6 Buah Terbaik yang Perlu Dikonsumsi oleh Ibu Hamil

Ibu hamil pasti harus memperhatikan asupan makanan serta menerapkan pola hidup sehat agar ibu dan janin yang dikandungnya tetap sehat hingga proses lahiran tiba. Jika tidak diperhatikan, maka akan beresiko bagi janin seperti keguguran atau gangguan kehamilan lainnya. Asupan makanan pun harus disesuaikan porsinya dengan usia janin, jangan berlebihan dan tentunya harus berkualitas. Ibu hamil harus memberikan nutrisi yang baik untuk calon bayinya agar kelak menjadi anak yang sehat dan cerdas.

Buah-buahan menjadi salah satu pilihan makanan terbaik untuk ibu hamil, tetapi tidak semua buah-buahan bisa dikonsumsi oleh ibu hamil. Lalu buah-buahan apa saja yang boleh dikonsumsi ibu hamil? Yuk simak penjelasannya

 1. Apel

276652.jpeg

Apel merupakan buah yang sangat disukai oleh banyak orang, selain rasanya yang enak apel juga mempunyai banyak manfaat tak terkecuali bagi ibu hamil. Karena buah apel mengandung nutrisi yang cukup banyak, serat, air, vitamin C, vitamin D dan vitamin E. Selain itu buah apel bebas lemak dan tidak mengandung kalori tetapi tinggi akan antioksidan. Dan itu semua berfungsi untuk menjaga kekebalan tubuh agar tetap sehat dan segar.

 2. Lemon

6000191268551_R.jpg

Lemon kaya akan vitamin dan nutrisi seperti vitamin A, vitamin C, vitamin B1, zat besi, protein, karbohidrat. Ibu hamil biasanya sering mengalami mual, pusing, dan sensitif terhadap beberapa makanan. Air lemon bisa membantu meredakan rasa mual, serta memperlancar pencernaan.

Promo Buah-Buahan Segar Cek Di Sini

 3. Pisang

GUEST_f5d0cfc3-9d02-4ee0-a6c6-ed5dc09971d1.jpg

Jika ibu hamil merasakan kram dan kelelahan maka pisang adalah solusinya. Karena didalam buah pisang mengandung potasium yang dapat meredakan rasa kram serta kelelahan. National Institutes of Health menyarankan ibu hamil mengonsumsi pisang 2-3 buah perhari agar nutrisi ibu dan janin tetap terjaga.

 4. Alpukat

Screenshot_2019-03-02 avocado freepik - Penelusuran Google.png

Ibu hamil membutuhkan sekurang-kurangnya 400 mikrogam asam folat perharinya. Asam folat berfungsi untuk mencegah cacat lahir pada otak dan sumsum tulang belakang pada bayi. Alpukat mengandung asam folat 45 mikrogam perbuahnya dan ibu hamil dianjurkan untuk mengonsumsi alpukat sejak trimester kehamilan pertama. Ibu hamil dapat mengonsumsi alpukat dengan cara di jus atau smoothie tanpa ditambah susu.

 5. Semangka

seedless-watermelon.jpg

Kandungan air didalam buah semangka sangat melimpah, terdiri dari 91% air dan 7,5% karbohidrat, tidak mengandung lemak dan protein serta sedikit mengandung kalori. Kandungan air yang banyak bisa membantu menghidrasi ibu hamil, karena pada dasarnya ibu hamil membutuhkan lebih banyak air. Karena jika kekurangan air dapat menganggu proses kehamilan, air sangat berperan penting dalam membentuk plasenta serta menjadi salah satu bahan pembentuk cairan ketuban.

 6. Kiwi

Screenshot_2019-03-02 kiwi-fruit-500x500 jpg (JPEG Image, 500 × 500 pixels).png

Kiwi merupakan buah yang cukup mudah didapatkan karena dapat tumbuh diberbagai area. Tidak hanya buahnya saja yang dapat dikonsumsi, tetapi kulitnya pun bisa. Ibu hamil disarankan mengonsumsi buah kiwi karena dapat mengurangi resiko gangguan pembentukan sistem saraf pada janin serta mencegah darah tinggi pada ibu hamil.

Temukan Di Sini, Makanan Segar dengan Harga Terbaik

Itulah buah-buahan yang dianjurkan untuk ibu hamil agar kondisi ibu dan janin tetap terjaga dan mengurangi resiko gangguan pada kehamilan. Semua vitamin yang terkandung dalam buah-buahan diatas sangat berperan penting pada masa kehamilan ataupun setelah melahirkan. Oleh karena itu marilah mulai mengonsumsi makanan sehat demi kesehatan ibu dan calon bayi.