Tips Untuk Membeli Robot Vacuum Cleaner Terbaik

Bayangkan Sahabat Hemat menonton K-Drama, bermain dengan anak atau beristirahat, sementara robot vacuum cleaner membersihkan dan mengepel lantai seluruh rumah. Di tengah malam sekalipun, robot vacuum cleaner tetap siap bekerja ketika kita pulang dari kantor atau dari luar kota. Hal ini agak sulit dilakukan dengan pembantu rumah tangga. Kan kasihan pembantu dibangunin malam-malam untuk membersihkan lantai. Sahabat Hemat bahkan dapat membersihkan ruangan di mana Sahabat menyimpan seluruh perhiasan dan barang-barang berharga lainnya, saat sedang tidak di rumah. Selain itu, Sahabat dapat mengulang-ulang area yang sama tanpa membebani pembantu.

Jadi, apa itu robot vacuum cleaner? Seperti namanya, robot adalah alat yang bisa bekerja sendiri dengan minimum campur tangan manusia. Tapi benarkah seperti itu? Sebelum Sahabat berimajinasi terlalu jauh, mari kita pahami apa saja keterbatasan robot ini. Sejauh mana ia dapat berkerja sendiri dan kapan ternyata robot butuh bantuan manusia juga. Jadi campur tangan manusia masih dibutuhkan. Tentu saja robot dengan anggaran yang lebih besar, lebih tinggi spesifikasinya, lebih minim campur tangan manusia. Robot vacuum cleaner ini dapat membantu vakum karpet dan lantai. Selain itu, beberapa robot sekaligus punya fungsi mengepel lantai.

Nah di artikel kali ini, saya mencoba meriset beberapa robot terbaik yang dapat melakukan kedua fungsi yaitu vacuum sekaligus mengepel. Saya juga ingin membagikan pengalaman pribadi saya menggunakan robot vacuum cleaner selama 3 tahun lebih, agar Sahabat punya pertimbangan-pertimbangan sebelum memutuskan untuk membeli.

Pertimbangkan 2 hal ini sebelum membeli robot vacuum cleaner

Sebelum Sahabat merogoh kocek cukup dalam dan kecewa, pastikan Sahabat telah mempertimbangkan faktor-faktor berikut ini:

1. Ketersediaan service center

Karena penggunaan robot vacuum cleaner masih relatif baru di Indonesia, mungkin Sahabat Hemat akan mengalami kesulitan saat menggunakannya. Jadi, akan lebih baik jika ada service center di Indonesia yang bisa membantu Anda, terutama jika produk mengalami kerusakan dan perlu maintenance.

Sayangnya, tidak semua merek robot vacuum cleaner yang dijual di Indonesia punya service center di negara ini, seperti Roborock, Eufy, Dreame dan Yeedi. Itulah sebabnya saya memilih membeli robot vacuum cleaner dari Ecovacs, karena Ecovacs memiliki service center di Tangerang, yang dekat dengan rumah saya di Jakarta.

2. Anggaran yang dimiliki

Robot vacuum cleaner hadir dalam beragam bentuk, ukuran, dan harga yang berbeda. Robot vacuum cleaner di atas 10 juta rupiah biasanya mempunyai fitur-fitur yang lebih canggih daripada robot vacuum cleaner yang harganya lebih terjangkau.

Robot Vacuum Cleaner Terbaik Kelas Premium
Robot Vacuum Cleaner Terbaik Kelas Premium

Robot vacuum cleaner premium ini memiliki daya hisap (suction power) yang lebih kuat dan mampu membersihkan berbagai jenis lantai dengan hasil yang lebih baik. Robot vacuum cleaner premium ini juga sering dilengkapi dengan teknologi navigasi dan pemetaan yang lebih canggih, seperti pemetaan laser atau kamera, yang memungkinkan mereka untuk membersihkan secara lebih sistematis dan efisien. Robot vacuum cleaner premium cenderung dibangun dengan bahan yang lebih berkualitas, yang meningkatkan masa pakai mereka. Komponen yang dirancang untuk tahan lama juga dapat mengurangi kebutuhan perbaikan dan penggantian.

