Resep Pie Susu yang Lembut di Mulut

Siapa sih yang tidak tahu Pie Susu? Kue kering yang berasal dari Bali ini selalu menjadi incaran para wisatawan di Bali yang berkunjung ke Pulau Dewata. Rasanya yang gurih, manis, renyah di luar dan lembut di dalam membuat orang yang mencicipinya menjadi ketagihan. Tahukah Anda bahwa pie susu ini merupakan kudapan kuliner hasil peleburan dari negara lain. Banyak yang mengetahui bahwa pie susu pertama kali diperkenalkan di Hong Kong, padahal pie susu ini merupakan hasil adaptasi dari tart custard yang berasal dari Inggris.

Pada buku yang ditulis oleh Unsiyah Anggraeni yang berjudul “Multikultural Makanan Indonesia” yang diterbitkan Badan Pengembangan dan Pembinaan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menuliskan bahwa setidaknya ada perpaduan dua budaya Negara lain yang melebur dalam pie susu bali.

Menurut Unsiyah, pie susu bali merupakan perpaduan antara pie susu Hong Kong dan Portugis. Pada awalnya pie susu diperkenalkan oleh Tengs Cha Chaan pada tahun 1940-an di Hong Kong. Pertama kalinya, pie susu dibuat untuk menyaingi restoran dimsum yang sangat terkenal, kemudian pie susu dijual di kafe, toko-toko roti barat hingga ke Eropa.

Karena rasanya yang enak ini, saya mencoba untuk membuat pie susu dengan mencari resep di platform digital. Hingga akhirnya saya menemukan resep yang dirasa sangat simple untuk bahan dan cara membuatnya. Pada umumnya, pie susu ini dimasak menggunakan oven. Akan tetapi saya tidak punya oven. Alih-alih mengggunakan oven, akhirnya saya mencoba untuk memodifikasi cara pembuatannya, yaitu dengan menggunakan teflon atau frypan saja. Rasa yang dihasilkan juga tidak jauh berbeda dengan pie susu yang dipanggang menggunakan oven. Berikut cara membuatnya:

Bahan kulit pie:

Bahan Fla :

  • 2 butir kuning telur
  • 10 sendok makan air
  • 14 sendok makan susu kental manis
  • 2 sendok makan tepung jagung (maizena)
  • 1/2 sendok teh garam secukupnya

Cara membuat:

  1. Campurkan semua bahan kulit pie dan saring tepung serbaguna menggunakan saringan, agar adonan yang dihasilkan halus dan tidak menggumpal, aduk dan uleni hingga kalis.
  2. Oleskan margarine secara merata pada permukaan teflon.
  3. Pipihkan bahan kulit di atas teflon hingga tebalnya merata. Lalu tusuk-tusuk dengan garpu atau tusuk gigi.
  4. Campurkan bahan isi fla pada mangkok, serta saring tepung maizena, lalu aduk hingga merata.
  5. Panggang kulit pie di atas teflon sekitar 3 menit dengan api kecil.
  6. Apabila bagian tengah kulit pie sudah memadat, tuang isi fla menggunakan saringan agar tekstur yang dihasilkan lembut.
  7. Tutup dan tunggu sampai matang sekitar 30 menit dengan api kecil atau sampai kulit pie mengering. 
  8. Apabila kulit pie sudah tidak menempel di teflon dan permukaan vla sudah mengeras, lalu angkat.
  9. Sajikan pie di atas piring saji. Pie susu siap dinikmati.

Bagaimana? Pasti mudahkan cara membuatnya? Pembuatan pie susu ini sangat mudah dan tentunya sangat cocok untuk pemula yang sedang belajar memasak. Pie susu ini juga cocok sebagai menu takjil, hidangan arisan, atau hidangan di acara-acara lainnya.

Untuk mendapatkan bahan-bahannya, Anda dapat mengecek di hemat.id untuk mendapatkan kualitas yang terbaik dengan harga terhemat atau Anda bisa mengunduh aplikasi Kliptalog di Google Play Store untuk memudahkan Anda membuat daftar belanja lebih hemat. Membuat makanan lezat dan nikmat juga harus tetap berhemat yuk. Bagikan resep ini ke kerabat Anda ya.