Waspada! Ternyata Buah Dan Sayur Ini Tidak Boleh Disimpan Di Dalam Kulkas

Sudah hal yang lumrah bagi pemilik rumah untuk menyimpan berbagai panganan buah dan sayuran ke dalam kulkas dengan tujuan untuk membuat buah tersebut tetap segar saat dikonsumsi. Namun sayangnya, banyak orang yang masih belum tahu bahwa tidak semua makanan bisa dan baik untuk disimpan di dalam sebuah kulkas.
Pasalnya, ada beberapa buah yang sulit untuk mendapatkan kematangan bila dimasukkan kedalam kulkas, berikut diantaranya :

1. Buah Alpukat

manfaat-alpukat.jpg

Buah alpukat sebaiknya tidak perlu dimasukkan ke dalam kulkas karena akan menganggu proses kematangan buah tersebut. Untuk mendapatkan kematangan yang pas, maka buah Alpukat sebaiknya diletakkan di sebuah mangkuk dapur saja agar mendapatkan kematangan yang pas.

2. Buah Semangka

Selain alpukat juga ada buah semangka yang tidak boleh disimpan didalam kulkas. Suhu dingin didalam kulkas hanya akan merusak hingga menghancurkan berbagai kandungan nutrisi yang ada pada semangka seperti antioksidan, lycopene, serta zeaxanthin.

3. Buah Nanas

Nanas terlalu baik bila diletakkan dalam suhu yang dingin. Karena pada dasarnya mereka akan tumbuh di suhu yang hangat. Jadi, sebaiknya buah-buahan tersebut tidak perlu disimpan didalam kulkas, kecuali memang sudah dipotong-potong untuk dimakan.

4. Buah Kiwi

Cara yang tepat menyimpan kiwi yang masih keras atau belum matang adalah dengan menaruhnya di suhu ruang. Suhu ruang akan membuat kiwi matang secara alami. Memang Anda bisa saja menyimpan kiwi di dalam lemari es, dengan catatan hanya jika kiwi tersebut sudah dalam keadaan matang. Menaruhnya di dalam lemari es akan memperlambat proses pematangan. Tentu saja, jika kiwi yang sudah matang disimpan di dalam lemari es, maka buah tersebut tidak akan cepat busuk.

5. Daun Kemangi

 

Sementara untuk sayuran, terdapat juga beberapa jenis yang tidak boleh dimasukkan kedalam kulkas. Diantaranya seperti daun kemangi, tanaman ini tidak menyukai suhu dingin seperti halnya tomat. Jika Anda menyimpannya di dalam kulkas justru akan membuatnya menjadi layu. Taruh saja kemangi di meja dapur. Tips menyimpanya, Anda bisa menaruh daun kemangi seperti bunga segar, yaitu diletakkan pada wadah dan diberi air dan diletakkan pada tempat yang tidak terkena sinar matahari langsung. Anda juga dapat menyimpannya di dalam kantong plastik yang telah diberi lubang, untuk sirkulasi udara segar. Anda bisa mencoba untuk menaruhnya di sebuah toples dengan sedikit air tawar didalamnya, untuk tetap menjaga kesegaran daun kemanggi tersebut.

6. Bawang

Menyimpan bawang di kulkas akan merusak lapisan kulit tipis yang melindungi permukaan luar bawang. Kekurangan sirkulasi udara dalam kulkas juga bisa membuat bawang jadi cepat busuk.
Khususnya untuk bawang putih, suhu yang sejuk akan membuat tunasnya cepat tumbuh. Selain itu juga akan lebih cepat berjamur dan berubah tekstur menjadi seperti karet.
Makanya, simpan saja bawang di tempat yang kering dan gelap. Hindari dari cahaya langsung karena akan membuat bawang menjadi terasa pahit. Bawang ini sebenarnya bisa bertahan dan akan tetap baik-baik saja meskipun tidak disimpan di kulkas. Yang terpenting adalah, pastikan penyimpanan kedua bawang ini tidak kedap udara dan tidak berdekatan dengan kentang.

7. Kentang

Menyimpan kentang dalam kulkas akan mengubah tepung dalam kentang menjadi gula lebih cepat. Akibatnya kentang akan menjadi manis dan teksturnya berpasir. Kentang lebih baik disimpan dalam kantung kertas, lalu ditaruh dalam lemari penyimpanan yang bebas dari paparan sinar matahari. Jangan simpan kentang dalam plastik karena akan membuat kentang cepat busuk.

 

Demikian tips menyimpan buah dan sayur Anda agar tetap segar. Dapatkan promo buah dan sayur termurah ada di hemat.id. Semoga bemanfaat dan selamat mencoba.