Tips Aman Agar Anak Terhindar Dari Penculikan

Berita tentang penculikan anak terdengar dari dulu tapi somehow makin hari berita penculikan semakin marak dan semakin mengkhawatirkan apalagi banyak tersebar video-video yang memperlihatkan bagaimana nekatnya penculik yang menculik anak yang sedang berada bersama ibunya di siang hari dan dikeramaian setelah melihat video itu saya sebagai salah satu orangtua dari 2 orang putri amat sangat was-was dengan kenekatan penculik.

Entah berita hoax atau berita benar, sebagai orangtua kita tetap harus selalu waspada, dengan tidak membiarkan anak kita bermain di tempat yang terlalu jauh dan mau diajak pergi atau berbicara dengan orang asing. Tapi ada beberapa tips yang ingin saya bisa saya bagikan kepada orang tua minimal dengan tulisan ini orang tua bisa lebih waspada dan lebih peka :

1. Selalu awasi anak anda

Jika anak bunda anak rumahan bunda bisa merasa lega, walau begitu saya tidak akan membiarkan anak saya berkeliaran di teras rumah sendirian tanpa saya terus pantau atau terus memanggil nama mereka agar saya tahu mereka masih ada. Memang berita penculikan ini sangat mempengaruhi pikiran saya pribadi, bahkan di rumah pun saya selalu merasa was-was.

Tapi jika anak bunda adalah anak yang sangat suka bermain di luar rumah minimal anda harus mengawasi anak anda, karena sekarang penculikan tidak lagi mentargetkan anak perempuan atau anak laki-laki saja tapi mereka lebih melihat kesempatan jadi walaupun anak bunda sudah berumur lebih dari 7 tahun atau preschool anda harus tetap mengecek keberadaannya dan mengetahui anak Anda bermain dengan siapa saja, jangan lengah karena penyesalan selalu datang belakangan.

2. Mendaftarkan anak Anda ke sekolah beladiri

Tujuannya untuk membuat anak lebih berani dan lebih waspada jika merasa dalam keadaan terancam dan minimal anak anda akan diajarkan pelatihnya bagaimana melumpuhkan atau membuat penculik merasa kesakitan dengan memukul daerah-daerah tertentu sehingga anak bisa bebas atau bisa lari untuk meminta tolong ke orang sekitar.

Selain itu dengan beladiri secara rutin akan meningkatkan stamina, kekebalan tubuh dan kemampuan motorik anak. Bonus lainnya adalah anak sebagai tempat untuk penyalurkan energi untuk anak yang terkenal aktif.

3. Keamanan ruang publik

Ruang publik yang terlihat ramai akan membuat bunda menurunkan kewaspadaan bunda dalam menjaga anak-anak bunda, apalagi saat bunda sedang sibuk memilih suatu barang dan anak-anak bermain tanpa pengawasan.

Saya secara pribadi tidak menyarankan jika bunda mempunyai lebih dari 1 anak dan berjalan-jalan hanya bertiga tanpa co-partner, minimal jika bunda sedang teralihkan ada seseorang yang dapat membantu mengawasi anak-anak agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Dan situasi ramai seperti ini rentan membuat orang tua terpisah dengan anak atau yang lebih buruk anak bisa dibawa secara paksa oleh orang yang berniat jahat.

Ada solusi jika memang bunda harus berpergian hanya bertiga dengan anak-anak, yaitu dengan membawa stroller. Dengan meletakkan anak yang lebih kecil di stroller dan jangan lupa memasang safety beltnya dan untuk anak yang lebih besar selalu ingatkan untuk selalu memegang stroller atau jika anda tidak mempunyai stroller selalu gandeng tangan anak atau minimal posisikan anak selalu di depan bunda jika bunda sedang berjalan atau jika sedang berhenti selalu cek dimana posisi anak berada.

