Siapkan Cemilan Untuk Seluruh Keluarga Dengan Resep Cheese Cake Ala Breadtalk

Lagi pengen makan cheese cake nya bread talk, tapi mau beli jauh dan tentu saja tidak puas. Dengan harga sekitar Rp. 17.000 per slice buat memenuhi keinginan saya akan cheese cake sangatlah tidak cukup ?, belum lagi todongan dari anak, lalu suami…haduh.

Nah, daripada pusing lebih baik kita buat sendiri saja cheese cake yang mirip dengan cheese cake nya breadtalk. Setelah mencari ke beberapa website akhirnya saya menemukan resep yang sesuai dengan lidah saya dan keluarga, berikut resepnya :

Bahan :

  • 250 ml (1 bks) susu ultra full cream atau susu UHT full cream (rekomendasi Greenfields)
  • 4 lembar roti tawar (rekomendasi merk sari roti)
  • 1 butir telor
  • 1 sdm gula pasir
  • vanili sedikit saja
  • 175 gram keju chedar (rekomendasi merk kraft quick melt)
  • 5 gram agar-agar plain (rekomendasi merk swallow dari 1 bungkus agar-agar sisakan 2 gram untuk bahan tambahan di topping)
  • Selai strawberry atau blueberry untuk toping (rekomendasi merk morin)

Cara Buat :

  1. Blender roti tawar dan susu cair sampai roti halus.
  2. Beri keju cheddar atau kraft quick melt, blender kembali sampai lembut.
  3. Masukkan telor, gula pasir, agar-agar plain, vanili, lalu blender sampai tercampur rata.
  4. Tuang adonan ke dalam loyang (sebelumnya oles terlebih dahulu loyang dengan margarin).
  5. Kukus dengan api sedang selama 30-40 menit, untung mengetahui cheese cake sudah matang atau belum bisa dengan melakukan tes dengan tusuk gigi.
  6. Jika sudah matang, matikan api, dinginkan.
  7. Setelah dingin berikan topping sesuai selera keluarga.
  8. Untuk Topping : campurkan 2 gram agar-agar plain dengan selai strawberry atau blueberry, lalu beri sedikit air didihkan. Gunakan api kecil saja, setelah tercampur siramkan di atas cheesecake kemudian masukkan ke dalam kulkas sekitar 1-2 jam.
  9. Potong2, sajikan.

 

Note :

  1. Untuk merk bahan bisa diganti sesuai selera atau setidaknya kualitas mendekati agar hasilnya juga sesuai dengan harapan, tapi untuk roti tawar jangan pakai yang sembarangan karena hasilnya akan berbeda nanti. Hasil cheese cakenya tidak terlalu lembut, dan terkadang bau ragi.
  2. Alasan agar-agar hanya digunakan sebanyak 5 gram selain untuk bahan tambahan topping tapi juga agar adonan jadi lebih lembut dan lumer di mulut, tapi jika anda lebih menyukai cheese cake padat dan kokoh anda bisa menggunakan agar-agar sebanyak 7 gram.
  3. Tips untuk topping, Karena biasanya selai strawberry atau blueberry itu kental, jadi agak susah untuk diaplikasikan, itulah kenapa kita menambahkan air ke selai.
  4. Tambahkan vanili, cukup sedikit saja. Karena jangan sampai aroma vanili menghilangkan aroma keju.
  5. Panaskan kukusan terlebih dahulu dan jangan lupa tutup kukusan diberi kain, agar airnya tidak menetes ke adonan.
  6. Gunakan loyang sesuai jumlah adonan, jangan gunakan loyang berukuran besar jika adonannya hanya sedikit. Hal ini bisa membuat hasil cheese cake nya menjadi tipis, cepat matang, keras, dan bagian tengahnya tidak lembut.
  7. Jika tidak memiliki loyangnya, anda bisa menggunakan tempat plastik seperti tupperware. Lalu alasi dengan alumunium foil, atau bisa juga dengan plastik bening yang sudah diolesi dengan mentega terlebih dahulu.

Itulah resep cheese cake ala breadtalk yang bisa anda coba. Nah jika anda ingin mendapatkan promo terhemat untuk bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat cheese cake-nya silahkan cek hemat.id. Jika ada kendala jangan ragu untuk bertanya dengan menuliskan pertanyaan anda di kolom komentar di bawah ini. Atau bahkan mungkin jika anda memiliki tips atau masukkan mengenai resep cheese cake ini, silahkan.

Saya juga sudah mencoba resep ini dan ternyata memang benar-benar seperti cheese cake breadtalk, asal anda benar-benar mematuhi cara buat yang sudah ditulis di atas.