5 Tempat yang Wajib Di Kunjungi Saat Imlek

Imlek merupakan perayaan tahun baru bagi masyarakat Tionghoa. Imlek tahun 2020 ini jatuh pada tanggal 25 Januari besok. Imlek yang bertepatan pada hari weekend bisa dimanfaatkan untuk refreshing bersama keluarga. Ada beberapa tempat wisata yang wajib dikunjungi saat Imlek. Tidak hanya sekadar untuk berlibur mengunjungi tempat-tempat berikut, namun juga memiliki makna religius dan bersejarah sehingga bisa mengedukasi keluarga dan anak-anak. 

Anda dan keluarga juga bisa menikmati pertunjukan kebudayaan Tionghoa dan juga mencicipi kuliner yang hanya ada saat Imlek, berikut tempat-tempatnya :

Sumber : bisniswisata.co.id

1. Pulau Kemaro

Pulau Kemaro adalah sebuah pulau yang berada di Kecamatan Ilir Timur II, Sumatera Selatan – Palembang dan berjarak 6 km dari Jembatan Ampera. Untuk menuju ke sana Anda bisa menaiki getek atau perahu kecil dengan biaya mulai dari Rp. 200.000. Dengan jarak tempuh sekitar 30-45 menit jika Anda naik perahu dari dermaga di Jembatan Ampera. Atau sekitar 15-20 menit jika anda menaiki speedboat.

Dengan luas kurang lebih 75 Ha, pulau ini menawarkan panorama alam yang indah dan memiliki wisata sejarah yang sangat diminati oleh banyak orang. Ada banyak sekali peninggalan-peninggalan bersejarah di pulau ini, seperti Pagoda berlantai 9, Klenteng Hok Tjing Rio, Makam Putri Sriwijaya,
pertunjukan kesenian, Kuil Buddha dan ritual keagamaan.

Sumber : tribunnews.com

2. Kampung Cina Cibubur

Bagi Anda yang berdomisili di Jakarta, tentu nama Kampung Cina Cibubur sudah tidak asing didengar. Kampung Cina ini berlokasi di kawasan Perumahan Kota Wisata Cibubur.

Anda dan keluarga bisa menghabiskan liburan Imlek disini, karena setiap Imlek kawasan ini akan ramai dan meriah dengan nuansa khas Imlek yang begitu kental. Anda akan disuguhkan tampilan khas Imlek seperti tarian barongsai dan terdapat barang-barang khas Imlek yang bisa Anda beli sebagai souvenir. Sayangnya tempat ini sudah cukup sepi pengunjung sehingga banyak stand penjual yang tutup. Namun begitu, Anda tetap bisa memanfaatkan beberapa spot foto yang menarik di sini.

Sumber : genpi.co

3. Klenteng Sam Po Kong

Klenteng ini memiliki arsitektur khas Tionghoa yang sangat kental, terletak di Jalan Simongan no. 129 Semarang. Klenteng Sam Po Kong ini memiliki sejarah yang penting seperti sejarah Laksamana Cheng Ho yang konon katanya pernah berlayar sampai Semarang dan sempat tinggal di wilayah tersebut. Selain dapat melihat sejarah-sejarah penting, di Klenteng ini juga banyak spot foto yang di hias layaknya di Negeri Tirai Bambu. Apalagi di tahun 2020 ini Pemerintah Kota Semarang akan mengadakan Festival Cap Go Meh.

Sumber : pinterest.com

4. Patung Dewi Kwan Im

Patung Dewi Kwan Im yang terletak di Jalan Pantai Wisata Burung Mandi, Desa Burung Mandi, Kecamatan Damar, Belitung Timur ini telah berusia dua abad lamanya. Selain untuk berwisata dan bersembahyang, bagi masyarakat yang berkunjung dan percaya, bisa diramal nasibnya di masa depan.

Sumber : pegipegi.com

5. Acara Gebyar Imlek Fair

Medan setiap tahun mengadakan Acara Gebyar Imlek Fair. Acara ini dimeriahkan oleh beberapa stand UKM yang menjual berbagai macam souvenir, kuliner hingga pakaian khas Imlek.

Selain banyak nya stand UKM yang berjualan, Anda juga akan dihibur dengan pertunjukan barongsai yang merupakan ciri khas saat Imlek. Perayaan Imlek di Medan sangat meriah, karena adanya acara ini sangat didukung oleh komunitas Tionghoa yang ada di sana.

Bagaimana? Tertarik untuk mengunjungi salah satu tempat-tempat wisata ini? Bagikan cerita Anda yang sudah pernah berkunjung ke salah satu tempat wisata di atas ya. Atau jika ada destinasi wisata lainnya yang Anda rekomendasikan, bisa Anda bagikan di kolom komentar di bawah ini.

Sumber : pamoart.com

Di Tahun Baru Imlek ini, kami segenap keluarga eDaun hemat.id berharap kesejahteraan dan kedamaian tidak akan pernah meninggalkan Anda sekeluarga. Keberuntungan yang baik di tahun Tikus Logam sesuai dengan semua harapan. Semoga cita-cita dan harapan Anda untuk keluarga menjadi nyata di tahun ini.

Sumber :

  1. //pegipegi.com/