Tips Ampuh Luruskan Rambut Keriting Secara Alami Tanpa Rebonding

Mengubah rambut keriting menjadi lurus, tidak selalu dengan rebonding. Tidak hanya karena biayanya mahal, tetapi melakukan rebonding pada rambut dalam jangka waktu yang lama dapat merusak rambut. Jangan berputus asa, karena masih ada banyak cara meluruskan rambut tanpa melakukan rebonding ataupun penggunaan bahan – bahan kimia. Di bawah ini adalah diantara di antara cara tersebut.

1. Menggunakan Minyak Zaitun

Minyak Zaitun.jpg
Sumber : alodokter.com

Minyak zaitun terkenal karena memiliki ragam manfaat yang banyak. Minyak zaitun tergolong merupakan salah satu minyak yang sering digunakan banyak orang. Entah itu dipergunakan dalam masakan atau kosmetik dan bahkan juga dalam pengobatan penyakit tertentu. Minyak zaitun merupakan ekstrak minyak yang diambil dari buah zaitun. Asal mulanya, tanaman zaitun ini,ditemukan di daerah yang bernama Crete di Yunani pada 7000 tahun yang lalu. Sejak ditemukannya, pohon zaitun ini kemudian menjadi sumber minyak, pangan, kayu, obat-obatan serta simbol perjanjian dan kedamaian.

Sangat tepat jika anda ingin mendapatkan rambut lurus hitam berkilau dan juga sehat dengan menggunakan minyak ini. Dibeberapa mini market, toko online, kita saat ini sudah sangat mudah untuk membelinya. Cara menggunakannya pun cukup mudah, hanya dioleskan saja di seluruh permukaan rambut. Tak perlu dibilas karena aroma minyak zaitun khusus rambut berbau wangi seperti parfum atau anda dapat membilasnya cukup dengan air bersih.

Selain dapat membuat rambut terlihat lebih lurus, minyak zaitun juga memiliki khasiat lain yakni memberi nutrisi tambahan terhadap rambut. Itulah sebabnya, minyak zaitun banyak digunakan sebagai campuran pada produk perawatan rambut seperti  menguranhi masalah rambut rusak, rontok, ketombe hingga rambut kering.

 

2. Minyak Kedelai

Minyak Kedelai.jpg
Sumber : okezone.com

Minyak kedelai mendapatkan urutan kedua sebagai minyak yang paling banyak diproduksi di dunia. Sangat banyak yang dijual diberbagai negara sebagai minyak nabati, adalah minyak kedelai. Minyak kedelai dipercaya sebagai sumber yang kaya akan vitamin E dan vitamin K. Tidak seperti produk kedelai lainnya seperti misal: tahu, tempe, dan kecap, minyak kedelai sebenarnya tidak mengandung fitoestrogen.

Minyak kedelai memang bukanlah bahan yang biasa kita gunakan didapur saat memasak. Namun manfaatnya tak terbatas untuk beberapa hal saja. Karena nyatanya minyak kedelai bisa berguna untuk cara meluruskan rambut.

Minyak kedelai yang akan kita gunakan sudah diekstrak. Jadi, bukan kita buat sendiri menggunakan biji kedelai malika. Sambil mengusapkan pada rambut. Jangan khawatir rambut akan terlihat “lepek” atau berminyak, karena minyak dari biji kedelai ini memiliki sifat tidak terlalu kental namun tidak encer, bening dan tidak berbau. Gunakan sisir bergigi jarang untuk menyisir rambut. Jika secara rutin digunakan. Dalam waktu 1 hingga 2 minggu sudah ada hasilnya.

3. Minyak Almond

Minyak Almond.jpg
Sumber : alodokter.com

Ada banyak sekali produk perawatan rambut setelah keramas, misalnya kondisioner. Namun kebanyakan masih merasa kurang mendapat manfaat dari memakai kondisioner. Tipsnya, cobalah Anda mencampur kondisioner yang biasa Anda pakai dengan dua sampai empat tetes minyak almond, kemudian usapkan ke rambut anda.

Cobalah untuk rutin menggunakan kondisioner yang ditambahkan minyak almond. Dan sebaiknya Anda tidak menggunakan hair dryer untuk mengeringkan rambut. Biarkan rambut kering secara alami. Caranya cukup menepuk-nepukkan handuk kering yang lembut pada rambut yang basah. Lakukan perawatan ini 2 – 3 kali dalam seminggu, niscaya rambut Anda akan terlihat lebih lurus dan tentu saja lebih sehat.

4. Pisang dan Pepaya

Pisang Pepaya.jpg
Sumber : desakabut.com

Jika Anda gemar sekali creambath, cobalah creambath dengan dua buah ini. Pisang dan pepaya mengandung zat yang dapat meluruskan rambut secara alami. Bahkan, banyak  produsen obat pelurus rambut yang menggunakan bahan dasar pisang dan pepaya. Berikut ini tips cara membuat masker dengan bahan dasar pisang dan pepaya yang hemat kantong:

  1. Siapkan mangkok sedang yang bersih dan kering
  2. Pakailah sarung tangan steril
  3. Siapkan 1 cup buah dan 1 cup buah pisang, masukkan kedalam mangkok.
  4. Haluskan buah dengan cara ditumbuk dan diremas-remas agar kedua buah menyatu.
  5. Masukkan 1 sendok madu murni, sambil adonan terus diremas remas.
  6. Jika sudah cukup halus, oleskan masker tersebut ke rambut, yaitu dimulai dari akar rambut hingga ujung.
  7. Terakhir, jika sudah mulai kering, cuci hingga bersih dengan menggunakan air bersih tanpa shampoo.

Setelah creambath Anda akan merasakan rambut yang lebih lurus dan lembut.

 

Demikianlah 4  bahan alami yang bisa menjadi alternatif untuk membuat rambut lebih lurus tanpa harus ke salon. Terus cek di hemat.id untuk mendapatkan harga termurah produk segar dari seluruh supermarket di Indonesia. Selamat mencoba.