Tips Menghargai Diri Sendiri

Jika salah satu bukti tidak menghargai diri sendiri adalah dengan tidak pernah merasa puas atas pencapaian yang telah Anda miliki, maka kini akan dibahas bagaimana cara menghargai diri sendiri. Mengapa kita perlu menghargai diri sendiri dan apakah yang akan terjadi jika kita sudah menghargai diri sendiri terlebih dulu? Simak penjelasannya berikut ini.

Dimulai dari tersenyum

woman holding her hips while smiling
Sumber: unsplash.com

Pada dasarnya semua wanita adalah cantik dan cantik itu sendiri relatif alias tergantung pada sudut pandang yang melihatnya. Demikian pula dengan ketampanan bagi pria. Namun paras cantik dan rupawan tersebut akan berhenti terpancar ketika Anda berada dalam kondisi cemberut atau murung. Itulah mengapa beberapa orang yang mungkin tidak melewati standar cantik memiliki paras yang sedap dipandang. Pembedanya adalah sebuah senyuman.

Mulailah dengan melemparkan senyum kepada diri sendiri ketika berada di depan cermin. Katakan bahwa tidak semua orang memiliki paras seperti Anda. Ada seseorang entah di belahan bumi bagian mana yang menginginkan bola mata hitam seperti Anda, kulit kuning langsat Anda atau rambut bergelombang yang Anda miliki.

Menyapa Orang yang Ditemui

Sebuah sapaan kepada seseorang yang kita temui, walaupun hanya sekedar “Mari Bu – Silakan Pak – Permisi Mas – Terima kasih Mbak” saat mendahului mereka turun dari angkutan umum menunjukkan sikap bahwa Anda memiliki kepribadian yang baik. Hal penting yang harus Anda ketahui adalah kepribadian yang baik akan menularkan hal yang baik pula pada orang lain. Bersyukurlah bahwa Anda adalah pribadi yang masih bisa membagi kebaikan kepada orang yang bahkan tidak Anda kenal. Itu artinya hidup Anda bernilai.

Membantu Orang yang Membutuhkan

Grandmother, Kids, Laptop, Myanmar
sumber: pixabay.com

Ada pepatah yang mengatakan bahwa kebaikan itu cepat atau lambat akan kembali kepada si pemberinya. Semesta menyimpan rahasianya sendiri bagaimana ia menyimpan setiap kebaikan yang tercipta, kemudian mengembalikannya kepada si pemilik setelah memiliki buah yang cukup manis. Anda mungkin terkejut saat mengetahui bahwa apa yang Anda terima saat itu adalah hasil dari kebaikan Anda dulu. Jika Anda tidak menerimanya dari orang yang Anda bantu, mungkin kebaikan itu sendiri sedang membelah diri dan mempersiapkan sesuatu yang terbaik untuk Anda.

Jangan Terlalu Cepat Mengambil Kesimpulan Negatif

Sumber: pixabay.com

Saat bertemu dengan seseorang, bahkan orang terdekat sekalipun, jika dalam kondisi tertentu bisa memunculkan raut wajah yang kurang menyenangkan untuk dilihat. Lalu, jangan lekas berpikir bahwa mereka tidak menyenangi Anda karena alasan apapun.

Jangan berpikir bahwa orang tersebut sedang memusuhi atau marah pada Anda. Seringkali prasangka yang kita timbulkan justru membuat kita ikut berpandangan negatif dan berubah mood dari yang menyenangkan menjadi tidak enak hati. Akibatnya kegiatan Anda mungkin akan terusik oleh pertanyaan mengapa Anda menerima perlakuan demikian padahal Anda merasa tidak melakukan kesalahan.

Hargailah orang lain apapun kondisi dan masalahnya saat kalian bertemu dan cobalah untuk tidak terpengaruh atau berpikiran negatif terhadap kondisi tersebut. Balikkanlah keadaan dengan tetap bersikap manis pada lawan interaksi Anda. Mungkin raut wajahnya bisa berubah dan kondisi hatinya bisa kembali membaik.

Anda Sangat Berarti untuk Seseorang

man and woman smiling while laying on lawn field
Sumber: unsplash.com

Saat Anda merasa kecewa atas hal dari luar diri yang tidak bisa Anda terima, Anda mungkin merasa sangat tidak berarti. Menyalahkan diri sendiri secara terus menerus dan merasa bahwa Anda tidak layak mendapatkan penilaian baik dari sekitar Anda. Ingatkah Anda dengan kekecewaan akibat putus hubungan dengan orang terkasih? Saat itu Anda pasti merasa hidup Anda tidak berarti.

Tapi tahukah Anda bahwa hidup Anda sangat berarti untuk orang lain? Ada kalimat yang menyatakan bahwa semesta kadang suka bercanda. Dia mempertemukan Anda dengan seseorang yang akan mencampakkan Anda, hanya untuk memberi tahu bahwa ada orang lain yang menganggap Anda adalah dunianya. Anda dunia dari seseorang. Ucapkanlah kalimat itu sesering mungkin dalam hati Anda untuk memberitahu diri Anda sendiri bahwa Anda patut memiliki rasa bangga. Ada orang yang menutup mata terhadap segala kekurangan Anda dan hanya fokus dengan siapa diri Anda apa adanya.

Menghargai diri sendiri pada dasarnya adalah usaha yang kita lakukan untuk senantiasa menebarkan respon baik atas berbagai hal pahit yang mungkin kita terima. Sudahkah Anda menghargai diri Anda sendiri sejak sekarang?