4. Ajarkan pengetahuan keamanan pada umumnya

Beritahu anak anda untuk tidak berbicara dengan orang asing dan tidak menerima apapun dari orang asing, tidak mau diajak oleh orang asing yang mana sekarang pun hal ini bisa berlaku untuk semua orang bahkan untuk orang yang anak kenal, ajarkan juga untuk tidak pergi kemanapun tanpa memberitahukan orangtua atau orang yang lebih tua atau orang yang menjaga, ajarkan anak anda untuk berteriak sekencang-kencangnya jika ia merasa terancam atau berlari sejauh jauhnya dari orang yang dicurigai mempunyai niat jahat.

5. Aturan rumah

Buatlah suatu aturan rumah yang salah satunya berisi tentang larangan membukakan pintu untuk siapapun tanpa seijin dari orangtua atau orang yang sedang menjaga, jelaskan kalau hal ini sangat berbahaya.

6. Keamanan di sekolah

Bekerjasama dengan sekolah agar pihak sekolah tidak membiarkan anak anda pulang dengan orang yang salah. Informasikan selalu Jika Anda memang kebetulan benar-benar tidak bisa menjemput anak anda. Berikan informasi yang sejelas-jelasnya tentang orang yang akan menjemput anak anda dan pastikan juga baik wali kelas anak anda.

7.Nomor telepon penting dan alamat rumah

Ajarkan anak untuk mengingat nomor telepon rumah atau nomor handphone orangtua dan mengingat alamat rumah mereka, karena ini akan sangat membantu jika mereka tersesat atau terpisah dari orangtua dan ajarkan anak anda untuk carilah orang yang benar-benar bisa dipercaya seperti polisi atau satpam jika berada dikeramaian.

8. Family Sticker

Hampir semua mobil yang pernah saya lihat menggunakan stiker di kendaraannya, hati-hati karena pemasangan stiker sama halnya memberikan informasi gratis ke orang lain yang mungkin berniat jahat ke keluarga kita. Pemasangan stiker yang paling berbahaya adalah stiker keluarga, dari satu stiker ini sudah memberikan banyak sekali informasi ke publik, berapa jumlah anggota keluarga, ada peliharaan apa, nama panggilan anak-anak ke orangtua dan nama panggilan anak-anak.

Apalagi jika ditambah dengan stiker-stiker dari sekolah anak, orang akan dengan mengambil informasi itu untuk hal-hal yang tidak baik. Orang yang berniat jahat bisa mendapatkan info nama anak dan lokasi sekolah anak. Bahkan, kepolisian di Amerika sudah memberikan saran kepada keluarga-keluarga yang mempunyai kendaraan pribadi untuk tidak lagi memasang stiker semacam itu.

Berprasangka buruk terhadap semua orang mungkin terkesan sangat berlebihan dan tidak baik, tapi untuk kondisi pada saat ini berprasangka buruk terhadap orang lain adalah hal yang bisa dibilang terbaik meskipun saya pun tidak menyarankan mengekang anak anda tanpa boleh bergaul dengan siapapun atau tanpa boleh didekati oleh siapapun. Anak anda masih boleh bermain dengan siapa pun yang dia mau tapi tetap dalam pengawasan anda. Anak anda boleh didekati oleh siapapun tapi tetap didampingi oleh Bunda ataupun Ayahnya. Sekarang memang serba sulit mengajarkan anak untuk bersikap sopan terhadap orang asing tapi juga harus was was terhadap orang asing.

Selain berjaga-jaga dan berwaspada ada baiknya diiringi juga dengan doa mohon perlindungan dengan yang Maha Kuasa, karena segala sesuatu yang terjadi baik itu buruk maupun kejadian baik semua pasti ada hikmah dan pembelajaran di dalamnya.

Silahkan bagikan di kolom komentar bagaimana anda menyikapi tentang berita penculikan yang sedang marak-maraknya dan bagikan juga informasi mengenai bagaimana anda menjaga anak-anak Anda agar terhindar dari penculikan atau dari kejahatan yang sedang marak pada saat ini.

Sumber :

  1. https://keluarga.com/3649/7-manfaat-anak-menekuni-olahraga-bela-diri
  2. http://kidshealth.org/en/parents/abductions.html#