Mengenal Custom Made Furniture

Pernah mengalami atau sedang dalam masa mengisi rumah dengan perabotan rumah tangga seperti lemari, backdrop TV, coffee table? Seringkali masalah yang dihadapi adalah ukuran furniture yang tidak tepat atau bentuk yang tidak sesuai dengan tema ruangan, padahal memiliki harga yang sesuai dengan budget. Jika Anda mengalami hal seperti ini, pastinya cukup membuat frustasi!!! ?? Ternyata punya ruangan yang cantik dengan furniture yang  sesuai dengan harapan dan on budget cukup memusingkan ya..

Ada alternatif lain yang bisa Anda lakukan, yaitu dengan memesan custom made furniture. Apa saja sih kelebihan dari memesan furniture dengan sistem custom (menyesuaikan sesuai kebutuhan) ? Simak 5 kelebihan dan juga kekurangannya pada pembahasan di bawah ini..

1. Ukuran bisa disesuaikan

Salah satu keuntungan dari memesan furniture secara custom yang tidak ada di pasaran adalah ukuran, baik tinggi, lebar bahkan bentuknya bisa disesuaikan dengan kondisi ruangan atau sesuai dengan keinginan Anda. Misalnya saja Anda memiliki ruangan yang sempit tapi menginginkan sofa tamu set. Nah dengan Anda memesan sofa set custom made, tentunya Anda tidak perlu khawatir dengan sofa yang tidak muat dengan ruangan yang ada di rumah.

Sumber : Dokumentasi Penulis

2. Style yang diinginkan

Sama seperti di atas selain ukuran yang bisa ditentukan, tentunya style akan bisa Anda tentukan juga. Jika anda memiliki ide-ide out of the box, dengan memesan custom made furniture lah ide-ide anda bisa terwujudkan sesuai dengan keinginan. Tentunya hal ini bisa membuat interior rumah Anda jadi lebih menarik dan unik.

Sumber : Dokumentasi Penulis

3. Bahan-bahan pilihan

Ada beberapa rumah yang memiliki masalah dalam hal kelembaban yang tinggi, sehingga sering dihinggapi binatang-binatang seperti rayap, semut hingga tikus. Dengan custom made furniture, bahan yang digunakan bisa menyesuaikan dengan kondisi yang dimiliki rumah itu sendiri. Misalnya, jika rumah Anda memiliki masalah kelembaban, maka Anda bisa memilih furniture yang Anda inginkan dengan bahan polywood.

Karena polywood memiliki ketahanan yang lebih baik terhadap kelembaban, sehingga furniture yang dibuat dengan bahan ini akan bertahan lama.

Sumber : pexels.com

4.  Menyesuaikan dengan budget

Budget seringkali menjadi salah satu alasan kita untuk menunda-nunda memiliki furniture impian, iya kan? Kelebihan dari custom made furniture lainnya yang tidak dimiliki furniture yang dijual bebas di pasaran adalah furniture Anda bisa dibuat sesuai dengan budget yang dimiliki. Penyesuaian budget bisa dilakukan pada pemilihan bahan dan atau modelnya yang dibuat lebih simple tapi tetap mengikuti tema dari rumah Anda.

5. Konsul Interior

Selain kelebihan-kelebihan diatas, saya pribadi suka memesan furniture custom seperti ini karena saya bisa konsultasi masalah interior kepada ahlinya. Baik soal warna, model atau bahan apa yang sebaiknya digunakan. Mereka akan senang untuk membantu Anda jika Anda bertanya mengenai seputar kebutuhan interior atau eksterior.

Di samping kelebihan tadi, tentu ada kekurangan dari custom made furniture ini, terutama dari pengalaman saya pribadi diantaranya :

  1. Harganya cenderung cukup tinggi dibandingkan furniture ready stock yang dijual di pasaran.
  2. Bergantung seberapa sulit bentuk atau ukurannya furniture yang Anda pesan, maka pembuatannya bisa memakan waktu yang cukup lama. Jadi untuk memesan furniture custom ini Anda harus sabar menunggu ya.
  3. Terkadang setelah kita sudah deal, bahan atau warna yang sudah kita pilih bisa saja pre-order atau persediaan bahannya tidak ada dan inden sampai beberapa hari atau bahkan beberapa bulan. 

Semoga pembahasan mengenai custom made furniture ini bermanfaat ya. Bagaimana pendapat Anda setelah mengetahui kelebihan dan juga kekurangannya dari custom made furniture? Tertarik juga untuk membuatnya?