Tips Terbebas Dari Pakaian Kotor Yang Menggunung

Apa yang Anda lakukan di akhir pekan? Apakah Anda jalan – jalan dan refreshing? Atau Anda justru harus berkutat dengan cucian dan setrikaan yang menggunung dan tidak bisa ditunda lagi untuk segera ditangani karena pakaian bersih di lemari sudah habis? Jika iya, Anda tidak sendiri. Banyak dari kita yang mengorbankan sebagian waktunya untuk bersantai karena harus “menyelamatkan” dirinya di minggu depan yang terancam tidak bisa pakai baju bersih. Bagi Anda yang bekerja, mungkin akhir pekan adalah satu – satunya waktu untuk mengerjakan PR laundry. Tapi dengan tips – tips dibawah ini Anda tidak akan merasa terbebani oleh pakaian kotor yang menumpuk di akhir pekan. Berikut ini tipsnya.

1. Mencuci di Hari Bekerja

Yang pertama kali yang harus Anda lakukan adalah menentukan hari untuk mencuci pakaian. Anda bisa mencuci di hari – hari Anda biasa bekerja, jadi tidak harus ditumpuk untuk dikerjakan di akhir pekan. Syaratnya, pakaian yang Anda cuci tidak terlalu banyak, sehingga pekerjaan Anda tidak terlantar. Buat Jadwal yang rutin dan Anda harus konsisten. Lebih baik mencuci 2 pakaian perhari, daripada mencuci 14 pakaian di akhir pekan.

2. Kurangi pakaian yang ada di lemari Anda

Biasanya kita pasti punya beberapa pakaian yang hanya kita gunakan jika ada pesta atau acara resmi lainnya. Pakaian tersebut hendaknya diletakkan di lemari yang berbeda atau setidaknya di rak yang berbeda. Dengan jumlah baju yang lebih sedikit, maka Anda akan merasa tidak aman, sehingga Anda akan lebih rajin memperhatikan ketersediaan baju bersih.

3. Mencuci di malam hari

Atur strategi saat menjemur pakaian. Jika selama ini Anda terbiasa mencuci dan menjemur pakaian di pagi hari, maka cobalah mencuci di malam hari. Mencucilah antara jam 6-7, sebelum air terlalu dingin untuk mencuci. Dengan mencuci malam hari pakaian akan lebih mudah kering keesokan harinya karena kadar air sudah berkurang karena grafitasi dan angina. Sehingga di pagi hari tidak perlu terlalu lama dijemur. Tips ini akan sangat membantu jika ternyata baju tersebut hendak kita pakai di siang harinya. Mencuci di malam hari saat air sudah mulai dingin juga membantu agar warna pakaian tidak cepat luntur. Cerdik bukan?

4. Gunakan gantungan

Terkadang tumpukan cucian kotor berubah menjadi tumpukan pakaian kusut yang belum disetrika. Untuk menghindari hal tersebut maka jangan melipat pakaian saat dijemur. Daripada Anda menjemur pakaian Anda langsung di tali jemuran, lebih baik Anda menggunakan gantungan. Gantungan pakaian akan membantu pakaian cepat kering karena semua sisi pakaian dapat terkena sinar matahari dan angin. Dengan cuaca saat ini yang sering hujan dan mendung, maka kita harus benar – benar memaksimal sinar matahari dan angin yang ada.

5. Efisiensikan waktu mencuci

Biasanya baju yang kita pakai tidak terlalu kotor, paling hanya bau atau terkena debu dan polusi dari jalanan. Untuk kita tidak perlu terlalu lama saat mengkucek pakaian. Jika Anda menggunakan mesin cuci, coba gunakan pilihan setting waktu mencuci yang tidak terlalu lama. Jika Anda mencuci dengan tangan, rendam dulu pakaian kotor Anda selama 10 – 15 menit dengan cukup banyak air dan detergent, setelah itu baru dikucek, bilas, kemudian di jemur. Dengan merendam pakaian terlebih dahulu dapat “melunakkan” kotoran yang melekat pada pakaian, sehingga tidak perlu dikucek lama kotoran sudah hilang. Namun, sebelum direndam, pastikan pakaian yang Anda rendam tidak luntur.

SKU140411-1.jpg 6. Perbanyak baju yang berbahan tidak mudah kusut

Pernahkan Anda memperhatikan label pada pakaian Anda? Ada beberapa jenis kain yang ternyata “no ironing needed” artinya tidak perlu disetrika. Artinya, saat Anda selesai mencucinya, pakaian tersebut tidak akan lecek atau kusut, sehingga tanpa disetrika baju tetap rapi dan licin. Nah, mulai sekarang jika Anda hendak membeli baju baru, coba periksa labelnya dan pilihlah jenis kain yang tidak perlu disetrika. Dengan begitu beban setrika Anda akan berkurang dan pastinya ketersediaan baju siap pakai jadi maksimal. sumber : Google Image

7. Dekatkan meja setrika Anda dengan tempat menjemur pakaian

Dengan jarak antara tempat menjemur dan menyetrika yang dekat maka Anda akan terhindar dari malas untuk menyetrika pakaian yang sudah kering.

8. Jadikan kegiatan tersebut menyenangkan

Terakhir, jika Anda terpaksa mencuci di akhir pekan, maka gunakan saat mencuci dan menyetrika itu sebagai kegiatan yang menghibur. Caranya, Anda bisa menyalakan musik di handphone Anda dan bernyanyi. Dengan begitu Anda tetap bisa refreshing di akhir pekan dan pakaian Anda bersih semua. Selamat mempraktekkan tips tersebut. Stok detergent dan softener Anda habis? Ayo cek hemat.id untuk mendapatkan harga termurah untuk kebutuhan sehari – hari Anda.