Terapkan 7 Tips Irit Ini Agar Dapat Bertahan di Akhir Bulan

Akhir bulan seperti ini adalah waktu yang tepat untuk memulai membongkar isi lemari makan dan isi kulkas Anda demi menghemat pengeluaran. Saatnya menggunakan dan sekalian membersihkan kulkas dan lemari di dapur dari makanan kaleng dan bahan makanan lain yang Anda simpan.

Tapi jangan karena akhir bulan, Anda jadi selalu mengandalkan mi instan sebagai makanan untuk berhemat, tetap perhatikan gizi keluarga Anda dan berikut beberapa tips penolong di akhir bulan :

1. Mengolah nasi

Sumber : Kumpulan Google Image

Nasi adalah penolong saat akhir bulan, karena Anda bisa mengolahnya menjadi nasi kuning, nasi uduk atau nasi liwet agar menu makanan jadi lebih bervariasi. Anda pun bisa mengolah nasi sisa menjadi camilan, seperti cireng atau bakwan yang berbahan dasar nasi.

Lalu Anda bisa membuat nasi menjadi sarapan dengan mengubah nasi menjadi bubur.

2.Stok Sayuran

Sumber : Tribun Kaltim

Daripada membeli lauk yang sudah matang akan jauh lebih murah memasak sendiri dirumah. Selalu men-stok sayuran seperti wortel, brokoli, buncis dan sayuran yang bisa bertahan agak lama. Anda juga akan terhindar dari godaan membeli bermacam-macam jenis lauk yang berbeda-beda, karena nanti jatuhnya akan membuat pengeluaran menjadi membengkak.

3. Bijak Menggunakan Kartu Kredit

Sumber : Uangteman

Walau sangat menggiurkan, daripada menggunakan kartu kredit untuk membayar pengeluaran di akhir bulan lebih baik Anda selalu menggunakan uang tunai. Jangan sampai Anda berhutang di bulan ini dan membuat Anda terbebankan di bulan berikutnya.

Walau terlihat masuk akal tapi sebenarnya Anda hanya memindahkan kesulitan keuangan Anda untuk bulan depan, dan pada akhirnya Anda mengalami lagi kesulitan keuangan di akhir bulan karena harus melunasi hutang kartu kredit.

Lebih baik Anda mengevaluasi pengeluaran Anda dan mendahulukan pengeluaran terpenting dan mencoret pengeluaran yang tidak terlalu.

4. Memantau promo

Sumber : Hemat.id

Tidak hanya berbelanja di pasar yang bisa sangat membantu pengeluaran saat tanggal tua, tapi dengan rutin memantau harga murah di supermarket juga bisa sangat membantu. Misalnya dengan memantau hemat.id yang selalu menampilkan harga promo termurah di semua hypermarket, minimarket dan supermarket di sekitar Anda.

Atau mendaftarkan email Anda di newsletter hemat.id sehingga belanja Anda tetap hemat setiap minggunya.

5. Googling resep hemat

Sumber : Pinterest

Rajin browsing resep makanan di Google yang hanya menggunakan beberapa bahan makanan yang murah tapi bisa tetap bisa mengesankan dan menjaga gizi keluarga Anda.

6. Waspada dengan bocor halus

Sumber : food.detik

Siapa yang tidak suka jajan dan mencoba camilan manis, jajan dengan dominal yang kecil mungkin terasa bukan menjadi masalah yang besar tapi jika di totalkan mungkin jumlah nya bisa membuat Anda shock.

Akan lebih baik Anda sudah menentukan jatah untuk Anda dan keluarga, jajan dan jatah bermain untuk anak-anak, dan berkomitmen dengan itu.

7. Mencari tambahan

Sumber : Town of Waldheim

Dengan internet Anda sudah bisa menjual dan membeli apa saja via online. Jika Anda mengalami krisis di akhir bulan ini yang bisa Anda lakukan adalah dengan mengadakan garage sale.

Anda bisa menjual pakaian-pakaian layak pakai atau tas yang masih layak pakai dan menjualnya dengan harga yang rasional dan sesuai, Anda bisa mendapatkan uang yang lumayan untuk tambahan di akhir bulan.

Inti dari tips berhemat di akhir bulan ini adalah kembali ke kreatifitasan dan selalu belajar dari pengalaman bulan-bulan sebelumnya, sehingga nanti pada akhirnya Anda akan mendapatkan cara yang paling sesuai untuk Anda bisa terapkan ke keluarga Anda.

Beri pengertian dan kerjasama nya dari keluarga Anda yang lain, karena tanpa dukungan dan partisipasi mereka maka bertahan di akhir bulan akan jadi sulit dan bisa-bisa Anda akan terjebak di dalam situasi “gali lobang, tutup lobang”

Tuliskan di kolom komentar di bawah ini bagaimana saat Anda menghadapi krisis di akhir bulan, semoga tulisan ini bermanfaat dan terima kasih.