Cara Ibu Tambah Penghasilan & Tetap Mengasuh Anak Di Era Dijital

Tidak ada salahnya Moms ingin menambah penghasilan jika penghasilan suami dirasa kurang atau sekedar ingin mencari kesibukan. Tapi Moms pasti tidak tega jika harus meninggalkan buah hati hanya demi sejumlah kertas. Apalagi jika buah hati masih kecil, masih butuh banyak perhatian. Tenang, Moms tidak perlu khawatir, karena mudahnya teknologi masa kini dapat membantu Moms dalam menambah penghasilan. Moms bisa bekerja tanpa perlu beranjak dari rumah bahkan bisa sambil menemani anak bermain atau mengisi waktu senggang saat anak sedang tidur. Nah, bagaimana bisa menambah penghasilan tanpa harus keluar rumah, simak dulu tips menambah penghasilan tanpa harus meninggalkan si buah hati ini :

1. Menjual produk di online shop

Online Shop
Sumber : orin.my.id

Saat orang sedang kesusahan ekonomi, hal yang paling sering dipikirkan untuk mendapat penghasilan instant adalah menjual sesuatu. Mau menjual barang bekas ataupun barang yang memang tidak pernah terpakai menjadi alternatif pendorong ekonomi. Walaupun cara ini tidak terlalu efisien karena tidak tentu kapan ada orang yang mau membeli, tapi dengan harapan dan usaha yang dilakukan pasti bisa membuat barang yang dijual cepat laku. Nah, cara ini dapat menjadi pilihan Moms untuk menambah penghasilan.

2. Membuat kerajinan tangan

Membuat Kerajinan Tangan
Sumber : craftsy.com

Sembari mengisi waktu bersama buah hati, Moms bisa coba membuat kerajinan tangan, seperti tas rajut, dompet, pernak pernik hiasan rumah, dan semacamnya. Apalagi Moms bisa mengajak buah hati untuk ikut berkreasi jadi saat buah hati sibuk dengan kegiatannya Moms bisa fokus membuat kerajinan tangan. Moms bisa mempromosikan hasil kerajinan tangan itu ke tetangga saat arisan atau acara tertentu, kerajinan tangan Moms bisa menjadi bahan jual beli. Atau kunjungi online shop dan promosikan kerajinan tangan secara online. Namun memang cara yang satu ini mau tidak mau harus memaksa Moms untuk membuat kerajinan tangan semenarik mungkin agar cepat terjual dengan harga yang tinggi.

3. Menjadi online freelancer

online-freelancer
Sumber : drmommychronicles.com

Jika Moms bisa mengoperasikan PC dengan lancar, Moms bisa mencari-cari website penyedia pekerjaan secara online di internet. Moms pasti mengerti bagaimana freelancer bekerja. Pekerjaan yang dapatnya kadang-kadang. Kadang seminggu dapat dua pekerjaan, kadang sampai satu bulan tidak ada pekerjaan satupun. Tapi lumayan untuk iseng-iseng menambah penghasilan karena freelancer online hanya bekerja di depan pc atau cukup menggunakan handphone tergantung dengan pekerjaan yang didapat. Moms hanya perlu akses internet dan sering-sering mengunjungi website penyedia pekerjaan bagi freelancer. Moms bisa cari pekerjaan yang sesuai dengan kemampuan yang dimiliki dan tetap bisa menemani buah hati dirumah.

4. Menghemat pengeluaran

low-price
Sumber : extracheaprubbishremoval.com.au

Tidak diragukan lagi jika menghemat pengeluaran bisa menjadi cara yang efisien untuk menambah penghasilan. Sebagai contoh, jumlah pengeluaran pada biasanya adalah Rp. 500.000 per minggu, lalu Moms meminim-minimkan pengeluaran hingga pada akhir minggu masih ada sisa Rp. 100.000, nah Rp. 100.000 itu bisa menjadi tambahan uang untuk keperluan di minggu setelahnya. Dengan menghemat seperti itu, Moms jadi selalu bisa menemani buah hati karena Moms tidak harus bekerja.

Tapi Moms juga tidak perlu mengurangi kebutuhan dari biasanya, mulailah dengan mencari alternatif lain yang lebih murah atau mencari promo dan diskon di setiap supermarket. Pasti ada kebutuhan sehari-hari yang sedang diskon seperti kebutuhan bahan makanan. Nah, agar Moms bisa selalu up-to-date tentang promo bahan makanan dan kebutuhan lainnya di supermarket, cek hemat.id! Hemat.id membantu Moms untuk berhemat melalui mudahnya membandingkan harga kebutuhan dari seluruh supermarket. Mari ber-hemat.id mulai hari ini!