Pilihan 5 Merk Minuman Sereal Untuk Sarapan

Pasti kita sudah sering sekali mendengar sarapan dengan sereal sangat dianjurkan, karena gizinya yang lengkap, rasanya yang enak, penyajiannya praktis dan yang penting anak-anak suka. Bahkan di pasaran sudah tersedia minuman susu dan sereal yang tinggal diseduh dengan air panas, dan woalah…sarapan sudah tersedia dalam sekejap.

Pada dasarnya minuman instan susu sereal ini boleh dikonsumsi oleh bayi umur 1 tahun tapi lebih disarankan untuk bayi yang selesai masa ASI atau bayi usia 2 tahun ke atas. Minuman susu sereal dianjurkan untuk dikonsumsi hanya sekali dalam sehari. Dan tidak berlebihan, karena dapat menimbulkan serangkaian masalah seperti masalah pencernaan yang mungkin disebabkan oleh susu dan pemanis yang digunakan pada minuman instan susu sereal.

Sereal jenis ini jika diminum sesuai porsi dan umur yang disarankan dapat menjaga daya tahan tubuh, memberikan anak energi agar tidak mudah lelah di pagi hari dan kenyang lebih lama. Berikut merek minuman susu dan sereal pilihan hemat.id: [Diperbarui 21 Februari 2024]

Perbandingan informasi nilai gizi beberapa merek sereal
Sereal** Harga* per gram kemasan Energi total per gram takaran saji Gula per gram takaran saji Harga* Kemasan Takaran saji Energi total Lemak total Kolesterol Lemak jenuh Protein Karbohidrat total Serat pangan Gula Garam %AKG
Lemak total
%AKG
Kolesterol
%AKG
Lemak jenuh
%AKG
Protein
%AKG
Karbohidrat total
%AKG
Serat pangan
%AKG
Garam
Energen Cokelat 10x34gr Rp78 4.4 kkal 0.5 g Rp26,400 340 g 34 g 150 kkal 3.5 g 0 mg 3.5 g 2 g 27 g 1 g 18 g 160 mg 5% 0% 17% 3% 8% 5% 11%
GoWell Cokelat 29 g Rp47 4.1 kkal 0.3 g Rp34,425 725 g 29 g 120 kkal 3 g 15 mg 1 g 1 g 23 g 2 g 10 g 135 mg 4% 4% 5% 1% 7% 6% 9%
Entrasol Quick Start  Chocolate 5X30gr Rp151 4.3 kkal 0.4 g Rp22,632 150 g 30 g 130 kkal 3.5 g 0 mg 2 g 2 g 22 g 1 g 12 g 115 mg 5% 0% 11% 4% 7% 3% 8%
Quaker 3in1 Chocolate 224g Rp97 3.9 kkal 0.3 g Rp65,200 672 g 28 g 110 kkal 2.5 g 0 mg 1.5 g 2 g 21 g 1 g 8 g 85 mg 4% 0%   3% 6% 4% 6%
Nola Granola Chips Choco Banila Rp280 4.8 kkal 0.2 g Rp28,000 100 g 25 g 120 kkal 4.5 g 0 mg 2 g 2 g 17 g 4 g 5 g 55 mg 7% 0% 11% 4% 5% 14% 4%

*Informasi harga diambil dari toko online di tanggal 21 Februari 2024. Harga dapat berubah sesuai dengan kebijakan penjual.
**Informasi nilai gizi untuk produk dengan varian rasa Cokelat karena paling banyak diminati.

1. Energen

Dikenal dengan pelopor minuman instan susu sereal. Energen terdiri dari sereal, susu, telur dan SIGMAVIT. Sehingga dapat menjadi salah satu alternatif sarapan yang dapat memberikan energi di pagi hari dan dapat mencegah kita sarapan secara berlebihan.  Energen benar-benar sudah melekat di hati semua orang. Salah satu konsumen setia produk ini adalah saya sendiri, rasanya enak dan manisnya pas bagi beberapa orang.

