 2.3.3 (Gingerbread) dan di atas.

Saat ini lalu lintas CCTV hanya mencangkup jaringan sebagian besar wilayah kota Jakarta, dengan beberapa cakupan kota di Surabaya, Bandung dan Bali Indonesia.

Selain Aplikasi Lewat Mana ada juga banyak sekali pilihan aplikasi yang menyugukan layanan penampilan dengan CCTV seperti JMCare, jasamargalive, dan lain-lain.

Ditawarkan Oleh : LewatMana.com
Perlu Android versi : 1.5 dan lebih tinggi
Peringkat : 4,1

7. Aplikasi Netflix

Sumber : PlayGoogle.com

Netflix adalah layanan berlangganan terkemuka di dunia untuk menonton episode TV dan film di ponsel Anda. aplikasi mobile Netflix ini memberikan pengalaman terbaik di mana saja, kapan saja.

Dapatkan aplikasi gratis sebagai bagian dari keanggotaan Netflix Anda dan Anda bisa langsung menonton ribuan episode TV & film di ponsel Anda.

Jika Anda bukan anggota Netflix mendaftar untuk Netflix dan mulai segera menikmati di ponsel Anda dengan percobaan gratis satu bulan kami.

Bagaimana Netflix bekerja?
• keanggotaan Netflix memberikan Anda akses ke acara TV yang tak terbatas dan film untuk satu harga bulanan yang rendah.
• Dengan aplikasi Netflix Anda dapat langsung menyaksikan banyak TV episode & film yang Anda inginkan, sesering yang Anda inginkan, kapan saja Anda inginkan.
• Anda dapat Jelajahi pilihan tumbuh ribuan judul, dan episode baru yang ditambahkan secara teratur.
• Cari judul dan menonton langsung di ponsel atau di daftar yang terus berkembang dari perangkat yang didukung.
• Beri acara favorit Anda dan film dan memberitahu kami apa yang Anda sukai sehingga Netflix dapat membantu menyarankan judul terbaik untuk Anda.
• Mulai menonton di satu perangkat, dan melanjutkan menonton di lain. Periksa netflix.com untuk semua TV, konsol game, tablet, ponsel, pemutar Blu-ray dan set top box di mana Anda dapat menonton Netflix.

Tapi sayangnya saat ini netflix tidak bisa di akses dan akan bisa diakses lagi nanti akan di berikan pemberitahuan lebih lanjut. Selain Netflix ada Tubitv, Imdb, Telecineplay, Movies HD, dan lain-lain

Ditawarkan Oleh : Netflix, Inc
Versi Saat Ini : Bervariasi berdasarkan perangkat

Peringkat : 4.4

8. Aplikasi Game-game casual

Anda bisa pilih game-game casual yang anda inginkan di google play, ada banyak sekali game yang bisa anda download untuk menemani sepanjang perjalanan anda.

Berikan komentar anda seputar aplikasi yang anda pakai saat mudik lebaran, tuliskan di kolom komentar di bawah ini. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

Sumber :

https://play.google.com/store/apps