Peralatan Make Up Pemula Yang Wajib Dimiliki

Saya suka sekali make up, karena saya suka terlihat segar dan cantik, inner beauty memang penting tapi tentu jika dipancarkan dengan pulasan make up maka akan mempertegasnya tampilannya. Selain mempercantik secara fisik, dengan menggunakan make up juga dapat meningkatkan rasa percaya diri dan membantu kita saat untuk melamar pekerjaan atau akan bertemu dengan orang – orang penting.

Karena alasan itulah kali ini saya bersemangat sekali untuk membagikan pengetahuan saya mengenai peralatan make up apa saja yang wajib di miliki oleh orang – orang yang baru dalam dunia make up, berikut daftarnya :

Sumber : Pexels

1. Pelembab

Wajib bagi anda untuk melindungi kulit anda sebelum mengaplikasikan produk kecantikan di wajah anda, menentukan pelembab yang cocok tentu akan menjadi perjalanan pribadi anda sendiri karena anda tidak bisa hanya dengan mendengar review dari orang lain. Karena walau memiliki jenis kulit yang sama, anda dan orang lain memiliki gaya hidup yang berbeda, mulai dari jenis makanan, aktivitas sampai dengan jam istirahat.

Cek promo pelembab di hemat.id

2. Primer

Primer bukanlah produk baru di dunia make up, tapi tidak semua orang menyadari pentingnya menggunakan primer seperti pentingnya menggunakan pelembab, walau masih banyak beauty influencer kurang menyarankan primer sebagai alat make up yang wajib dimiliki untuk pemula tapi menurut saya terutama jika anda memiliki permukaan kulit wajah yang tidak rata dan memiliki masalah dengan minyak pada area T-Zone maka primer dapat membantu kulit anda terlihat lebih rata dan make up jadi tahan lama.

3. Foundation dan Concealer

Foundation mutlak hukumnya dalam dunia kecantikan karena foundation berguna untuk meratakan warna kulit wajah dan menutupi ketidaksempurnaan pada wajah, tapi tidak akan berhasil pada jerawat yang masih aktif ya.

Bereksplorasilah dengan bermacam – macam produk foundation untuk mendapatkan produk yang sempurna untuk kulit anda. Jika anda masih remaja disarankan untuk menggunakan foundation yang lebih ringan dan memiliki hasil akhir yang natural, gunakan BB cream, Cushion atau alas bedak lokal seperti mustika ratu yang memiliki formula yang ringan untuk wajah tapi cukup membuat kulit wajah menjadi rata.

Temukan di hemat.id untuk mendapatkan promo foundation terbaik

Lalu ada concealer, fungsi produk ini adalah untuk membantu menutupi ketidaksempurnaan wajah yang tidak tertutupi hanya dengan menggunakan foundation, concealer memiliki banyak pilihan warna. Dari warna yang terang untuk hightlight, warna gelap untuk membuat shading, warna hijau untuk menyamarkan kemerahan, dan warna orange untuk menyamarkan warna gelap pada bawah mata. Concealer biasanya diaplikasikan diawal lalu keseluruhan wajah diratakan warnanya dengan foundation.

Sumber : Pexels

4. Brush atau beauty blender

Gunakan kedua peralatan make up ini di wajah anda untuk mendapatkan pengalaman berdandan mana yang lebih cocok untuk anda, kalau saya lebih suka menggunakan kedua – duanya. Di awali dengan menggunakan brush untuk menyapukan foundation lalu meratakan serta membuat set foundation dengan menggunakan beauty blender, penggunaan beauty blender juga membantu mengontrol penggunaan produk foundation yang berlebihan.

Jangan lupa untuk membasahi beauty blender untuk hasil yang lebih flawless, lakukan tap – tap yang lama dan merata agar foundation benar-benar lock di kulit wajah.

5. Bedak

Percaya atau tidak saya hanya menggunakan bedak tabur iconic, yaitu bedak Marcks dari saya masih single sampai dengan sekarang. Saya akan menggunakan bedak ini untuk make up yang natural, dan menggunakan bedak yang memiliki tambahan cover dan juga matte agar make up lebih tahan lama.

Untuk kulit wajah yang berminyak gunakan bedak di seluruh wajah dan banyak untuk proses baking, diamkan selama beberapa menit sampai bedak benar-benar sudah set di muka lalu disapu dengan brush bedak.

