Ini 10 Tips Tidur Nyenyak Untuk Para Moms

Hal-hal yang membuat seorang Bunda tidak bisa tidur dengan pulas saat tidur di malam hari salah satunya adalah memiliki anak yang masih balita dan stres. Berikut tips-tips yang mungkin bisa membantu Bunda agar mendapatkan tidur yang berkualitas sampai pagi hari :

1. Mengatur jadwal tidur

Sumber : Adajerawat.com

Tidak hanya menjadwal pekerjaan rumah, untuk mendapatkan tidur yang berkualitas Bunda pun bisa menjadwalkan waktu tidur dalam satu hari. Dan jika Bunda lakukan secara rutin, hal ini bisa memberikan manfaat untuk menjaga kondisi badan agar selalu dalam keadaan fit dan tidak mudah sakit.

Dimulai dengan tidur siang, selalu jadwalkan waktu tidur dengan lama dan waktu yang sama setiap hari. Misalnya tidur siang pada pukul 1 siang selama 30 menit – 1 jam saja, lalu tidur malam jam 22.00-5.00 subuh.

Atau Bunda dapat sesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan Bunda.

2. Tidur saat Bunda mengantuk

Sumber : National Geographic Indonesia

Mengacuhkan alarm ngantuk Bunda bisa menyebabkan konsentrasi menjadi menurun, respon menjadi lambat, dan pada akhirnya saat Bunda sudah akan beranjak tidur rasa kantuk Bunda bisa hilang.

Jadi jangan memaksa untuk tetap terjaga saat Bunda sudah sangat lelah, tinggalkan ruang tamu masih berantakan saat Bunda sudah mengantuk, toh Bunda bisa membersihkannya esok harinya.

3. Berendam sebelum tidur

Sumber : www.dewimagazine.com

Sempatkan untuk berendam sebelum tidur agar merelaksasi tubuh Bunda, Bunda bisa menambahkan aromaterapi pada rendaman air hangat Bunda. Cukup 5-7 tetes minyak esensial dan dengan pilihan aroma yang dapat merelaksasi seperti lavender, chamomile, basil, bahkan ylang-ylang atau frankincense.

Menurut dr. Andreas Prasadja, RSPGT, “Ketenangan yang dicari orang menjelang tidur bisa didapatkan dari cuaca yang sejuk. Suhu hangat yang diperoleh saat berendam air hangat dapat memberikan relaksasi sendiri, apalagi jika setelahnya Anda masuk dalam ruangan bersuhu sejuk, tidur pun akan terasa lebih nyenyak setelahnya.”

Hati-hati jangan terlalu banyak menambahkan minyak esensial ini dikarenakan dapat mengeringkan kulit tubuh Bunda. Perhatikan juga lamanya Bunda berendam karena tidak semua orang bisa berendam terlalu lama seperti orang dengan tekanan darah tinggi.

4. Pijat kaki

Sumber : Vemale.com

Bunda bisa memijat kaki Bunda sendiri atau meminta bantuan pasangan untuk memijat kaki Bunda. Karena bagian kaki adalah bagian badan yang paling aktif, seperti berdiri, berjalan dan melakukan pekerjaan rumah sehari-hari.

Kaki yang lelah dapat membuat Bunda tidak bisa tidur dan tidak bisa mendapatkan tidur yang berkualitas.

5.Suhu kamar yang pas

Sumber : Job-Like.com

Pastikan suhu kamar sesuai dengan kebutuhan dan keinginan Bunda dan pasangan, agar tidur menjadi lebih nyenyak tidak hanya Bunda tapi pasangan juga.

Jika Bunda ingin kamar yang dingin saat anda tidur, nyalakan AC paling tidak 10-15 menit sebelum tidur jadi saat sudah siap mau tidur suhu kamar sudah sesuai dengan keinginan Bunda.

6. Makan makanan yang bisa membuat tidur

Sumber : Detik Food

Makanan yang mengandung tinggi garam dan lemak dapat menyebabkan Bunda sulit tidur, tapi Bunda bisa memakan makanan seperti ubi, pisang, sereal, telur rebus, anggur atau susu hangat.

7. Matikan lampu

Sumber : Hello Sehat

Jika Bunda terbiasa tidur dengan lampu yang menyala lebih baik Bunda mulai mematikan lampu kamar Bunda saat akan tidur dan memasang lampi tidur untuk mendapat penerangan yang redup. Hal ini di karenakan tidur dengan tanpa penerangan bisa memberikan Bunda kualitas tidur yang lebih baik, menyalakan lampu saat tidur bisa memberikan sinyal yang salah ke tubuh Bunda.

Karena kondisi terang memberikan sinyal bahwa saat itu adalah siang dan bukan malam.

8. Tempat tidur yang bersih

Sumber : https://www.arsitag

Siapa yang bisa tertidur di tempat tidur yang berantakan, jangan malas untuk melipat kembali selimut yang sudah di pakai dan menjemurnya 1 minggu sekali atau di saat cuaca panas.

Karena bantal dan kasur yang di jemur secara rutin dapat juga mempengaruhi kualitas  tidur Bunda, atau jika anda berpikir bahwa sudah waktu nya mengganti kasur. Bunda bisa mengecek nya di hemat.id, di sana Bunda bisa mendapatkan kisaran harga yang sesuai dengan budget dan jenis kasur yang sesuai dengan kebutuhan Bunda.

Jadi Bunda tidak perlu repot untuk keluar masuk supermarket, karena di hemat.id Bunda bisa mendapatkan harga promo di semua supermarket dan hypermart.

9. Tidak minum kopi dekat dengan waktu tidur

Sumber : islamaktual

Bagi mereka yang sudah terbiasa minum kopi, minum kopi paling tidak 2 jam sebelum tidur mungkin tidak akan membuat Bunda terjaga. Tapi jangan salah di malam hari nya walaupun Bunda akan mudah tertidur di awal nya tapi Bunda akan sering terbangun sepanjang malam dan menyebabkan Bunda tidak mendapatkan tidur yang berkualitas.

Dan hampir sama dengan kerja lampu yang dinyalakan saat tidur kafein dapat menunda kenaikan tinkat melatonin, dimana melatonin adalah hormon utama tidur di tubuh.

10. Penuhi kebutuhan anak juga

Sumber : APPLE TREE PRESCHOOL BSD

Akan jadi sia-sia jika Bunda hanya mempersiapkan diri Bunda tapi Bunda lupa untuk memperhatikan Bunda agar mereka pun memiliki waktu tidur yang berkualitas, karena pada dasarnya jika mereka tidak bisa tidur atau tidak nyenyak tidur nya di malam hari pastinya juga akan mengganggu tidur Bunda.

Jadi jangan lupa juga untuk memenuhi kebutuhan anak sebelum tidur di malam hari dan memperhatikan tidur siangnya agar tidak terlalu lama dan terlalu sore, dan jangan lupa untuk tidak memberikan makanan yang manis paling tidak 2 jam sebelum jam tidur.

Apakah salah satu tips di atas sudah pernah Bunda praktekan? apakah sudah berhasil? jika belum mungkin Bunda bisa mencoba tips lain atau Bunda memiliki cara tersendiri agar Bunda bisa tertidur nyenyak sampai pagi.

Bunda bisa membagikan pengalaman Bunda itu di kolom komentar di bawah ini.

Semoga bermanfaat dan terima kasih.

Referensi :

http://www.dewimagazine.com/news-beauty/khasiat–berendam-air-hangat-untuk-tidur-yang-berkualitas