Rekomendasi Basic skincare remaja untuk pemula

Baru mulai mengenal skincare dan bingung harus melakukan apa pertama kalinya? Dalam dunia per-skincare-an yang saya pelajari, ada yang disebut dengan basic skincare yaitu pembersih wajah, pelembab dan tabir surya. Ketiga produk ini wajib dipahami sebelum mencoba ke produk yang lebih kompleks seperti essence ataupun serum. Dan yang paling penting diantara semua itu adalah memahami jenis kulit anda terlebih dulu. 

Baca juga : Rekomendasi Skincare Remaja untuk Eksfoliasi Wajah

Kenali 5 Jenis Kulit Wajah

1. Kulit Normal

Saya menyebut jenis kulit ini adalah jenis kulit premium karena hampir bisa dibilang bebas masalah. Tidak ada tumpukan jerawat dan komedo, tidak terlihat mengkilap ataupun kering ketarik, ukuran pori-pori normal dan warna kulit merata. 

2. Kulit Berminyak

Kulit berminyak sebenarnya banyak levelnya. Ada yang terlihat lepek karena produksi minyak yang super banyak. Ada yang plus pori-pori terlihat besar. Ada juga yang hanya berminyak setelah setengah hari beraktifitas. Kulit berminyak rentan berjerawat karena debu, kotoran dan bakteri gampang menempel dikulit. Tapi Jika kebersihannya terjaga, kulit berminyak termasuk golongan kulit yang membuatmu terlihat awet muda karena kulit jarang kering dan tertarik.

3. Kulit Kering

Orang dengan kulit kering rentan mengalami keriput dan dan bercak merah. Sering merasa kulit kaku dan ketarik setelah selesai mencuci muka. Sahabat baik pemilik kulit kering adalah pelembab atau moisturizer yang tepat serta konsumsi air yang cukup.

4. Kulit Kombinasi

Saya termasuk pemilik kulit jenis kombinasi tapi tidak ekstrim. Area T atau jidat dan hidung biasanya terasa agak berminyak namun tidak too much seperti gorengan baru diangkat. Sedangkan area pipi terutama bibir gampang terasa kering dan ketarik. Komedo banyak muncul di area hidung karena merupakan area yang paling berminyak.

5. Kulit Sensitif

Tipe kulit ini agak tricky menemukan produk yang cocok meskipun sudah memilih produk dengan label untuk kulit sensitif. Kulit sensitif mudah sekali iritasi jadi anda harus mengenali bahan apa yang sensitif untuk kulit anda. Tipsnya hindari produk dengan alkohol, parfum, paraben dan kandungan asam yang tinggi.

Rekomendasi Basic skincare remaja untuk pemula yang mudah dan murah
Klik pada gambar untuk memperbesar

Rekomendasi Basic Skincare Remaja

Rekomendasi basic skincare ini berdasarkan produk yang paling happening di pasaran yang artinya produk tersebut gampang diterima dan cocok hampir di semua kalangan. Basic skincare ini juga merupakan produk drugstore yang dijual bebas tanpa perlu resep dokter kulit sehingga Inshaallah aman untuk anda yang baru berniat memulai pakai skincare. Ada juga istilah produk skincare High End yang biasanya tersedia hanya di toko tertentu, memiliki individual store sendiri atau official store sendiri secara online. Yuk simak rekomendasi basic skincare ala hemat.id berikut ini

1. Pembersih Muka atau Facial Wash

Step pertama dalam basic skincare yang harus anda pakai adalah facial wash. Wajah yang sudah beraktifitas seharian, terkena debu, kotoran, keringat atau setelah semalam tidur dan melewati proses detoksifikasi, wajib banget dibersihkan dengan benar. Apalagi setelah anda menggunakan make up seharian. Saya pribadi lebih memilih menggunakan pembersih wajah yang lembut dan mencuci muka dua kali untuk deep cleansing dibandingkan menggunakan pencuci wajah yang terasa kesat sangat bersih tapi wajah terasa ketarik.

SENKA Perfect White Clay Facial Foam

SENKA Perfect White Clay Facial Foam

Pembersih wajah dari perusahaan Shiseido Group asal Jepang ini termasuk skincare yang banyak dicari. Senka menawarkan foam pembersih ala whip cream yang lembut dan melembabkan. Senka memiliki banyak varian pembersih wajah dengan beberapa size sehingga anda bisa mencoba size kecil lebih dulu untuk melihat cocok atau tidak dengan tipe kulit anda.

Cek Promo info promo facial wash SENKA di Hemat.id

WARDAH Acnederm Pure Foaming Cleanser

WARDAH Acnederm Pure Foaming Cleanser

Siapa sih nggak yang nggak kenal produk lokal yang satu ini. Karena di desain pas dengan jenis kulit dan tipikal iklim Indonesia, Wardah sangat mudah diterima di kalangan pecinta skincare lokal. Dari mulai varian untuk kulit sensitif, kulit berjerawat, anti aging, double moisturizer hingga facial foam dengan whitening.