Kemudian yang membuat saya susah berpaling ke merek lain adalah Energen memiliki enam varian rasa yang semuanya enak, yaitu vanila, cokelat, jagung, kacang hijau, jahe, dan kurma.

Informasi Nilai Gizi Energen Cokelat
Informasi Nilai Gizi Energen Cokelat

Kelebihan :

  • Mudah ditemukan
  • Praktis
  • Harganya terjangkau
  • Varian rasanya banyak

Kekurangan :

  • Mengandung gula, krimer dan bahan pengawet yang tinggi sehingga dianjurkan hanya minum maksimal 2 kali/hari.
  • Kandungan gula pada Energen Cokelat lebih tinggi daripada sereal lainnya, yaitu 18 g untuk takaran saji 34 g.
 

2. GoWell

Memiliki sebelas macam vitamin, mineral, kalsium dan juga karbohidrat sehingga membuat anak kenyang lebih lama, selain sebagai menu sarapan praktis yang menyehatkan GoWell juga dapat membantu menambah berat badan.

Jadi sangat cocok untuk Anda atau anak Anda yang sedang dalam program menaikkan berat badan dengan sehat. Memiliki empat varian rasa, ada coklat, kacang hijau, vanila dan taro. Selain dapat dinikmati dalam keadaan hangat, GoWell juga enak disajikan dengan cara dibuat ice blended dan diminum dengan tambahan es batu.

Informasi Nilai Gizi GoWell Cokelat
Informasi Nilai Gizi GoWell Cokelat

Kelebihan:

  • Memiliki kadar kalori yang lebih rendah dalam satu sachet dibanding Energen, Gowell hanya 120 sedangkan Energen 130.
  • Dapat dinikmati hangat, dingin maupun dibuat ice blended.
  • Harga paling murah di antara merek sereal lainnya.

Kekurangan :

  • Varian rasa masih sedikit.
  • Mengandung nilai gizi kolesterol sebesar 15 mg. Sedangkan nilai gizi kolesterol di merek lain adalah 0.

3. Entrasol QuickStart

Untuk orang yang dalam program diet cocok sekali menjadikan susu sereal Entrasol QuickStart masuk ke dalam daftar menu sarapan sehat dan kaya serat. Dalam satu bungkus Entrasol Quickstart Cereal Chocolate ini mengandung 130 kalori untuk takaran saji 30 g. Mengandung kalsium yang sangat baik untuk mempertahankan kepadatan tulang, serat untuk kesehatan pencernaan dan vitamin D yang tinggi sehingga dapat mencegah terjadinya osteoporosis, dan juga dapat menjaga daya tahan tubuh Anda.

Selain sebagai sarapan, susu sereal ini pun bisa jadi alternatif camilan sehat saat lapar melanda, memiliki ukuran 30 gram isi 5 sachet. Varian rasa ada vanila veggie yang mengandung flakes sayuran asli dan rasa coklat yang nikmat.

Informasi Nilai Gizi Entrasol Quick Start Chocolate
Informasi Nilai Gizi Entrasol Quick Start Chocolate

Kelebihan :

  • Tinggi protein.
  • Tinggi Kalsium dan Vitamin D.

Kekurangan :

  • Harga lebih mahal daripada Energen.

4. Quaker 3in1

Quaker 3in1 Minuman Sereal Oats adalah pilihan praktis untuk sarapan atau camilan sehat. Ada tiga varian rasanya: Chocolate, Vanilla, dan Berry Burst, dan setiap kemasan berisi 8 sachet. Produk ini kaya kalsium dari oat utuh Australia, yang bagus untuk tulang dan gigi. Minuman ini juga mengandung 7 vitamin penting, seperti Vitamin B1, B2, B3, B9, B12, dan D, yang membantu tubuh tetap sehat. Misalnya, Vitamin B membantu tubuh menggunakan energi dari makanan, dan Vitamin D membantu tubuh menyerap kalsium.

