Rekomendasi Popok untuk Bayi yang Baru Lahir

New mom atau Mommy level pro apa kabarnya? Kali ini saya mau cerita tentang pengalaman saya memilih popok saat lahiran anak pertama. Popok pastinya salah satu barang yang dicari saat mendekati hari lahirnya si kecil. Berdasarkan pengalaman pertama saya jadi Ibu, rasanya bingung dan nggak punya ide sama sekali soal popok yang tepat untuk anak saya. Saat itu saya juga terlalu fokus pada popok kain untuk bulan-bulan pertama anak saya sehingga saya lupa observasi popok sekali pakai atau diaper yang ternyata dibutuhkan di saat tertentu.

Dari pengalaman saya juga, diaper bisa menjadi pilihan yang tepat untuk new mom yang masih bingung ini itu tentang pengasuhan bayi baru lahir. Popok sekali pakai akan membantu mengurangi tugas negara mencuci-jemur popok kain jadi saya bisa fokus untuk merawat bayi seperti belajar menyusui atau istirahat karena masa newborn adalah perjuangan di malam panjang karena begadang. Ada yang senasib?

Sampai anak saya berumur 2 tahun, saya tandem menggunakan popok sekali pakai dengan popok kain atau celana sehingga pengeluaran bulanan untuk popok paling banyak hanya sekitar 2 pak per bulan. 

Amankah popok sekali pakai untuk bayi baru lahir?

Apakah aman popok sekali pakai digunakan bayi setiap hari? Saya pun begitu. Kalau menggunakan popok kain, begitu anak BAB atau BAK, kita akan langsung menggantinya dengan popok yang baru dan bersih sehingga kebersihan bayi baru lahir selalu terjaga. Sedangkan pada popok sekali pakai urin dan BAB akan ditampung beberapa saat sebelum Bunda menggantinya. Diaper memiliki gel penyerap di bagian tengah antara lapisan luar dan dalam popok. Gel ini akan menampung air seni, menggembung lalu akhirnya penuh dan Bunda harus menggantinya.

Bagian dalam popok yang bersentuhan langsung dengan kulit bayi 0-6 bulan terbuat dari bahan polyester dan bagian luarnya yang menahan gel penyerap terbuat dari bahan plastik (film polyetilen) sehingga mencegah bocor. Tahukah Bunda, popok sekali pakai sangat hits selama perang dunia kedua karena masyarakat kekurangan produksi kapas. Popok sekali pakai yang ditemukan oleh Marion Donovan pertama kali ini efektif dan sesuai dengan kondisi karena kebutuhan popok yang meningkat akibat kelahiran bayi yang meningkat pascaperang.

Bagian isi atau gel penyerap popok adalah polyacrylate (polimer superabsorben atau SAP) yang memiliki nama lain Waterlock ™. Dengan kemampuan penyerapan yang hebat si polyacrylate ini bisa mengurangi ketebalan popok sebanyak 50 persen dan menaikkan daya serapnya. 

Pada dasarnya produk yang dibuat untuk bayi baru lahir memiliki standar yang ketat karena bayi dinilai memiliki kulit yang sensitif. Namun memperhatikan bahan yang digunakan pada popok bayi baru lahir tetaplah penting. Bahan seperti dioksin yang bisa terbentuk saat proses bleaching dinilai terkait dengan kerusakan hati dan penekan sistem imun tubuh. Zat pewarna yang biasanya digunakan untuk motif popok yang beraneka ragam dan zat pewangi yang mengandung phtalate juga bisa memicu reaksi alergi pada bayi 0-6 bulan. 

Namun pada beberapa popok yang saya gunakan, saya tidak menemukan detail bahan dari produk popok tersebut. Hanya dituliskan bahan umumnya, seperti pada contoh kemasan dibawah ini. Jadi dalam proses memilihnya, saya hanya bisa melihat apakah anak saya alergi dengan popok tersebut sambil menggurangi penggunaannya sebisa mungkin dengan cara tandem dengan popok kain atau celana.

contoh jenis material pembuat popok
sumber : dokumentasi pribadi

Bagaimana mencari popok yang tepat untuk bayi baru lahir

Dari berbagai macam pilihan merek popok untuk bayi baru lahir yang beredar di pasaran, beberapa poin dibawah ini bisa menjadi perhatian Bunda sebelum memilih popok untuk bayi 0-6 bulan.