Cek Promo info promo facial wash WARDAH di Hemat.id

SAFI White Expert Purifying Cleanser

SAFI White Expert Purifying Cleanser facial wash

Produk asal negeri jiran Malaysia ini cukup mendapat perhatian dari antara pecinta skincare Indonesia. Sama seperti wardah yang mengusung tema skincare halal, Safi hadir dengan berbagai pilihan pembersih wajah yang murah meriah. Anda bisa dengan mudah menemukan produknya di online dan offline store.

Cek Promo info promo facial wash WARDAH di Hemat.id

GARNIER Sakura White Pinkish Glow Cleanser Facial

GARNIER Sakura White Pinkish Glow Cleanser Facial wash

Garnier mengusung tiga jenis bahan aktif untuk pembersih wajahnya yaitu lemon untuk brightening, sakura untuk kulit sensitif dan matcha untuk kulit berjerawat. Untuk kulit sensitif saya sarankan hindari menggunakan garnier varian lemon karena lumayan harsh dikulit. Performa garnier termasuk facial wash yang tidak diragukan lagi terutama untuk varian men facial wash. 

Cek Promo info promo facial wash GARNIER di Hemat.id

Pond’s Juice Collection Cleanser Watermelon Extract

Pond's Juice Collection Cleanser Watermelon Extract sabun muka

Siapa sih yang nggak kenal pond’s facial wash? Pembersih wajah pertama yang saya coba saat SMP dan mulai mengenal skincare. Setelah pakai memang berasa auto kece seperti iklannya. Cocok lah untuk kulit remaja yang baru mulai kenalan dengan produk perawatan wajah. Tinggal pilih varian yang cocok dengan jenis kulit wajah anda dan bisa ditemukan dengan mudah di toko mana saja.

Cek Promo info promo facial wash POND’S di Hemat.id

 

2. Pelembab Wajah atau Moisturizer

Setelah mencuci muka, kelembapan dan pH kulit akan berubah dan kulit terasa bersih sekaligus kering. Jangan tunggu lama, langsung keringkan wajah dan aplikasikan pelembab saat kondisi wajah masih damp atau lembap. Karena pelembab wajah yang anda gunakan akan mengikat sisa air yang ada di wajah sehingga wajah akan terasa lembap sepanjang hari. Menjaga kulit tetap lembap penting untuk menghindari iritasi, menghindari jerawat dan penuaan dini.

NATURE REPUBLIC Aloe Vera 92% Soothing Gel

NATURE REPUBLIC Aloe Vera 92% Soothing Gel pelembab

One of my fave moisturizer. Ringan, bisa untuk seluruh tubuh, banyak dan murah pastinya. Produk asal Korea Selatan ini benar-benar multifungsi dan nyaman digunakan karena cepat meresap dan tidak lengket. Aman untuk semua jenis kulit karena bahan aktifnya benar-benar simple. Brand lokal pun sudah banyak yang mengeluarkan produk Moisturizer Aloe Vera. Anda bisa mencoba yang paling cocok untuk anda.

Cek Promo info promo Moisturizer Aloe Vera di Hemat.id

GARNIER Light Complete White Speed Day Serum Cream Uva/Uvb Skin Care

GARNIER Light Complete White Speed Day Serum Cream Uva/Uvb Skin Care pelembab

Salah satu varian pelembab garnier yang saya rekomendasikan adalah Garnier Light Complete White Speed Day Serum Cream Uva/Uvb Skin Care. Varian ini memberikan efek brightening yang cepat. Harganya murah dan sangat mudah didapatkan. Garnier bahkan menyediakan size 7gr yang travel friendly atau bisa untuk anda yang baru mau mencobanya.

Cek Promo info promo Moisturizer GARNIER di Hemat.id

WARDAH Perfect Bright Moisturizer SPF 28

WARDAH Perfect Bright Moisturizer SPF 28 pelembab

Pelembab wardah ini memberikan kelembapan sekaligus perlindungan tabir surya dengan SPF 28. Anda bisa mendapatkan pilihan varian lain dengan kelebihan dan bahan aktif yang berbeda-beda. Tersedia dengan size kecil dan mudah ditemukan bahkan di minimarket.

Cek Promo info promo Moisturizer WARDAH di Hemat.id

POND’S Juice Collection Moisturizer Watermelon Extract + Vit E

POND'S Juice Collection Moisturizer Watermelon Extract + Vit E pelembab

Salah satu pelembab Pond’s yang sedang happening adalah Pond’s Juice Collection Moisturizer Watermelon Extract + Vit E. Dengan formula ringan Oil-free, alkohol free, cocok untuk semua jenis kulit. Untuk kaum 90an, Pond’s merupakan rangkaian skincare yang jadi dicoba karena merupakan skincare yang sangat hits pada jamannya.

