Pengalaman Naik Pesawat Pelita Air, Apakah Nyaman?

Pesawat Pelita Air berada di bawah naungan PT Pertamina yang bergerak di bidang penerbangan. Maskapai milik negara Indonesia ini, tergolong masih baru beroperasi. Pesawat Pelita Air mulai meluncurkan penerbangan berjadwal untuk pasar domestik pada tahun 2022. Bagaimana review pesawat Pelita Air? Apakah lebih bagus dibandingkan dengan maskapai penerbangan lain? Yuk dimak artikelnya.

Cara pesan tiket Pelita Air

gambar tiket pesawat Pelita Air
Tiket pesawat Pelita Air

Pemesanan tiket pesawat Pelita Air bisa online via website dan aplikasi Pelita Air. Selain itu, Anda juga bisa memesan tiket pesawat Pelita Air di platform travel digital seperti Traveloka dan Tiket.com.

Tiket pesawat Pelita Air juga bisa dipesan secara offline atau secara langsung di Customer Service airport, dengan pemesanan di atas satu jam sebelum jadwal keberangkatan pesawat.

Harga tiket pesawat Pelita Air

Kisaran harga tiket pesawat pastinya berbeda tergantung rute perjalanan dan jenis pelayanan tiap maskapai penerbangan. Dari pengalaman saya, tanggal 2 April 2024 saya memesan tiket pesawat Pelita Air dengan rute penerbangan Jakarta ke Padang dengan harga Rp1,5 jutaan. Memang tergolong mahal karena saat itu sedang season Ramadhan dan dekat dengan hari Raya Lebaran. Dibandingkan dengan beberapa maskapai lain, saat itu harga tiket pesawat Pelita Air tergolong terjangkau. Di luar high season, harga tiket pesawat pelita air dengan rute Jakarta-Padang bisa mulai dari Rp900ribuan.

Check in Pelita Air

Jika Anda tidak menggunakan layanan bagasi, maka Anda bisa langsung check in online untuk memudahkan perjalanan Anda. Check in online Pelita Air bisa dilakukan melalui website dan aplikasinya. Pelita Air juga menyediakan layanan seat berbayar atau pembelian kursi tergantung ketersediaan kursi di sistemnya. Menurut informasi dari customer service Pelita Air, pembelian kursi berbayar adalah saat kita ingin memilih sendiri kursi pada baris ke 1-10.

proses check in pesawat pelita air
Proses check in pesawat pelita air

Apabila Anda menggunakan layanan bagasi, tentunya lebih baik Anda melakukan check in secara offline atau secara langsung di meja check in Pelita Air. Di Bandara Soekarno Hatta, meja check in Pelita Air terletak di Terminal 3. Anda bisa langsung mendatangi petugas dan melakukan check in.

Layanan bagasi Pelita Air

Harga tiket pesawat Pelita Air sudah termasuk free bagasi 20kg. Jadi, saat Anda melakukan check in, petugas akan menimbang barang bawaan yang akan masuk bagasi. Setelah itu, petugas akan menginfokan berapa kg berat bawaan Anda, jika belum mencapai 20kg Anda masih bisa menambahkan lagi, hingga mencapai batas maksimalnya.

Boarding pesawat Pelita Air

foto pesawat pelita air
Pesawat pelita air

Setelah melakukan check-in, maka Anda bisa langsung menuju ruang tunggu yang terletak di terminal 3 Bandara Soekarno Hatta. Terminal yang tergolong baru dan lebih fresh ini sangatlah luas. Saya dapat gate 21 yang perlu perjalanan dari check in ke ruang tunggu sekitar 30 menit. Di terminal 3 juga tersedia shuttle bus untuk memudahkan kita menuju gate atau ruang tunggu pesawat. Biasanya shuttle bus yang tersedia akan memprioritaskan penumpang lansia, disabilitas, orang yang membawa anak-anak, dan ibu hamil.