6. Produk alis

Semua jenis produk alis apakah itu dengan pensil, gel maupun stamp memiliki tampilan akhir yang berbeda-beda, ada yang terlihat natural, bold, atau diantaranya. Semua tergantung ke selera masing – masing, tapi untuk warna harap di cocokkan dengan warna rambut anda. Jika anda memiliki rambut berwarna hitam maka hitam atau abu – abu lebih cocok untuk anda, tapi untuk anda yang berhijab maka anda bebas menentukan warnanya.

Sumber : Pexels

7. Eyeshadow dan eyeliner

Untuk pemula disarankan memilih eyeshadow dengan warna-warna natural dan hanya menggunakan satu dua warna saja. Untuk membuat hiasan mata lebih tajam anda bisa menambahkan eyeliner yang bentuknya spidol. Ujungnya yang lancip mempermudah untuk anda kendalikan saat membentuk garis yang lurus dan meminimalisir kesalahan, sering-seringlah berlatih sampai anda terbiasa menggunakannya.

Atau anda bisa juga menggunakan pensil alis sebagai eyeliner, pilih pensil alis yang ujungnya lembut agar saat diaplikasikan di kelopak mata warnanya mudah keluar.

Untuk mempermudah pengaplikasian eyeshadow disarankan untuk menggunakan brush yang khusus digunakan untuk mata, biasanya bulu kuasnya lebih persisi dan kecil karena memang digunakan untuk bagian mata, dan pastikan anda blending eyeshadow sampai benar-benar halus agar tampilan mata terlihat rapi dan cantik.

8. Pelentik bulu mata dan Maskara

Kedua benda ini tidak bisa terpisahkan karena setiap kali anda akan memakai maskara anda perlu melentikkan bulu mata agar mudah mengaplikasikan maskara dan membuat tampilan bulu mata jadi lebih dramatis tanpa perlu menggunakan bulu mata palsu, dengan menggunakan produk maskara yang tepat bulu mata anda akan terlihat lebih tebal dan panjang walau hanya menggunakan maskara.

9. Perona Pipi dan highlighter

Pilihlah perona pipi yang tidak terlalu pigmen, seperti produk blush dari pixy atau wardah, untuk mendapatkan tampilan yang lebih natural dan segar. Perona pipi atau blush on pun bisa anda dapatkan dengan menggunakan lip cream yang di titikkan sedikit di tulang pipi lalu diratakan dengan jari manis.

Sebenarnya saya masih kurang yakin dalam menyarankan pemula untuk memasukkan highligter ke dalam daftar make up pemula tapi karena saya memiliki obsesi terhadap highlighter yang membuat saya tidak tahan untuk tidak menyarankan. Gunakan highlighter pada bagian-bagian yang perlu di tonjolkan, seperti pada tulang pipi, bagian atas kedua alis, dagu, cupid bibir, dan di bagian tengah hidung

Sumber : Pexels

10. Lisptik

Untuk pemula penggunaan lisptik sudah lebih dari cukup karena lip liner memang cantik sekali untuk membingkai dan membentuk bibir tapi hal ini tidak terlalu penting menurut saya terutama di masa pandemi seperti ini, karena bagian bibir lebih sering tertutup masker. Pilihan warna peach dan warna – warna nude adalah warna yang wajib ada di meja make up anda, baik untuk digunakan sendiri – sendiri atau di ombre. Tips membeli lipstik adalah mencoba langsung di counter brand yang menjualnya agar tidak terjadi tragedi salah beli warna lalu lipstik tersebut menjadi tidak terpakai.

Banyaklah menonton channel beauty influencer baik lokal, seperti tasya farasya, Alifah Ratu Saelynda, dan suhay salim dan internasional seperti Taylor, Wayne Goss. Channel mereka sangat informatif dan juga mudah untuk dipahami.

Untuk menghemat anda bisa membeli make up dalam bentuk share in jar, atau travel size terlebih dahulu, untuk mengetahui apakah produk tersebut cocok atau tidak di wajah anda. Anda juga bisa mencari promo make up kesayangan anda di hemat.id atau aplikasi katalog.

Sumber :

  1. https://www.youtube.com/channel/UCJCSL8IJfD4d5nunRrmrT1Q
  2. https://www.youtube.com/channel/UCjPXizNbBoKfOr3j_8kaK0g
  3. https://www.youtube.com/user/suhay12
  4. https://www.youtube.com/user/ThaTaylaa
  5. https://www.youtube.com/user/gossmakeupartist