Tips Hemat Mengelola Keuangan Setelah Liburan

Mengelola keuangan memang gampang-gampang susah, mudah untuk direncanakan tapi susah untuk dijalankan. Tapi dengan konsistensi dan keinginan yang kuat, mengelola keuangan bisa dan mudah untuk dilakukan. Membuat anggaran juga dapat menurunkan tingkat stres Anda, kenapa? karena dengan anggaran, tidak akan ada kejutan. Masalah mobil tak terduga? Tagihan medis? Mengunjungi kerabat yang sakit di luar kota? Dengan anggaran, Anda tidak perlu panik atau bertanya-tanya apakah anda punya uang karena anda sudah tahu.

Mengelola keuangan per bulan saja sudah bisa membuat kita pusing, apalagi “memperbaiki” keuangan setelah berlibur. Karena saat berlibur mindset kita jadi lebih royal, terutama jika kita berlibur pada saat Lebaran atau hari besar lainnya. Pada dasarnya kita ingin sekali menyenangkan keluarga, jadi terkadang lupa akan anggaran. Jika kita tidak tepat dalam mengatur keuangan, akan memberikan dampat buruk dan akan terus terbawa bagi pengaturan keuangan di bulan selanjutnya.

Kita harus menyiapkan uang untuk kebutuhan keluarga setelah berlibur, entah di rekening yang berbeda atau kita simpan dirumah, yang terpenting adalah dana yang sudah kita persiapkan ini dilarang keras untuk diganggu apalagi dipinjam untuk keperluan berlibur.

Setelah kita kembali ke rumah dan menjalankan kegiatan rutin, yuk kita benahi lagi keuangan kita dengan beberapa tips berikut ini :

1. Membuat rencana keuangan untuk sebulan kedepan

Mengelola Keuangan Setelah Liburan
Sumber : Google Image

Modifikasi sedikit budgeting planning anda dengan beberapa penyesuaian agar sesuai dengan situasi real kita. Misalnya, karena biasanya setelah liburan lebaran anak-anak belum bersekolah, maka jatah jajan anak-anak akan berkurang, tapi kebutuhan untuk perlengkapan anak sekolah harus diadakan atau anda bisa membelinya sebelum lebaran agar pengeluaran untuk perlengkapan sekolah anak tidak menumpuk di satu bulan. Anda juga bisa menyicil atau memakai perlengkapan sekolah yang masih bagus.

Jika kita berlibur bulan Juni maka perencanaan keuangan yang harus dibenahi adalah keuangan bulan Juli. Dimulai dengan perencanaan yang baik maka keuangan anda di bulan Juli akan baik-baik saja. Jika anda sudah menyisihkan keuangan untuk keuangan setelah liburan maka anda adalah orang yang terorganisasi dengan baik.

2. Mengelola uang lebih

Mengelola Keuangan Setelah Liburan
Sumber : Google Image

Jika anda memiliki uang lebih dari rencana keuangan liburan anda, lebih baik anda simpan uang tersebut untuk liburan yang akan datang sehingga anda punya dana lebih untuk liburan yang akan datang. Jika uang lebih itu adalah THR pemberian keluarga lain untuk anak-anak anda, lebih baik langsung disimpan atau langsung digunakan untuk kepentingan sekolah anak, seperti perlengkapan sekolah anak, dan sebagian lagi ditabung dalam celengan.

3. Belanja bulanan

Mengelola Keuangan Setelah Liburan
Sumber : Google Image

Saat anda pulang kerumah tentunya anda tidak akan meninggalkan makanan yang gampang rusak di dalam lemari atau di kulkas. Anda pasti lebih tenang jika mematikan semua listrik di rumah dari pada harus menghidupkan kulkas atau peralatan elektronik tertentu selama anda berlibur. Selain berbahaya, hal ini juga hanya menghabiskan pulsa token listrik juga.

4. Tempat Belanja

Mengelola Keuangan Setelah Liburan
Sumber : Google Image

Salah satu cara agar anda menghemat budget untuk kebutuhan sehari-hari adalah dengan memilih tempat belanja yang menawarkan harga promosi dan harga yang lebih murah. Anda bisa mencari tempat belanja yang menawarkan semua kebutuhan anda dengan harga promo dengan membuka hemat.id, jadi anda tidak perlu pusing lagi memilih atau keluar masuk supermarket hanya untuk mengecek harga termurah karena hemat.id menampilkan harga promo di semua Supermarket, Hypermarket dan minimarket.

5. Daftar Belanja

Mengelola Keuangan Setelah Liburan
Sumber : Google Image

Selalu buat daftar belanja sebelum anda akan berbelanja, baik belanja di pasar tradisional maupun di supermarket besar. Manfaatnya akan anda rasakan jika anda benar-benar berbelanja sesuai dengan daftar belanjaan anda, keuangan anda akan lebih tertata dan tetap dalam jalurnya.