Cek Promo info promo Moisturizer POND’S di Hemat.id

NIVEA Crème Soft Jar

NIVEA Crème Soft Jar pelembab

Sama seperti Nature republic, NIVEA Crème Soft Jar bisa anda gunakan untuk seluruh tubuh. Desain moisturizer yang ringan dengan bahan aktif Vitamin E dan Jojoba Oil pastinya aman untuk semua jenis kulit. Jika anda memiliki area bibir yang gampang kering seperti saya, anda bisa mencoba NIVEA Lip Care Watermelon Shine yang memberikan kelembapan dan nutrisi instan untuk bibir.

Cek Promo info promo Moisturizer NIVEA di Hemat.id

 

3. Tabir Surya atau Sunscreen

Step terakhir dalam basic skincare adalah sunscreen. Setelah dibersihkan, diberikan pelembab, wajib hukumnya diberi proteksi dari sinar UVA dan UVB yang merupakan sumber kerusakan eksternal pada kulit. Jika tidak diberikan sunscreen, kulit akan rentan berjerawat, mengalami flek hitam dan keriput atau penuaan dini. Kadang saat sedang terburu-buru, saya bisa melewatkan pelembab tapi wajib mengoleskan sunscreen sebelum keluar rumah. Pilih yang paling nyaman, tidak membuat white cast atau tampilan seperti memakai dempul, dan pastinya dengan SPF yang sesuai. SPF paling rendah yang sebaiknya digunakan untuk kulit orang Indonesia dengan iklim tropis adalah SPF 30.

BIORE UV Aqua Rich Watery Essence SPF 50 PA++++

BIORE UV Aqua Rich Watery Essence SPF 50 PA++++

Salah satu sunscreen paling nyaman yang pernah saya coba. No white cast, cepat menyerap, SPF 50 PA++++ memberikan perlindungan UVA UVB yang maksimal. Suncreen produksi negara sakura ini menggunakan bahan aktif Hyaluronic Acid dan Royal Jelly Extract. Pokoknya recommended untuk dicoba. 

Cek Promo info promo Sunscreen BIORE di Hemat.id

WARDAH UV Shield Essential Sunscreen Gel SPF 30 PA+++

WARDAH UV Shield Essential Sunscreen Gel SPF 30 PA+++

Varian suncreen wardah ini selain murah meriah, dengan formula 0% alkohol, Vitamin E dan Pro Vitamin B5, no white cast juga. Mudah ditemukan online maupun offline dan pastinya halal. PIlihan tepat untuk anda yang baru mulai mencoba memakai sunscreen.

Cek Promo info promo Sunscreen WARDAH di Hemat.id

EMINA Sunscreen SPF30 PA+++

EMINA Sunscreen SPF30 PA+++

Emina merupakan produk skincare yang didesain memang untuk remaja sehingga diformulasikan ringan dan sangat mudah ditemukan di toko offline maupun online. Emina sunscreen ini sangat ringan dan mudah digunakan tanpa sensasi lengket ataupun white cast. Dengan Aloe Vera Extract dan Emollient untuk memberikan kelembapan dan perlindungan yang sempurna.

Cek Promo info promo Sunscreen EMINA di Hemat.id

Sunscreen SKIN AQUA UV SPF 50+ PA +++ Moisture Milk

Sunscreen SKIN AQUA UV SPF 50+ PA +++ Moisture Milk

Sunscreen ini bisa dibilang duplikasinya biore dari segi teksture. Yang pastinya nyaman dipakai, lebih murah dan halal. Diperkaya dengan Hyaluronic Acid (AcHA) dan Collagen untuk melembapkan kulit. Sayangkan saya sulit menemukan official storenya di market place. Tapi di toko biasa termasuk sangat gampang ditemukan. Agar lebih aman saya sarankan beli di watson, guardian atau toko semacamnya. 

Cek Promo info promo Sunscreen SKIN AQUA di Hemat.id

MADAME GIE Madame Protect Me Sunscreen SPF 30

MADAME GIE Madame Protect Me Sunscreen SPF 30

Tabir surya murah meriah yang bisa anda dapatkan dengan mudah di official store madame gie di market place, toko online atau store-nya madame gie. Diperkaya aloe vera ekstrak yang memberikan kelembapan tanpa sensasi lengket. Teksturnya sedikit cair jadi mudah diblend ke kulit. Madame gie termasuk brand pendatang baru yang langsung laris di pasaran karena harganya yang terjangkau tapi oke kualitasnya.

Jadi sudah mendapat gambaran kira-kira produk mana yang cocok untuk kulit anda? Menurut saya pribadi, menggunakan basic skincare sejak remaja akan sangat bagus untuk mencegah jerawat, penuaan dini dan flek hitam saat usia kita beranjak dewasa. Anda bisa menemukan promo menarik skincare favorit anda di hemat.id ataupun aplikasi kliptalog. 

Sumber :

  1. webmd.com
  2. int.eucerin.com