Pilih tipe popok yang mudah saat digunakan dan dilepaskan

Terdapat dua tipe popok yang beredar di pasaran, yaitu tipe perekat dan tipe celana. Umumnya diaper untuk bayi baru lahir didesain dengan tipe perekat karena bayi baru lahir memang belum terlalu aktif bergerak sehingga popok dengan tipe perekat masih sangat aman dan memudahkan Bunda dalam proses buka-pasang karena posisi popok gampang disesuaikan pada pantat bayi serta perekat bisa diatur sesuai berat badan bayi. Saat bayi mulai berguling kesana-sini, Bunda bisa mulai memilih popok tipe celana untuk menjaga agar tidak terjadi bocor karena bayi mulai aktif bergerak. 

Pilih ukuran popok sesuai dengan berat badan bayi

Popok untuk bayi baru lahir biasanya dirancang untuk berat bayi kurang dari 5 kg karena kebanyakan bayi lahir dengan berat kurang dari 5 kg. Dengan bertambahnya berat badan bayi, Bunda bisa menaikkan size popok bayi misalnya menjadi ukuran S dengan tetap menyesuaikan dengan berat badan bayi. Popok yang ketat bisa menekan perut bayi dan mengganggu sirkulasinya, sedangkan popok yang terlalu besar bisa menyebabkan bocor dibagian sisi-sisinya atau malah menghalangi perkembangan motorik bayi untuk belajar merangkak karena bentuknya yang bulky. Tips dari saya pilih popok yang tipis, meskipun daya tampungnya tidak terlalu lama yang akan membuat bayi nyaman bergerak. 

Pada bagian kemasan biasanya dicantumkan range berat badan bayi yang sesuai dengan popok tersebut untuk menjadi acuan bunda memilih ukuran yang sesuai. Pilih ukuran yang sesuai dengan berat bayi Bunda.

Beli popok dalam jumlah sedikit

Belilah dalam kemasan paling kecil. Anda bisa melihat lebih dulu apakah si kecil nyaman dengan desain popok tersebut, apakah bayi Bunda alergi atau tidak dengan materialnya, dan apakah ukurannya pas dengan berat badannya. Berdasarkan pengalaman saya, biarpun berat badan bayi saya ada pada range size pada kemasan, popok yang saya pilih bisa terlalu longgar atau ketat untuk anak saya. Jadi coba dulu kemasan terkecill sebelum memutuskan untuk membeli kemasan besar yang pastinya lebih murah. 

Seperti skincare yang bisa bikin breakout, produk diaper pun memiliki tingkat sensitifitas yang berbeda pada setiap bayi. Bayi X bisa memakai berbagai macam produk popok tanpa keluhan, tapi bayi Y bisanya memakai produk popok tertentu agar tidak terjadi ruam atau alergi. Pada anak saya, pernah terjadi ruam dibagian karet samping popok celana lalu saya mengganti dengan popok yang bahannya lebih lembut, ruam tersebut hilang. Ruam popok bisa terjadi dibagian mana saja tapi umumnya di area bokong karena bisa juga dipengaruhi sentuhan antara kulit bayi dengan urin atau feses yang terlalu lama. 

Baca juga cara mengatasi ruam popok pada bayi disini

Pertimbangkan harga yang sesuai budget

Pertimbangkan harga sebelum membeli ya Bunda. Dalam anggaran belanja, popok biasanya menghabiskan budget cukup besar. Pengalaman saya karena amatir, popok yang pertama saya beli untuk bayi baru lahir saya adalah mamypoko extra soft yang sekarang berubah nama menjadi mamypoko royal soft. Demi menyambut kedatangan si kecil yang ditunggu, semua maunya serba premium ya. Eh beberapa kali beli kok lumayan menguras kantong jadi mulai observasi merek popok lainnya.

Jika si kecil baik-baik saja dengan grade popok yang ekonomis, saran saya Bunda tidak harus menggunakan popok kelas premium. Lebih baik selisih dana digunakan untuk kebutuhan lain bayi 0-6 bulan yang pastinya banyak. Tapi jika harga tidak menjadi pertimbangan, pilihan popok premium pastinya lebih nyaman untuk si kecil. Untuk membantu Bunda memilih popok yang tepat, hemat.id menyediakan tabel perbandingan harga popok dari berbagai brand berikut ini untuk melihat harga popok per pcs.