6. Mengurangi atau meniadakan jajan

Mengelola Keuangan Setelah Liburan
Sumber : Google Image

Jika biasanya dalam sebulan anda bisa makan di restoran sebanyak 3-4 kali, lebih baik anda mulai kurangi menjadi 1-2 dalam sebulan. Kurangi juga beli camilan-camilan yang tanpa anda sadari menyedot dana yang lumayan besar. Mungkin pada saat anda membeli hanya sebesar Rp. 10.000- Rp. 15.000 tapi jika anda beli sebanyak sepuluh saja uang yang anda keluarkan sudah Rp. 150.000. Memang pos untuk kebutuhan makan menyedot pendapatan hampir sebesar 50%, jadi hati-hati dalam mengelola dan membelanjakannya.

7. Pola Makan

Mengelola Keuangan Setelah Liburan
Sumber : Google Image

Mulailah makan makanan sehat yang anda buat sendiri, selain mendekatkan keluarga dengan memasak sendiri makanan untuk keluarga anda juga bisa mengajarkan pola makan sehat ke keluarga anda. Dan tentu saja akan memangkas pengeluaran untuk makan lebih banyak, serta menyelamatkan keuangan di saat krisis.

8. Tidak berhutang

Mengelola Keuangan Setelah Liburan
Sumber : Google Image

Daripada anda langsung berpikir untuk berhutang, lebih baik anda mengatur keuangan dan pola hidup anda. Jika anda menjalankannya dengan benar, maka anda tidak akan perlu untuk sampai berhutang untuk memenuhi kebutuhan anda dan keluarga selama sebulan setelah berlibur.

9. Garage Sale

Sumner : City of Van Buren, AR

Manfaatkan barang yang sudah tak terpakai atau furniture yang anda ingin ganti. Saat ini banyak sekali tempat menjual barang-barang bekas anda secara online. Buatlah foto produk atau barang bekas anda terlihat menarik agar menarik minat orang untuk membeli. Gunakan background dengan satu warna netral dan biasanya warna yang digunakan adalah background warna putih.

Kumpulkan barang-barang anda dan keluarga lalu cuci dan rapihkan. Jika anda bingung dalam menentukan harganya, anda harus mengetahui terlebih dahulu kondisi barangnya. Jika masih bagus, anda bisa memberikan harga lebih tinggi jika barang tersebut bermerk. Anda bisa juga menjual barang bekas anda dalam bentuk paketan yang harganya anda berikan dengan lebih murah, sehingga anda bisa menyingkirkan barang dengan lebih cepat dan mendapatkan tambahan uang lebih banyak.

10. Kembalikan semangat kerja

Mengelola Keuangan Setelah Liburan
Sumber : Google Image

Setelah pulang berlibur semangat kerja akan menurun dan anda akan lebih sering menunda-nunda pekerjaan. Jika anda pekerja kantoran, mau tidak mau jika memang sudah tanggalnya untuk anda masuk maka anda pasti akan pergi kerja apalagi jika di kantor anda ada pemotongan gaji tiap anda tidak masuk kerja. Tapi masalah yang terberat untuk orang yang bekerja freelancer atau kerja di rumah, mengembalikan semangat untuk bekerja akan makin sulit apalagi jika anda tidak memiliki pembantu untuk mengerjakan pekerjaan rumah tangga.

Pekerjaan yang menghasilkan uang jadi terus tertunda karena anda berkejaran dengan waktu untuk menyelesaikan pekerjaan rumah dan pekerjaan yang menghasilkan uang. Mulailah dengan mengatur jadwal anda untuk mengerjakan pekerjaan rumah dan mengerjakan pekerjaan rumah tangga. Misalnya dengan mengatur waktu siang hari untuk mengurus rumah yang lama ditinggal berlibur dan malam hari anda bisa isi waktunya dengan bekerja.

Lakukan perlahan dan sabar, agar semua bisa anda kerjakan. Jangan sampai hanya karena anda ingin menyelesaikan semua dengan cepat kesehatan anda jadi terganggu dan malah merugikan anda sendiri. Misalnya anda bisa mencuci baju dengan membaginya menjadi beberapa bagian. Jadi tidak usah mencuci langsung semua baju kotor dari waktu anda berlibur sampai selesai, karena selain akan menyita hampir semua waktu anda tempat untuk menjemur pun mungkin tidak akan muat. Dengan anda mencucinya dalam beberapa bagian, maka anda bisa mengerjakan pekerjaan lainnya seperti mengurus anak dan mengurus makan mereka.

Liburan memanglah menyenangkan tapi akan lebih menyenangkan jika kita juga bisa mengatur keluarga kita juga setelahnya. Menjadi ibu memang sulit tapi akan lebih mudah jika kita mau terus belajar dari trial dan error agar kita mendapatkan hasil yang terbaik untuk diri kita dan keluarga.

Mengatur keuangan akan menjadi kegiatan yang menyenangkan jika kita atur sesuai dengan kebutuhan keluarga kita, jadi bagaimana anda mengatur keuangan keluarga anda setelah anda pulang berlibur?

Silahkan tulis komentar anda di kolom komentar, semoga bermanfaat dan terima kasih.

Sumber :

1. http://personalfinance.duke.edu/manage-your-finances/budget/overview

2. www.finansialku.com/5-cara-mengelola keuangan-setelah-selesai-liburan/

3. http://blog.daragang.com/9-tips-membuat-foto-produk-yang-menarik-untuk-toko-online/