4 Cara Menyiasati Minyak Goreng Langka Ala Hemat.id

Halo sahabat hemat!

Masih dalam rangka minyak goreng (minyak kelapa sawit) yang susah susah gampang didapat nih. Ditambah dengan kenaikan harga pangan yang disebabkan oleh beberapa kondisi, sebagai Ibu-Ibu tentunya kondisi ini agak membuat khawatir ya Bun untuk kita sebagai manager utama di dapur. Dan nggak sampai sebulan lagi kita akan memasuki bulan Ramadhan yang artinya harga sembako akan merangkak naik. Coba cek artikel dibawah ini yuk sahabat hemat, siapa tahu bermanfaat untuk menyiasati kondisi saat ini. 

Baca juga : Cara Menghadapi Kenaikan Harga Pangan, Bersama Hemat.id

Selain menggunakan tips-tips ciamik di artikel di atas, saya biasanya menyiasati kondisi ini dengan beberapa cara. Mungkin cara ini juga bisa anda coba di rumah. Tips nomor empat worthed untuk disimak ya Bun!

4 Cara Menyiasati Minyak Goreng Langka Ala Hemat.id

 

1. Menggunakan Alternatif Pengganti Minyak Goreng

Untuk alternatif pengganti ini biasanya bisa digunakan untuk metode memasak tumis-menumis yang hanya membutuhkan sedikit minyak. Untuk metode memasak deep frying atau menggoreng dengan banyak minyak, bahan alternatif pengganti minyak goreng ini malah akan terasa lebih mahal untuk digunakan. Anda bisa mencoba alternatif pengganti minyak goreng ini karena selain lebih mudah didapatkan, biasanya akan memberikan cita rasa berbeda pada masakan Anda yang pastinya lebih enak! Beberapa alternatif pengganti minyak goreng adalah:

a. Minyak Kelapa

Selain membelinya, Anda bisa juga membuat minyak kelapa homemade sendiri untuk menghemat pengeluaran. Proses membuat minyak kelapa ada 2 jenis yaitu tanpa pemanasan dan dengan pemanasan. Minyak kelapa yang dibuat tanpa pemanasan biasanya disebut virgin coconut oil dengan tampilan minyak kelapa bening tanpa bau tengik. Virgin coconut oil ini sangat kaya akan vitamin, mineral dan antioksidan karena tidak melalui proses pemanasan sehingga tidak terjadi kerusakan nutrisi dan memiliki rasa yang plain atau tawar dengan sedikit bau kelapa. Saya sering menggunakan virgin coconut oil sebagai sumber lemak baik dengan cara diminum langsung atau menjadi dressing salad sayuran. 

Minyak kelapa yang dibuat dengan pemanasan biasanya memiliki warna kuning dan akan menjadi tengik seiring semakin lama minyak disimpan. Minyak kelapa homemade bisa disimpan selama 8-10 bulan di suhu ruang dengan kondisi tertutup rapat. Untuk proses membuatnya Anda bisa mencarinya di internet karena sudah banyak sekali tutorial cara membuat minyak kelapa homemade. Yuk dicoba. 

b. Minyak Zaitun (pilih sesuai fungsi)

Minyak zaitun juga merupakan salah satu pengganti minyak goreng untuk menumis dan sering juga digunakan sebagai dressing salad atau tambahan lemak baik untuk MPASI anak. Ada beberapa jenis minyak zaitun yang perlu Anda perhatikan saat membelinya agar tepat manfaat saat menggunakannya, yaitu :

  1. Extra Virgin Olive Oil. Dibuat dengan proses cold press sehingga kandungan nutrisinya masih sangat tinggi serta tanpa tambahan bahan kimia pada proses ekstraksinya. Paling cocok diminum langsung atau ditambahkan pada MPASI anak sebagai sumber lemak baik. Harganya paling mahal dengan warna agak kehijauan (tidak kuning keemasan seperti minyak zaitun lainnya). Dikemas dengan botol berwarna gelap untuk menjaga minyak dari oksidasi oleh cahaya. Disarankan untuk tidak memasak menggunakan minyak zaitun jenis ini karena proses pemanasan akan merusak kandungan nutrisi baik di dalamnya. 
  2. Virgin Olive Oil. Minyak zaitun yang juga dibuat dengan proses cold press tapi memiliki standar mutu dibawah extra virgin olive oil. Cocok digunakan sebagai dressing salad, steak atau penambah aroma zaitun pada masakan. Disarankan tidak memasak atau hanya menumis sebentar dengan menggunakan minyak zaitun jenis ini.
  3. Extra Light Olive Oil. Kandungan nutrisinya sedikit lebih tinggi dibandingkan light olive oil. Cocok untuk menumis atau memanggang.
  4. Light Olive Oil atau Pure Olive Oil atau Refined Olive Oil. Biasanya berwarna kuning keemasan atau kuning light. Sering digunakan untuk menggoreng deep-fry, menumis dan memanggang. Kualitas nutrisinya rendah dan aroma zaitun tidak kuat.
  5. Pomace. Minyak zaitun dengan warna cenderung bening, aroma zaitun yang hampir tidak tercium, dan rasa hambar. Biasanya digunakan sebagai bahan baku pembuatan kosmetik, sabun atau untuk minyak pijat dengan harga yang paling ekonomis di antara minyak zaitun jenis lain.

