21 Cara Pintar Menyibukkan si Kecil

Waahh….liburan sudah datang nih, dan Moms bingung mau ikut happy atau jadi pusing. Buat Moms dan keluarga yang sudah memiliki rencana berlibur pasti tidak begitu pusing ya, tapi buat Moms yang tidak ada rencana berpergian selama liburan ini tentu harus memutar otak lebih keras demi menyibukkan para bos kecil di rumah agar mereka tidak bosan dan tidak malah jadi main gadget terus seharian.

Berikut 21 cara pintar untuk menyibukkan di kecil selama liburan panjang ini :

1. Menggambar dan mewarnai

Kebanyakan anak-anak sangat suka menggambar dan mewarnai, siapkan kertas atau buku gambar untuk anak menggambar dan juga beberapa buku mewarnai dengan gambar karakter yang disukai anak.

Menggambar dan mewarnai sangat bermanfaat untuk mengembangkan kemampuan motorik anak dan sebagai media untuk anak bisa mengekspresikan perasaannya.

2. Bermain lego

Puzzle.jpg

Harga permainan ini memang cukup mahal tapi memiliki manfaat yang sangat baik untuk kecerdasan otak anak, membuat anak mengkonstruksi sesuai dengan instruksi, lalu bisa mengembangkan daya imajinasi anak.

3. Bermain puzzle

Sama halnya dengan lego bermain puzzle juga memiliki banyak manfaatnya dan yang pasti akan membuat anak sibuk, tapi jangan lupa untuk memperhatikan tingkat kesulitannya harus sesuai dengan umur anak.

4. Bermain permainan tradisional

congklak.jpg

Keluarkan permainan congklak,bermain dengan bola bekel dan permainan tradisional lainnya yang Anda miliki di rumah, ganti permainan jika mereka mulai bosan sehingga keseruannya terasa tidak ada habisnya.

5. Bermain hide and seek

hideseek.jpg

Anda bisa mengajak anda untuk bermain hide and seek di sekitar rumah, bermain hide and seek ini bisa melatih kekompakkan lho…

6. Bermain sepeda

Sepeda.jpg

Jika cuaca mendukung Anda bisa mengajak anak bersepeda mengelilingi komplek untuk mengisi waktu anak, aktivitas ini sangat baik melatih koordinasi antara tangan, kaki, mata, dan juga keseimbangan anak

7. Cooking

Aktivitas ini adalah aktivitas yang paling di sukai anak-anak, Anda bisa mengenalkan anak bagaimana cara menggunakan pisau dengan aman dan bisa membantu anak agar tertarik untuk mencoba makanan baru, apalagi makanan yang mereka buat sendiri.

8. Bermain treasure hunt

Anda bisa menyiapkan beberapa snack atau mainan favoritnya, lalu Anda sembunyikan. Tapi ingat untuk menyembunyikannya di tempat yang masih bisa terjangkau anak dan tidak menyembunyikannya di luar rumah agar anak tetap di bawah pengawasan Moms.

9. Bermain board game

Banyak sekali jenis boardgame yang bisa anda pilih, selain sangat menyenangkan untuk di mainkan bersama-sama bermain board game mengasa sikap kompetitif anak, agar bisa menerima jika kalah.

10. Bermain dress up

Kalau anak perempuan tidak akan bosan untuk bermain dress up apalagi dengan teman-temannya atau orang tuanya, mereka bisa dress up dengan tema princess atau profesi.

11. DIY aksesoris untuk boneka barbie

Saya dan anak-anak suka sekali menonton channel youtube myfrogystuff, ini adalah channel yang kontennya mengenai DIY membuat aksesoris khusus untuk barbie. Dari pakaian, tempat tidur, sofa sampai meja dan bahkan rumah, kami bisa menghabiskan berjam-jam untuk sama-sama mengerjakan aktivitas kerajinan tangan dari barang-barang bekas.

12. DIY membuat rumahan dengan kardus

Nah, selain membuat aksesoris untuk barbie kita pun bisa membuat rumah-rumahan untuk anak-anak bermain yang terbuat dari kardus. Dan anak-anak pun bisa ikut menghias dan membantu dalam mengerjakannya.

13. DIY membuat kitchen set dengan kardus

Selain ide crafting di atas, Anda pun bisa mengajak anak untuk membuat kitchen set yang terdiri dari sink, lemari es, kulkas, kompor dan lemari es. Saya sudah pernah melakukan ini dan anak-anak “lupa” akan gadget nya selama liburan.

14. Bermain air

Pada dasarnya anak-anak itu memang sangat suka bermain dengan air, hanya bermodalkan selang saja di jamin anak-anak sudah sangat senang sekali.

15. Mengundang teman nya kerumah

Beri izin ke anak untuk mengajak 2-3 temannya untuk bermain kerumah, jangan lupa untuk merencanakan permainan apa saja yang bisa anak-anak mainkan dan juga snack untuk si kecil dan teman-temannya setelah lelah bermain

16. Membaca buku baru

Ajak anak ke toko buku untuk membeli beberapa buku cerita baru untuk mereka baca di rumah.

17. Berkemah di halaman

Berkemah di halaman rumah adalah alternatif kegiatan untuk menyibukkan anak yang sangat baik, baik untuk perkembangan emosi, juga untuk bermanfaat agar anak lebih bertanggung jawab dan juga murah.

18. Bermain Play doh

Bermain dengan play doh bisa membuat anak berimajinasi, karena teksturnya yang mudah untuk dibentuk bisa berbentuk makanan atau benda lainnya. Bisa menggunakan alat cetakannya atau dengan hanya menggunakan tangan.

19. Bermain Pasir Kintetis

Sama halnya dengan play doh, pasir kintetis memiliki tekstur lembut yang bisa di bentuk dan tidka lengket. Anak-anak tidak akan bosan bermain ini, apalagi jika tersedia juga cetakan dengan bentuk bunga atau pun bentuk hewan.

20. Senam

Tidak ada salah nya mengisi waktu anak dengan mengajak anak untuk senam bersama Anda, tapi tentu saja dengan teknik senam khusus anak-anak.

21. Bermain di taman

JIka Anda sudah kehabisan ide, mengajak anak bermain ke taman adalah solusinya. Di mana mereka bisa bersosialisai dengan anak seumurnya rasa percaya dirinya dan dapat membakar energi nya.

Ternyata banyak sekali ya kegiatan yang bisa anak-anak lakukan untuk mengisi waktu mereka, jadi Moms tidak perlu pusing lagi ya…

Bagikan cerita mengenai cara Anda untuk menyibukkan anak anda selama liburan sekolah, tuliskan pada kolom komentar di bawah ini.