Robot Vacuum Cleaner Terbaik Di Bawah 10 Juta
Robot Vacuum Cleaner Terbaik Di Bawah 10 Juta

Sementara itu, robot vacuum cleaner di kisaran harga 5 juta rupiah sampai 10 juta rupiah mungkin menawarkan sebagian besar fitur dan kinerja yang sama dengan model premium, tetapi dengan beberapa keterbatasan dalam kualitas, navigasi dan teknologi. Di sisi lain, robot vacuum cleaner di bawah 5 juta rupiah cenderung memiliki fitur yang lebih terbatas, daya hisap yang lebih rendah, dan kemampuan navigasi yang lebih sederhana.

Begitu juga dengan produk yang lebih murah dengan harga ratusan ribu, biasanya tidak memiliki teknologi laser ataupun sensor optik, sehingga produk mungkin bergerak secara tidak teratur dan asal memantul dari dinding atau hambatan lainnya.

Spesifikasi robot vacuum cleaner yang perlu diperhatikan

Terakhir, pilihlah robot vacuum cleaner dengan spesifikasi yang dapat membersihkan rumah Sahabat Hemat dengan optimal. Berikut kriteria spesifikasi robot vacuum cleaner yang perlu Anda perhatikan yaitu:

Besaran daya hisap

Jenis lantai yang berbeda membutuhkan daya hisap atau suction power yang berbeda bergantung pada tekstur dan materialnya. Lantai keras seperti kayu atau keramik mungkin membutuhkan daya hisap yang lebih tinggi untuk mengangkat debu dan kotoran yang terperangkap di celah-celah antar lantai, sementara karpet mungkin memerlukan daya hisap yang lebih rendah agar tidak merusak serat-seratnya. Dengan mengatur daya hisap yang sesuai, robot vacuum cleaner dapat memberikan hasil pembersihan yang optimal untuk setiap jenis lantai.

Besaran daya hisap ini diukur dalam Pascal (Pa). Berdasarkan riset yang saya susun untuk robot vacuum cleaner terbaik, daya hisap berkisar antara 2000 Pa sampai 8000 Pa. Robot vacuum cleaner dengan daya hisap tinggi biasanya berada dalam kisaran harga premium, seperti Ecovacs Deebot X2 OMNI dengan harga 17 jutaan untuk daya hisap 8000 Pa.

Namun, perlu diingat bahwa daya hisap bukan satu-satunya faktor yang memengaruhi kinerja pembersihan. Faktor lain seperti sensor navigasi, kapasitas bak sampah, kapasitas tangki air, dan durasi baterai juga perlu dipertimbangkan.

Battery life

Carilah robot vacuum cleaner yang memiliki battery life yang cukup untuk vakum dan mengepel seluruh isi rumah sebelum perlu diisi ulang. Umumnya, sebagian besar robot vacuum cleaner dapat beroperasi selama lebih dari satu jam sebelum perlu diisi ulang. Namun, bagi mereka yang memiliki rumah yang lebih besar, carilah robot vacuum cleaner yang dapat beroperasi selama lebih dari 2 jam dengan battery capacity lebih dari 5200 mAh.

Kapasitas tangki air

Tangki air yang lebih besar berarti robot vacuum cleaner dapat mengepel dalam jangka waktu yang lebih lama. Hal ini sangat berguna untuk rumah-rumah dengan luas area yang lebih besar atau ruangan yang sering digunakan. Dengan tangki air yang besar, robot vacuum cleaner dapat menampung lebih banyak air pembersih, yang berarti mereka dapat mengepel selama lebih lama tanpa perlu diisi ulang. Ini mengurangi intervensi pengguna dan meningkatkan efisiensi pembersihan secara keseluruhan.

Tangki air yang lebih besar adalah fitur yang penting untuk dipertimbangkan bagi mereka yang menginginkan pembersihan lantai yang lebih menyeluruh dan tahan lama dengan robot vacuum cleaner. Berdasarkan riset saya, robot vacuum cleaner terbaik mempunyai water tank capacity sekitar 180 ml sampai 420 ml dan Ecovacs Deebot T20 Omni memiliki water tank capacity yang terbesar yaitu 420 ml.

Noise level

Pentingnya tingkat kebisingan (noise level) pada robot vacuum cleaner tidak bisa diabaikan karena berpengaruh pada kenyamanan pengguna dan lingkungan sekitarnya. Dengan tingkat kebisingan yang rendah, robot vacuum cleaner dapat melakukan pembersihan tanpa mengganggu kegiatan sehari-hari atau mengganggu istirahat di rumah.

