Tips Belanja Bahan Masakan Hemat & Bergizi untuk Anak dan Suami

Saat pengeluaran lagi banyak-banyaknya atau penghasilan sedang menurun, pasti harus ada kebutuhan yang perlu dikorbankan agar keuangan tidak krisis sebelum akhir bulan. Mengorbankan kebutuhan belum tentu harus menghilangkan kebutuhan tersebut dari daftar pengeluaran. Moms bisa memilih alternatif yang lebih hemat untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Seperti pada kebutuhan makanan untuk anak dan suami. Jika ingin menghemat pengeluaran tersebut, Moms bisa memulai dengan berbelanja alternatif bahan makanan yang lebih hemat. Lebih hemat belum tentu tidak sehat, cek dulu cara belanja bahan makanan yang lebih hemat berikut ini

 1. Ganti bahan makanan yang mahal dengan yang murah namun tetap bergizi

Tempe, Tahu, Kacang
Sumber : saladbowldetrois

Sayuran yang mahal seperti pokcoy bisa diganti dengan yang lebih murah yaitu sayur sawi. Untuk melengkapi kebutuhan protein dari daging atau udang bisa diganti dengan yang lebih hemat seperti kerang, ayam atau telur. Jika masih terasa mahal, daging ayam untuk melengkapi cap cay atau tumis bisa diganti jamur yang rasanya hampir mirip namun juga bergizi. Jika ingin yang lebih hemat lagi bisa membeli tempe, tahu, atau kacang-kacangan.

 2. Beli buah pada saat musimnya

Buah Musiman
Sumber : masakanpraktisrumahan.com

Agar menu makanan tetap bergizi tapi hemat, membeli buah yang sedang musimnya bisa menghemat pengeluaran loh seperti durian, rambutan, mangga, dan lain-lain. Buah yang sedang musimnya akan dijual dengan dalam jumlah yang banyak dan tentunya lebih murah dari biasanya. Manfaatkan kesempatan ini untuk membeli sejumlah buah dan membuat persediaan buah di rumah.

 3. Hindari makanan beku/makanan olahan

making-nuggets
Sumber : wikihow.com

Harga makanan beku maupun makanan olahan cenderung lebih mahal dibanding makanan segar, contohnya chicken nugget. Selain harganya mahal, belum tentu makanan seperti nugget baik untuk tubuh. Akan lebih menyehatkan jika Moms membuat nugget sendiri di rumah menggunakan bahan yang hemat.

 4. Berbelanja pada akhir pekan

Promo Weekend
Sumber : reservhotel.com

Tips yang satu ini sudah menjadi cara jitu untuk mendapatkan harga yang lebih hemat untuk bahan makanan yang biasanya mahal. Setiap supermarket menghadirkan promo-promo menarik pada akhir pekan yang pastinya sudah dikenal oleh Moms yaitu promo JSM (Jum’at – Sabtu – Minggu). Namun, jika belanja kebutuhan yang sedang promo di JSM harus seawal mungkin agar tidak keburu kehabisan stok. Nah, agar Moms selalu up-to-date tentang promo JSM yang ada di seluruh supermarket di Indonesia, kunjungi terus hemat.id.

 5. Cari diskon / promo

Diskon
Sumber : sebandung.com

Selain mengikuti promo JSM, jika kehabisan stok promo JSM Moms bisa menunggu promo-promo lainnya seperti promo weekly, weekday, atau promo bulanan yang ada di masing-masing supermarket. Dan tentunya Moms bisa membandingkan dengan mudah harga promo kebutuhan-kebutuhan yang ada di setiap supermarket melalui hemat.id. Jika Moms sering ke Alfamart / Indomaret atau tempat tinggalnya didekat Alfamart / Indomaret, Moms tidak perlu repot-repot membandingkan karena hemat.id telah merangkum informasi Harga Termurah Promo Alfamart VS Indomaret setiap bulannya.

Nah, itulah tips berbelanja bahan makanan yang lebih hemat untuk anak dan suami agar Moms bisa mengurangi pengeluaran setiap berbelanja. Hemat pengeluaran, kebutuhan lain jadi bisa terpenuhi. Share juga tips-tips diatas agar orang lain juga bisa ikut berhemat. Mari ber-hemat.id mulai hari ini!

Dapatkan Panduan Belanja Hemat dalam Newsletter Hemat.id!