5 Jenis Makanan Yang Cocok Dikonsumsi Saat Sahur

Sahur adalah sebuah istilah Islam yang merujuk kepada aktivitas makan oleh umat Islam yang dilakukan pada dini hari bagi yang akan menjalankan ibadah puasa pada bulan Ramadan. Melaksanakan sahur merupakan sunnah Rasulullah SAW dimana Rasulullah SAW bersabda :

“Umatku akan tetap berada pada sunnahku selama mereka tidak menunda untuk berbuka puasa sampai terbitnya bintang.” (HR Ibn Hibban).

Sahur juga dilaksanakan sebagai pengganti sarapan dimana saat kita berpuasa, kita tidak diperbolehkan makan setelah waktu subuh sampai tenggelam matahari atau sekitar jam 18.00 wib. Jadi sebenarnya kita hanya mempercepat waktu sarapan kita menjadi dini hari.

Sahur juga mengandung berkah, dimana dengan melaksanakan makan sahur akan membuat kita kuat dan menambah semangat dalam berpuasa.

Jadi tugas bundalah untuk menyediakan menu sahur yang bergizi agar keluarga bunda menerima asupan gizi yang cukup dan kuat dalam menjalankan ibadah puasanya seharian full, yang mana makanan-makanan yang akan disajikan harus tinggi protein dan kaya serat. Dan tidak dianjurkan makan terlalu banyak dan tidur setelah makan sahur, karena makanan perlu dicerna terlebih dahulu minimal 2 jam sebelum kita diperbolehkan tidur dan alasan yang lain adalah biasanya jika kita tidur sholat subuh akan terlewat karena ketiduran.

1. Nasi Merah

Sumber : Google Image

Dibandingkan nasi putih, mengkonsumsi nasi merah saat sahur ternyata bisa membantu menahan lapar selama sehari penuh. Beras merah bisa membantu mengontol kadar kolesterol serta memiliki kandungan vitamin B kompleks yang menjadi kunci terpenting dari proses berjalannya enzim-enzim dalam tubuh kita. Juga memiliki antidioksidan yang berfungsi untuk mencegah kanker. Serta dapat melancarkan gangguan pencernaan seperti sembelit dan susah buang air. Untuk yang baru mau mencoba nasi merah mungkin untuk langkah awal dengan mencampurkan beras merah dengan beras putih, misalnya 2 :1 lalu mulai ditingkatkan sampai semua keluarga sudah menyesuaikan diri dengan nasi merah.

2. Jagung

Sumber : Google Image

Jagung itu sangat baik untuk dikonsumsi saat sahur, karena seratnya tinggi yang membuat rasa kenyang lebih lama. Bunda bisa memasukkan jagung di semua masakan seperti bakwan jagung, sayur bayam, tumisan, sup ayam jagung, dan sebagainya.

3. Susu Sereal + Buah-Buahan

Sumber : Google Image

Susu sereal adalah makanan yang cocok di makan jika kita telat bangun sahur dan akan lebih baik jika ditambahkan dengan buah-buahan yang kaya serat juga seperti stroberi, mangga, pir atau jeruk.

4. Makanan Yang Berkuah

Sumber : Google Image

Makanan yang cocok dimakan waktu cuaca dingin adalah makanan hangat yang berkuah, bisa sayur bening atau soto. Sayur bening juga sayuran yang sangat mudah untuk dibuat karena bunda bisa memasukkan hampir semua sayuran dan daging atau udang ke sayur bening dan lebih enak jika dibuat saat akan makan sahur, contoh sayur bening adalah sebagai berikut :

  1. Sayur Bayam
  2. Sayur sop
  3. Sayur bening labu
  4. Dan sebagainya

Sayuran bersantan seperti lodeh sebenarnya masih diperbolehkan asal menggunakan santan cair.

5. Brokoli

Sumber : Google Image

Dalam brokoli terdapat beberapa vitamin seperti vitamin A, B, C, K, dan mineral seperti kalsium juga zat besi, kandungan serat dan antioksidan dalam brokoli juga sangat bagus untuk kesehatan. Selain kaya akan gizi brokoli sangat mudah ditemukan dan bisa diolah dalam berbagai macam jenis makanan, sayur bening, tumis, tumisan dengan daging atau seafood juga bisa. Berikut beberapa olahan masakan dengan bahan utama brokoli :

  1. Cah Brokoli Wortel
  2. Brokoli Cah Tofu Telur Puyuh
  3. Sayur Sop Brokoli, wortel dan bakso
  4. Dan sebagainya

Pada saat sahur biasanya kurang nafsu makan, tapi agar kita bisa kuat melaksanakan puasa diusahakan makan yang cukup, minum air putih yang cukup dan jika perlu tambahkan konsumsi vitamin. Apalagi si kecil juga sudah mulai belajar sahur jadi bunda harus benar-benar putar otak untuk menyajikan yang bisa dimakan orang dewasa dan anak-anak juga suka, bunda juga tidak perlu membuat makanan dalam porsi normal. Karena pada saat sahur biasanya kita makan tidak terlalu banyak, hanya saja jangan lupa menyisihkan seporsi untuk makan siang anak yang tidak ikut berpuasa atau untuk anak yang sedang belajar puasa setengah hari.

Sebenarnya masih banyak makanan jenis lain yang baik dikonsumsi saat sahur seperti telur dan ikan. Jika bunda ingin mendapatkan harga-harga buah dan sayur dengan harga yang murah, bunda bisa cek di hemat.id dimana bunda bisa cek harga promo di semua swalayan.

Jika bunda tidak mau terlalu pusing bunda bisa menyusun menu sahur dan berbuka agar bunda tidak bingung-bingung saat akan belanja dan saat akan mempersiapkan makanan untuk besok harinya.

Silakan berikan komentar bunda dan bagikan makanan yang biasanya jadi favorit keluarga saat sahur. Terima Kasih dan semoga bermanfaat.

Sumber :

  1. https://id.wikipedia.org/wiki/Sahur
  2. http://health.liputan6.com/read/2253929/5-menu-sahur-yang-bikin-kenyang-lebih-lama