Jam take-off penerbangan Pelita Air

Saya baca beberapa artikel, katanya maskapai Pelita Air ini termasuk maskapai yang jam penerbangannya tepat waktu. Awalnya saya juga khawatir penerbangan akan delay karena saat itu sedang musim mudik. Ternyata dugaan saya salah, pesawat Pelita Air terbang tepat waktu sesuai jam yang tertera pada tiket.

Fasilitas penerbangan Pelita Air

pemandangan langit dari pesawat Pelita Air
Pemandangan langit dari pesawat Pelita Air

Saya tergolong orang yang sangat jarang naik pesawat. Terakhir naik pesawat yaitu 9 tahun yang lalu. Sebagai orang yang takut ketinggian, ada rasa cemas dan khawatir saat kembali harus naik pesawat terbang. Beruntungnya, Pesawat Pelita air ini takeoff dengan halus, hampir tidak terasa. Namun untuk suara mesin pesawatnya memang sangat terdengar cukup keras, apalagi saat take-off dan pesawat menambah kecepatannya cukup cepat. Overall menurut saya take-off pelita air ini cukup nyaman untuk penumpang pesawat pemula seperti saya.

Kabin dan kursi pesawat Pelita Air

suasana di dalam pesawat Pelita Air
Suasana di dalam pesawat Pelita Air

Kabin dan kursi pesawat Pelita Air cukup oke untuk kelas ekonomi. Bantalan kursi yang tidak terlalu tebal bukan masalah bagi saya. Space atau ruang untuk kaki cukup longgar untuk penumpang dengan postur tubuh standar Indonesia.

Pesawat Pelita air kelas ekonomi terdiri dari 180 kursi dengan formasi 3 – 3 kiri dan kanan. Saat check-in, petugas juga mengizinkan saya untuk duduk di kursi yang bersebelahan dengan dua anggota keluarga saya.

Layanan hiburan

layanan hiburan di pesawat Pelita Air
Layanan hiburan di pesawat Pelita Air

Di dalam pesawat, kita memang tidak diperbolehkan menggunakan smartphone dalam kondisi sinyal yang aktif. Pesawat pelita air menawarkan hiburan yang bisa diakses melalui smartphone Anda, dengan menyambungkan HP ke jaringan internet pesawat. Layanan hiburan ini bisa Anda dapatkan dengan men-download aplikasi. Ada beberapa hiburan seperti film, acara TV dan game.

Free makanan

makanan gratis di pesawat Pelita Air
Makanan gratis di pesawat Pelita Air

Setiap penumpang bisa mendapatkan makanan secara gratis di atas pesawat. Isi makanan gratis di pesawat Pelita Air adalah roti, air mineral. Ada bonus tisu basah juga. Menurut saya ini lumayan ya Sahabat Hemat, daripada tidak dapat sama sekali, hehe. Karena tidak semua maskapai terutama kelas ekonomi membagikan makanan seperti Pelita Air.

Landing pesawat Pelita Air

Sekitar 30 menit sebelum mendarat, pilot akan memberi pengumuman bahwa pesawat akan menurunkan ketinggian. Proses landing pesawat Pelita Air juga cukup halus, meskipun suara mesin pesawatnya sangat keras. Jika Anda penumpang pemula seperti saya, hal ini tidak terlalu menakutkan dan cukup nyaman.

Kesimpulan

Meskipun harga tiket pesawat Pelita Air bukanlah harga yang paling murah, maskapai ini memberikan beberapa experience yang menarik menurut saya. Yang paling terpenting adalah pesawat ini tepat waktu mulai dari jam boarding, take off hingga landing. Para petugasnya juga cukup ramah dan informatif. Layanan hiburan dan makanan di pesawat Pelita Air juga cukup oke. Dan penerbangan pesawat Pelita Air cukup nyaman bagi pemula seperti saya. Rating untuk penerbangan pesawat Pelita Air dari saya yaitu 8/10.