Grafik perbandingan harga popok bayi baru lahir per pcs (februari 2021)

 

grafik batang perbandingan harga popok untuk bayi baru lahir per pcs
Klik pada gambar untuk memperbesar

 

Rekomendasi Popok Sekali Pakai Untuk Bayi Baru Lahir

Kelas Premium

rekomendasi popok sekali pakai untuk bayi baru lahir kelas premium
Klik gambar untuk memperbesar

1. MamyPoko Royal Soft – NB

Spesifikasi :

  1. Tipe perekat
  2. Kelembutan ekstra untuk kenyamanan bayi baru lahir
  3. Memiliki lapisan kering bergelombang yang mampu menyerap pipis hingga (extra dry speed wave)
  4. Ban pinggang berlekuk yang melindungi pusar bayi baru lahir yang belum sembuh sempurna
  5. Daya serap 5 gelas (1 gelas = 25 ml)
  6. Penyerapan 12 jam menjaga kulit tetap kering dengan sirkulasi udara yang baik
  7. Indikator pipis berupa garis kuning yang berubah warna ketika popok penuh.

Mamypoko royal soft tersedia dalam ukuran NB untuk berat badan bayi NB-5kg kemasan 48 pcs dengan harga Rp. 149.000/pak.

Popok ini termasuk salah satu popok yang sering jadi pilihan ibu baru termasuk saya, kelasnya premium tapi tidak terlalu mahal. Jika Bunda melihat rating produk mamypoko royal soft di online shop, popok ini rata-rata memiliki rating 4.8-5, termasuk rating yang sempurna ya Bunda. Anak saya pun semasa umur 0-6 bulan tidak mengalami keluhan apapun pada kulitnya selama memakai popok ini. Bentuk popok ini terlihat kecil tapi elastis. Namun jika terlalu penuh, kadang terjadi bocor dibagian sisi sampingnya karena elastisitas popok yang tinggi. Kualitas yang ditonjolkan adalah kelembutan untuk kulit newborn yang sensitif sehingga jika dibandingkan daya serapnya tidak sebaik mamypoko x-tra dry.

Beli MamyPoko Royal Soft di Shopee

Beli MamyPoko Royal Soft di Blibli

Beli MamyPoko Royal Soft di Lazada

Cek Promo MamyPoko Royal Soft di Hemat.id

2. Pampers Premium Care – NB

PIlihan popok untuk bayi baru lahir  pampers premium care NB

Spesifikasi :

  1. Tipe perekat
  2. Lapisan berlubang unik yang menyerap kotoran secara merata
  3. Terasa selembut sutra
  4. Indikator urin berupa garis warna kuning yang akan berubah warna menjadi biru saat popok penuh
  5. Memiliki lotion pelindung kulit bayi 0-6 bulan sehingga melindungi dari basahan
  6. Sirkulasi udara 360 derajat
  7. Super gel channel, mendistribusikan basahan merata sehingga cepat diserap

Pampers premium care tersedia dalam ukuran NB untuk berat badan bayi <5kg kemasan 26 pcs dengan harga Rp. 90.000/pak dan kemasan 52 pcs dengan harga Rp. 173.000/pak.

Nama pampers sudah jadi ikon untuk dunia popok karena pengalaman brand ini sudah tidak diragukan lagi tapi termasuk yang paling mahal di kelasnya. Bahannya adem, lembut dan hampir tidak ada keluhan iritasi dari testimoni pengalaman teman-teman saya. Perekatnya pun mudah sekali dibuka dan dipasangkan. Minusnya harga yang lumayan berbeda jauh dibanding popok lain dikelasnya. 

Beli Pampers Premium Care di Shopee

Beli Pampers Premium Care di Blibli

Beli Pampers Premium Care di Lazada

Cek Promo Pampers Premium Care di Hemat.id

3. Sweety Gold Comfort – NB

PIlihan popok untuk bayi baru lahir sweety gold comfort NB

Spesifikasi :

  1. Tipe perekat
  2. Teknologi diamond layer (bertekstur berlian) sehingga menyerap cepat
  3. Extreme softness untuk kelembutan ekstra
  4. Breathable material sehingga sirkulasi udara baik
  5. soft-magic tape memudahkan Bunda membuka dan merekatkan popok
  6. Aloevera moisturizer agar kulit bayi baru lahir terjaga kelembapannya
  7. Leak guard protection 360 derajat untuk mencegah kebocoran

Sweety gold comfort tersedia dalam ukuran NB untuk berat badan bayi <5kg kemasan 52 pcs dengan harga Rp. 95.000/pak.