c. Mentega (Butter) atau Margarin

Sebelum membahas lebih lanjut, Anda perlu tahu bahwa mentega adalah nama lain dari butter. Ada perbedaan mendasar di antara dua jenis bahan ini yaitu mentega dibuat dari produk susu (lemak hewani), sedangkan margarin dibuat dari produk non-susu (terbuat dari minyak/lemak nabati) dengan tujuan sebagai pengganti mentega yang lebih ramah kantong. Warna mentega (butter) bisa berbeda-beda, tergantung jenis susu hewan apa yang digunakan. Sedangkan margarin biasanya berwarna kuning pekat. Tapi sebagai konsumen, Anda juga harus jeli memperhatikan label kemasan karena banyak juga mentega yang sudah dicampur margarin untuk menekan harga jual. Dari segi rasa, mentega/butter lebih cocok untuk dibuat makanan manis karena beraroma harum khas susu, sedangkan margarin tidak terlalu beraroma sehingga lebih cocok untuk menumis. Namun untuk anak saya yang sedang mengejar berat badan, saya biasanya menumis atau mencampur makanannya dengan butter yang kaya akan lemak.

d. Ghee

Ghee sebenarnya adalah butter. Hanya saja proses memasaknya lebih lama sehingga aromanya lebih harum. Ghee juga melewati proses penjernihan dan penyaringan sehingga kandungan kasein dan laktosa pada ghee berkurang jadi aman digunakan oleh orang dengan kondisi lactose intolerance. Aromanya butter banget dengan tekstur yang lebih lembut. Di Indonesia ghee dikenal dengan nama minyak samin. Ghee merupakan bahan untuk masakan India yang sudah digunakan berabad-abad yang lalu yang bisa awet hingga 100 tahun di suhu ruang. 

e. Minyak Wijen

Saya banyak mengenal penggunaan minyak wijen dari drama Korea. Beberapa masakan cocok banget diolah dengan minyak wijen, beberapa malah aneh kombinasi rasanya. Anda bisa menyesuaikan dengan jenis masakan Anda di rumah.

f. Minyak Kulit Ayam

Salah satu bahan andalan untuk membuat MPASI Ibu-Ibu jaman now ini. Caranya gampang banget, Anda hanya perlu mengsangrai kulit ayam di atas wajan dengan api kecil hingga minyak dari kulit ayam keluar. Agar lebih harum, Anda bisa menambahkan bawang bombay cincang saat minyak sudah keluar. Matikan api, biarkan dingin lalu simpan di toples kedap udara. Minyak gurih nikmat ini bisa Anda gunakan sebagai minyak untuk menumis berbagai makanan. 

2. Mengganti Metode Memasak

Seperti yang kita ketahui, deep frying merupakan metode memasak yang akan meningkatkan kadar lemak pada makanan serta banyak merusak nutrisi yang terkandung di dalam makanan karena panas tinggi. Oleh karena itu masalah minyak langka ini bisa Anda jadikan titik awal untuk mulai mengurangi proses memasak dengan metode deep frying. Anda bisa mencoba metode lain seperti mengukus (seperti menu dimsum, botok, pepes), merebus (rebus makanan lalu tumis dengan sedikit minyak untuk meningkatkan cita rasa), menumis dengan sedikit minyak, memanggang dan dengan metode masak dibakar. Sebenarnya banyak sekali pilihan menu yang bisa dieksekusi dengan berbagai metode memasak tanpa deep frying sehingga kita tidak perlu harus selalu menggunakan banyak minyak dalam mengolah makanan.

3. Hunting Minyak Goreng di Pagi Hari

Salah satu trik yang juga banyak digunakan Ibu-Ibu dalam proses hunting minyak goreng adalah dengan mengunjungi minimarket atau supermarket saat pagi hari. Biasanya minimarket atau supermarket membatasi stok harian minyak goreng yang dijual dan pastinya dikeluarkan saat pagi hari. Salah satu aturan yang dikeluarkan toko adalah membatasi jumlah maksimal pembelian minyak goreng per orang. Yang kemudian disiasati oleh Ibu-Ibu adalah dengan datang membawa anak atau anggota keluarganya yang masing-masing akan membeli sejumlah jatah maksimal yang diperbolehkan. Jangan lupa juga manfaatkan promo yang sedang berlangsung. Trik ini oke untuk Anda coba sahabat hemat.