Ini sangat penting terutama bagi rumah tangga dengan bayi, anak-anak kecil, atau hewan peliharaan yang sensitif terhadap suara. Selain itu, tingkat kebisingan yang rendah juga memungkinkan penggunaan robot vacuum cleaner saat malam hari tanpa mengganggu tidur penghuni rumah. Dengan memperhatikan tingkat kebisingan saat memilih robot vacuum cleaner, pengguna dapat menjamin pembersihan yang efektif tanpa mengorbankan kenyamanan.

Pengukuran noise level ini menggunakan satuan desibel (dB) dan berdasarkan riset saya, umumnya berkisar antara 55 dB hingga 69 dB. Secara umum, robot vacuum cleaner dengan daya hisap tinggi cenderung lebih bising dibandingkan dengan model yang memiliki daya hisap lebih rendah. Jadi, jika Anda menginginkan robot vacuum dengan noise level rendah, perhatikan juga daya hisapnya. Eufy X8 Hybrid memiliki noise level yang terendah yaitu 55 db, dengan daya hisap yang juga rendah yaitu 2000 Pa.

Voice assistant

Voice assistant dalam sebuah robot vacuum cleaner menawarkan kenyamanan dan kontrol bagi pengguna. Dengan menggunakan suara mereka, pengguna dapat dengan mudah mengontrol jadwal pembersihan dan memerintahkan robot untuk memulai atau menghentikan pembersihan. Voice assistant dalam robot vacuum cleaner membuat pembersihan lebih efisien. Voice assistant juga menawarkan pengalaman yang lebih nyaman bagi pengguna.

Station

Self-emptying station merupakan fitur yang sangat penting dalam sebuah robot vacuum cleaner karena mengatasi masalah pengosongan tangki debu secara manual yang sering kali merepotkan. Dengan self-emptying station ini, robot vacuum cleaner dapat secara mandiri mengosongkan tangki debunya ke dalam wadah penyimpanan yang lebih besar, sehingga memungkinkan robot untuk terus melakukan pembersihan tanpa perlu intervensi manusia.

Fitur ini tidak hanya menghemat waktu dan tenaga pengguna, tetapi juga memastikan kinerja pembersihan yang konsisten dan efisien dengan mengurangi risiko tangki debu yang terlalu penuh yang menghambat hisapan. Selain itu, self-emptying station juga membantu menjaga kualitas udara di dalam rumah dengan mengurangi paparan debu dan alergen selama proses pengosongan.

Perbandingan robot vacuum cleaner terbaik 2024

Nah, Sahabat Hemat, saya sudah melakukan riset dari berbagai sumber yang dapat dipercaya untuk menemukan robot vacuum cleaner terbaik. Saya mengumpulkan informasi penggunaan beberapa merek robot vacuum cleaner dari 3 Youtube Channel yaitu Valid Consumer, Consumer Analysis dan Vacuum Wars, serta beberapa situs seperti The Spruce, TechRadar, RTINGS, ModernCastle. Dari riset tersebut, saya kumpulkan ke dalam satu tabel berikut ini:

 