Kelas sweety gold comfort dibawah mamypoko tapi termasuk popok yang nyaman menurut saya karena lembut dan tidak membuat anak saya iritasi. Tapi kadang perekatnya terlepas saat bayi aktif bergerak dan dari beberapa testimoni yang saya dengar, pemakaian diatas 5 jam beresiko bocor apalagi jika si bayi aktif.

Beli Sweety Gold Comfort di Shopee

Beli Sweety Gold Comfort di Blibli

Beli Sweety Gold Comfort di Lazada

Cek Promo Sweety Gold Comfort di Hemat.id

4. Merries Premium – NB

Pilihan popok untuk bayi baru lahir merries premium NB

Spesifikasi :

  1. Tipe perekat
  2. Sirkulasi udara yang baik dengan rongga udara 3 kali lebih besar
  3. Perekat lembut
  4. Indikator urin
  5. Terowongan udara yang membungkus pinggang bayi untuk melepaskan lembab sehingga kulit tetap kering

Merries premium tersedia dalam ukuran NB untuk berat badan bayi NB-5kg kemasan 24 pcs dengan harga Rp. 74.000/pak.

Popok ini termasuk popok premium yang sudah terbukti kelembutannya. Kelembutannya setara dengan mamypoko royal soft tapi lebih safety dari segi kebocoran. Hampir tidak ada keluhan kebocoran dari pemakaian popok merries premium ini. Bentuknya tipis dan slim fit sehingga nyaman sekali untuk si kecil.

Beli Merries Premium di Shopee

Beli Merries Premium di Blibli

Beli Merries Premium di Lazada

Cek Promo Merries Premium di Hemat.id

5. Goon Excellent Dry – NB

PIlihan popok untuk bayi baru lahir goon excellent dry NB

Spesifikasi :

  1. Tipe perekat
  2. Peelock system sehingga cairan pipis terkunci lebih lama
  3. Pee sign atau indikator urin berupa garis menjadi biru saat basah
  4. Bahan lapisan berpori diseluruh permukaan back sheet sehingga sirkulasi baik
  5. Bahan nyaman dan lembut

Goon excellent dry tersedia dalam ukuran NB untuk berat badan bayi NB-5kg kemasan 48 pcs dengan harga Rp. 90.000/pak.

Kelembutan goon excellent dry mirip dengan merries premium, tapi dengan harga yang jauh lebih murah. Termasuk diaper ekonomis di kelas premium dengan kualitas yang oke. Review di beberapa toko yang saya baca pun semuanya bintang 5 untuk kualitas barang. Keunggulan utama goon excellent dry adalah tidak gampang bocor dan selalu kering saat dipakai plus motifnya lucu (penting ya Bund). 

Beli Goon Excellent Dry di Shopee

Beli Goon Excellent Dry di Blibli

Beli Goon Excellent Dry di Lazada

Cek Promo Goon Excellent Dry di Hemat.id

6. Nepia Genki Premium Soft – NB

PIlihan popok untuk bayi baru lahir nepia genki premium soft

Spesifikasi :

  1. Tipe perekat
  2. Bahan berpori sehingga sirkulasi udara lancar (deep embossing)
  3. Daya serap tinggi
  4. Elastic design at the back. Sisi penahan yang lebar untuk mencegah bocor
  5. Material soft fine fiber sehingga lembut dan fluffy

Nepia genki premium soft tersedia dalam ukuran NB untuk berat badan bayi NB-5kg kemasan 44 pcs dengan harga Rp. 127.000/pak.

Termasuk popok premium dengan harga tinggi tapi tidak setenar pampers di Indonesia. Kualitasnya diatas merries premium dan goon excellent dry tapi harganya memang lumayan dan produk ini agak sulit didapatkan dipasaran. Bentuknya slim, tipis, daya tampung oke.