4. Mengganti Alat Masak

Cara jitu lainnya yang bisa anda coba adalah dengan mengganti alat masak dirumah. Beberapa opsi alat masak yang bisa Anda pilih adalah sebagai berikut :

a. Wajan anti lengket

Penggunaan wajan anti lengket sudah sangat familiar di dunia perdapuran. Tujuan awalnya adalah agar masakan yang kita masak tidak mudah menempel pada wajan sehingga proses memasak dan membersihkan wajan menjadi lebih mudah. Namun keuntungan ini bisa Anda manfaatkan lebih jauh dengan memasak hanya dengan menggunakan sedikit minyak dan makanan bisa matang dengan sempurna. Banyak wajan anti lengket yang ditawarkan dari model coating granite, enamel ataupun stainless steel. Anda bisa memilihnya sesuai dengan yang Anda sukai.

b. Air Fryer

Salah satu kepraktisan alat masak jaman now! Proses preparasinya simple, bentuk alat masaknya tidak memakan tempat seperti oven, dan no minyak minyak klub. Idaman dapur minimalis masa kini. Sesuai namanya, air fryer memang alat menggoreng yang didesain tanpa minyak. Proses menggoreng yang terjadi dengan menggunakan udara panas berkecepatan tinggi yang membuat kandungan air pada makanan cepat menguap sehingga makanan matang sekaligus renyah. Saya punya rekomendasi dua air fryer yang bisa Anda jadikan pilihan untuk dijajal. Berita baiknya, kedua air fryer ini sedang ada promo. Yuk Bunda disimak yuk!

1. Oxone Mini Air Fryer OX-198

OXONE MINI AIR FRYER OX 198

 

Berat Air fryer mini ini hanya 5 kilogram dengan dimensi 26x26x38 cm dengan garansi resmi Oxone selama 2 tahun. Kombinasi warna black dan gold yang elegan akan mengisi dengan cantik dapur Anda. Berikut beberapa spesifikasi Oxone Mini Air Fryer OX-198 :

  • Daya listrik : 1000 watt
  • Panas : 280 derajat celsius
  • Rapid Air Circulate system (membuat makanan cepat matang dan hemat listrik)
  • Filter penyaring asap dan bau
  • Life test : 3000 hours

Cek promo : Oxone Mini Air Fryer OX-198 disini

2. Oxone Eco Air Fryer 1300W OX-199

Oxone Eco Air Fryer 1300W OX-199

Oxone Eco Air Fryer 1300W OX-199 memiliki dimensi 36x37x38 cm dengan berat 6 kilogram. Fitur yang paling menonjol adalah kemampuan air fryer ini dalam memasak dengan kematangan sempurna di setiap sisi dan mencegah lemak masakan dari bau hangus. Dengan warna putih dengan sedikit kombinasi warna hitam akan sangat cocok dengan dapur minimalis Anda. Oxone Eco Air Fryer 1300W OX-199 memiliki fitur easy cleaning dengan kemampuan memasak yang multifungsi yaitu memanggang, menggoreng, mengukus. Berikut detail spesifikasi Oxone Eco Air Fryer 1300W OX-199 :

  • Kapasitas : 2.2L
  • Daya listrik : 1300 watt
  • Hemat energi hingga 60%
  • Tombol ON/OFF otomatis
  • Garansi resmi Oxone 2 tahun
  • Bonus buku resep masakan

Cek promo : Oxone Eco Air Fryer 1300W OX-199 disini

Bagaimana sahabat hemat? Sungguh solusi praktis ya air fryer ini. Selain sehat karena tidak memerlukan minyak dalam proses memasak, air fryer juga akan sangat mudah dibersihkan karena tanpa minyak dalam prosesnya. Kekurangan dari air fryer adalah penggunaan daya listrik yang lumayan besar sehingga Anda perlu memastikan daya listrik rumah Anda cukup besar untuk meng-cover penggunaan listriknya. Namun diluar itu, kemudahan yang ditawarkan sungguh sangat banyak.

C. Oven 

Untuk alat masak yang satu ini sepertinya lumayan banyak yang punya ya. Namun dari pengalaman saya, oven lebih sering off dibanding digunakan soalnya sering clueless mau masak apa pakai oven. Tapi yuk Bun mulai cari-cari inspirasi resep masakan dengan menggunakan oven. Beberapa resep yang bisa dicoba eksekusi selain panggang memanggang seperti biasa, Anda bisa mencoba resep pizza, makaroni panggang atau makaroni schotel, sate oven, terong panggang isi ayam telur dan banyak lagi. Serunya resep-resep ini mostly nggak memerlukan banyak minyak.

Keuntungan lain dari menggunakan oven adalah space untuk memasukkan bahan makanan yang luas. Bisa digunakan juga untuk membuat berbagai macam cake dan kue kering.

Inilah beberapa tips yang bisa Anda gunakan dalam menyiasati dan mencari pengganti alternatif minyak goreng yang lumayan bikin galau. Semoga tips ini bisa membantu Anda memasak sehat dan berbelanja hemat. Untuk promo lainnya bisa Anda cek di aplikasi Kliptalog ataupun di web hemat.id.