Produk Harga (Rp) Kelas harga Service center di Indonesia Multi mapping Vacuum & mopping Noise level Water tank Station Battery life Battery Suction Sensor Type
Dreame L20 Ultra Β± 17 juta
Premium (>10 juta)
tidak tersedia βœ“ βœ“ 63 dB 180 ml βœ“ 210 min 6400 mAh 7,000 Pa LDS
Ecovacs Deebot X2 OMNI Β± 17 juta tersedia βœ“ βœ“ 64.9 dB 180 ml βœ“ 210 min 6400 mAh 8,000 Pa RGBD sensor
Ecovacs Deebot X1 OMNI Β± 14 – 16 juta tersedia βœ“ βœ“ 69 dB 180 ml βœ“ 140 min 5200 mAh 5,000 Pa DToF laser
Roborock S7 MaxV Ultra Β± 13 juta tidak tersedia βœ“ βœ“ 55 – 68 dB 200 ml βœ“ 126 min 5200 mAh 5,500 Pa LiDAR sensor
Ecovacs Deebot T20 Omni Β± 12 juta tersedia βœ“ βœ“ 68 dB 420 ml βœ“ 190 min 5200 mAh 6,000 Pa Distance sensor
Roborock Q Revo Β± 9 juta
5 – 10 juta
tidak tersedia βœ“ βœ“ 64.5 dB 180 ml βœ“ 180 min 5200 mAh 5,500 Pa LDS
Ecovacs Deebot T9+ Β± 7 juta tersedia βœ“ βœ“ 55 – 69 dB 180 ml βœ“ 175 min 5200 mAh 3,000 Pa Laser sensor
Roborock S7 MaxV Β± 7 juta tidak tersedia βœ“ βœ“ 52 – 57 dB 200 ml βœ“ 180 min 5200 mAh 5,100 Pa LiDAR sensor
Roborock Q7 Max Β± 7 juta tidak tersedia βœ“ βœ“ 64 dB 350 ml βœ“ 180 min 5200 mAh 4,200 Pa Precision PreciSense LiDAR
Ecovacs Deebot N8 Pro Β± 5 juta tersedia βœ“ βœ“ 60 dB 240 ml ✘ 110 min 3200 mAh 3,000 Pa dToF sensors
Yeedi vac Station Β± 4 juta
< 5 juta
tidak tersedia ✘ βœ“ 64.1 dB 240 ml βœ“ 200 min 5200 mAh 3,000 Pa Smart mapping sensor
Eufy X8 Hybrid Β± 3 juta tidak tersedia ✘ βœ“ 41 – 55 dB 250 ml ✘ 180 min 5200 mAh 2,000 Pa Anti-drop sensor

Ecovacs Deebot T9+

Ecovacs Deebot T9+

Ecovacs Deebot T9+ adalah Deebot T9 plus stationnya. Deebot T9+ ini memiliki harga sekitar 7 jutaan dan salah satu pilihan yang terjangkau untuk robot vacuum cleaner dengan auto-empty station serta service center yang juga tersedia di Indonesia. Ia memiliki station yang dapat menyimpan semua kotoran dari robot vacuum cleaner selama 60 hari.

Ada beberapa kelebihan dan kekurangan dari Ecovacs Deebot ini. Kelebihannya adalah produk ini memiliki opsi penjadwalan, pilihan pengharum ruangan seperti bunga Lavender atau bunga Bluebell, Teknologi TrueDetect 3D dan memiliki tingkat kebisingan atau noise level yang rendah selama pengoperasian yaitu 55 – 69 dB (menurut TechRadar). Kekurangannya adalah produk ini tidak dapat menangani benda-benda besar, akibatnya adalah benda-benda itu dapat terjebak di dalam mesin. Itu dapat mempengaruhi kemampuannya untuk vakum dan menyedot debu.

Review Pemakaian Pribadi: Ecovacs Deebot X1 OMNI & Deebot OZMO 920

Saya mempunyai 2 Ecovacs Deebot di rumah, yaitu Ecovacs Deebot OZMO 920 Series dan Ecovacs Deebot X1 OMNI. Deebot OZMO 920 Series diluncurkan pada tahun 2019. Sedangkan, Deebot X1 OMNI diluncurkan pada tahun 2022. Jadi, Deebot X1 OMNI lebih baru dan lebih canggih daripada DEEBOT OZMO 920 Series ya.

Saya cerita sedikit ya tentang Deebot OZMO 920 Series yang suka β€œmaju tak gentar”. Jadi jika ada sesuatu di depannya, ia tidak akan menghindarinya. Contohnya ada kaki saya di lantai, produk ini akan mengepel kaki saya. Atau jika ada kabel, ia akan mengepel kabelnya. Sedangkan, Deebot X1 OMNI yang baru saya beli ini lebih pintar ya. Jika ada sesuatu di depannya, ia akan menghindarinya.

Deebot X1 OMNI ini mempunyai voice assistant yang bernama Yiko. Sedangkan Deebot OZMO 920 Series tidak memiliki voice assistant.

Yang terakhir, Deebot X1 OMNI ini menurut saya terlihat lebih bagus daripada Deebot OZMO 920 Series saya yang hitam karena dibuat oleh JACOB JENSEN DESIGN.