Beli Nepia Genki Premium Soft di Shopee

Beli Nepia Genki Premium Soft di Blibli

Beli Nepia Genki Premium Soft di Lazada

Cek Promo Nepia Genki Premium Soft di Hemat.id

Kelas Ekonomis

rekomendasi popok sekali pakai untuk bayi baru lahir kelas ekonomis
Klik pada gambar untuk memperbesar

1. MamyPoko X-tra Kering – NB-S

PIlihan popok untuk bayi baru lahir x-tra kering NB-S

Spesifikasi :

  1. Tipe perekat dan tipe celana
  2. Bantalan x-tra kering yang menyebarkan dan menyerap cepat sehingga tidak menggumpal di satu titik.
  3. Serap banyak hingga 10 jam
  4. Gel yang menyerap pipis dapat mengembang 40 kali
  5. Bahan perekat lembut dan lebar

Mamypoko x-tra kering tersedia dalam ukuran NB-S untuk berat badan bayi 3-8kg kemasan 44 pcs dengan harga Rp. 48.000/pak dan kemasan 24 pcs dengan harga Rp. 31.000/pak. Ada juga versi popok celananya dengan spesifikasi sama yaitu mamypoko pants x-tra kering yang tersedia dalam ukuran NB untuk berat badan bayi 3-5kg kemasan 22 pcs dengan harga Rp. 33.000/pak. Harganya lebih tinggi dibanding tipe perekat. Namun karena awalnya saya mencoba mamypoko royal soft, popok tipe ini terasa kasar saat dibandingkan dan anak saya memang terlihat tidak nyaman saat menggunakannya. Harga memang menentukan kualitas ya Bun.

Beli MamyPoko X-tra Kering di Shopee

Beli MamyPoko X-tra Kering di Blibli

Beli MamyPoko X-tra Kering di Lazada

Cek Promo MamyPoko X-tra Kering di Hemat.id

2. Sweety Bronze Comfort – NB-S

PIlihan popok untuk bayi baru lahir sweety bronze comfort

Spesifikasi :

  1. Tipe perekat 
  2. Daya serap extra hingga 7 kali pipis dalam semalam
  3. Perlindungan anti bocor
  4. Material lembut

Sweety bronze comfort tersedia dalam ukuran NB-S untuk berat badan bayi <5kg kemasan 44 pcs dengan harga Rp. 50.000/pak dan kemasan 24 pcs dengan harga Rp. 35.000/pak. Termasuk popok yang hits di kelasnya. Mudah didapat dan murah. Selain itu bahannya lembut dan tipis. Tapi banyak keluhan popok ini mudah bocor saat digunakan karena longgar dibagian selangkangannya.

Beli Sweety Bronze Comfort di Shopee

Beli Sweety Bronze Comfort di Blibli

Beli Sweety Bronze Comfort di Lazada

Cek Promo Sweety Bronze Comfort di Hemat.id

3. Baby Happy Body Fit – S

PIlihan popok untuk bayi baru lahir baby happy body fit S

Spesifikasi :

  1. Tipe perekat 
  2. Sangat elastis
  3. Daya serap cepat
  4. Desain tipis
  5. Material lembut

Baby happy body fit tersedia dalam ukuran NB-S untuk berat badan bayi 3-6kg kemasan 20 pcs dengan harga Rp. 34.000/pak. Saya pakai produk ini dan tidak ada keluhan sama sekali. Bahannya lembut, empuk, pas di badan anak saya, motifnya lucu dan harganya affordable. Sayangnya untuk versi bayi baru lahir ini agak sulit dicari. Tapi untuk size diatasnya sudah banyak dijual di online maupun offline. Salah satu popok ekonomis rekomendasi saya.

Beli Baby Happy Body Fit di Shopee

Cek Promo Baby Happy Body Fit di Hemat.id

Seingat saya, saya hanya membeli popok perekat sebanyak 2 pak lalu beralih ke popok celana karena sudah naik size dan lebih nyaman untuk bayi saya. Jadi Bunda tidak perlu menyetok popok untuk bayi baru lahir terlalu banyak ya, karena di tiga bulan awal kenaikan berat badan bayi bisanya sangat banyak. Bagaimana Bun, sudah mendapat gambaran pilihan popok untuk bayi 0-6 bulan Bunda? Semoga artikel ini membantu ya. Jangan lupa di cek promo popoknya di hemat.id dan aplikasi kliptalog ya.

Sumber :

  1. sainskimia.com
  2. alodokter.com
  3. beingtheparent.com
  4. webmd.com