Dengan hanya 110 kkal per sajian, Quaker 3in1 Minuman Sereal Oats cocok bagi yang ingin makan dengan lebih ringan. Dengan kemasan yang mudah, ini bisa jadi pilihan bagus untuk sarapan atau camilan sehat.

Informasi Nilai Gizi Quaker 3in1 Chocolate
Informasi Nilai Gizi Quaker 3in1 Chocolate

Kelebihan :

  • Hanya 110 kkal per takaran saji 28 g untuk Quaker 3in1 Chocolate
  • Mengandung banyak vitamin

Kekurangan :

  • Harga lebih mahal daripada Energen.

5. Nola Granola Chips

Granola Chips dari Nola hadir dalam 4 rasa yang berbeda: Chocolate Bark, Chocolate Banila, Pandan Nangka, dan Peanut Butter. Granola Chips ini bisa dinikmati sebagai camilan ringan, dimakan bersama teh, atau sebagai alternatif sarapan sehat.

Kandungan gula di Nola Granola Chips ini paling rendah di antara merek lain yang kami riset. Dan persentase AKG untuk kandungan Garam juga cukup rendah yaitu 4%, dibandingkan dengan merek lain yang lebih dari 6%. Sehingga Nola Granola Chips ini pilihan yang tepat untuk Anda yang sedang diet atau mencari snack sehat.

Granola Chips ini cocok untuk vegetarian dan memiliki kandungan serat dan protein yang tinggi. Dengan hanya 120 kkal per sajian 25 gram, Granola Chips dari Nola adalah camilan yang lezat dan sehat. Jadi, Anda bisa menikmatinya tanpa khawatir memperhitungkan kalori secara berlebihan.

Kelebihan :

  • Kandungan gula dan garam rendah
  • Tinggi protein
  • Kandungan serat pangan tinggi

Kekurangan :

  • Harga lumayan mahal, sekitar 28ribuan untuk 100 g.

6. Nestle Nestum

Susu sereal produksi Nestle ini bahan utamanya terdiri dari gandum utuh, jagung dan beras, sehingga membuat Anda merasa kenyang lebih lama dan bersemangat dalam menjalankan aktivitas sepanjang hari. Ukuran 32 gram isi empat sachet, Nestum 3-in-1 terdiri dari dua pilihan rasa, yaitu rasa susu, coklat, susu pisang, dan susu & coklat.

Kelebihan :

  • Mudah ditemukan
  • Kombinasi rasa yang unik

Kekurangan :

  • Produk sudah sulit ditemukan di official store

7. Frisian Flag Susu Sereal

Kombinasi antara susu dan sereal gandum lezat yang kaya akan zat besi, kalsium, juga dilengkapi dengan sepuluh macam vitamin empat mineral yang sangat baik untuk kesehatan tubuh serta dapat membuat kenyang lebih lama.

Memiliki ukuran 28 gram isi 10 sachet dan tersedia varian rasa coklat. Saran penyajiannya adalah cukup larutkan 28 gram produk ke dalam sekitar 150 ml air matang hangat, tidak perlu menggunakan air mendidih untuk menjaga kualitas terbaik zat gizi makro dan mikro yang terkandung dalam Frisian Flag susu sereal.

Kelebihan :

  • Dapat dilarutkan hanya dengan air matang hangat

Kekurangan :

  • Belum banyak ditemukan di warung-warung
  • Hanya memiliki varian rasa cokelat

Itulah beberapa pilihan minuman susu sereal yang memiliki banyak sekali manfaat untuk tubuh kita dan juga hemat, susu sereal memang kaya akan nutrisi tapi tidak dapat menggantikan kebutuhan vitamin dan nutrisi harian. Kita tetap membutuhkan varian makananan lain agar kebutuhan nutrisi kita terpenuhi setiap harinya. Apa pilihan susu sereal favorit Anda atau keluarga?

Sumber :

  1. https://www.alodokter.com/komunitas/topic/makanan-anak
  2. https://www.fatsecret.co.id/kalori-gizi/indofood/gowell-sereal-susu/1-porsi