6 Tips Cara Aman dan Nyaman Barteran Barang di Facebook

Siapa yang tidak punya akun di sosial media seperti facebook, pasti hampir semua orang dari yang tua sampai anak sekolah pun sudah mempunyai satu akun. Macam-macam alasan orang membuat akun facebook, ini adalah alasan umumnya :

  • Bisa berhubungan dengan teman lama atau saudara jauh.
  • Berjualan barang baru maupun bekas.
  • Barteran.

Kali ini saya akan membahas tentang apa saja tips agar aman berbarter secara online. Dengan berbarter barang anda mendapatkan manfaat ganda dengan menyingkirkan barang yang tidak dipakai dengan berbagai alasan dan menukarnya dengan barang yang memang anda butuhkan.

Ada juga komunitas yang berkumpul untuk bertukar barang atau barter barang baik second hand maupun baru, hal ini tergantung kesepakatan dari kedua belah pihak. Tapi hati-hati saat berbarteran banyak juga orang-orang yang tidak amanah atau tidak jujur dalam berbarteran.

Manfaat lain berbarteran adalah anda juga membantu orang yang mungkin sedang minim uang tapi membutuhkan tas anak misalnya dan orang tersebut punya sepatu yang tidak terpakai dilain sisi anda membutuhkan sepatu dan mempunyai tas anak yang tidak dipakai atau anak sudah mempunyai tas baru.

Sudah sering saya melihat dan mengalami sendiri mendapat barang barteran yang tidak layak, tapi itu masih beruntung. Kenapa? karena ada orang yang berbarteran tas mahal, tas nya sudah dikirim ternyata tas barterannya tas yang minusnya banyak. Tapi tidak semua orang tidak amanah, masih banyak orang amanah dan jujur dalam berbarteran.

Namun, tidak ada salahnya jika kita berhati-hati dan mengikuti tips-tips berikut ini sebelum melakukan berteran dengan seseorang, seperti :

1. Bertanya ke orang yang pernah barteran dengan orang yang akan kita ajak barteran

Chat Messenger
Chat Messenger

Langkah ini adalah langkah yang paling ampuh dan mudah menurut saya, anda tinggal cari di kontak nya. Pilih random atau cari orang yang juga sudah berteman dengan anda, dan tanyalah apa yang ingin anda ketahui informasi tentang akun yang akan anda ajak barter.

2. Minta foto barang dengan lebih detail

Barteran Sepatu
Barteran Sepatu

Mintalah detail foto barang yang akan anda barter, jika itu sepatu. mintalah foto kanan, kiri, atas sampai bawah sepatu. Tanya juga kondisi sepatu, dan mintalah foto ulang jika foto gelap atau buram.

3. Minta foto paket sebelum dikirim

Lalu agar anda makin yakin minta foto lagi sebelum barang dipacking dan setelah barang dipacking, lihat pada tulisan ditujukan kepadanya. Apakah nama dan alamat anda sudah benar atau belum, dan benarkah nama anda adalah orang yang akan menerima paket tersebut.

4. Minta agar mengirim berbarengan

Tanya kapan akan mengirim barang? jika siang, kirim juga siang karena kita rugi jika barang kita sudah sampai sedang barang dia belum sampai ke kita atau bahkan lebih lama.

5. Carilah lokasi terdekat

Musim barteran adalah disaat tengah bulan dan akhir bulan, jadi biasanya untuk meminimalisir biaya para pengguna facebook terutama para ibu-ibu muda mengajak barteran barang, tapi carilah orang yang mempunyai lokasi terdekat atau masih dalam satu daerah dan menggunakan ekspedisi termurah, seperti Wahana.

6. Cari berita di grup barter atau grup penipuan

Sudah banyak sekali grup-grup yang khusus berbagi info tengan penipuan atau akun-akun yang tidak amanah. Jika anda ragu dengan suatu akun, bertanya lah ke grup-grup ini untuk mencari info tentang suatu akun. Salah satu grup yang khusus membahas penipuan online adalah Grup Waspada Penipuan Online (WAPO).

Hargai barang anda walau barang yang akan anda barter  sudah tidak di pakai, ada baiknya anda lihat dari kondisi barang, harga beli, dan bandingkan apakah sesuai barang anda dan barang yang akan anda barter. Ingatlah untuk memegang kepercayaan orang, dengan memberikan informasi yang sebenarnya.

Ini adalah sebagian tips-tips yang ampuh untuk menghindari kerugian saat barteran, tapi memang ada orang yang mempunyai niat jahat dengan memberikan paket kosong, tapi minimal dengan mengikuti tips-tips yang sudah saya bagikan ini semoga meminimalisir kerugian saat akan berbarteran.

Silahkan berbagi tips jika anda mempunyai tips yang lebih ampuh untuk berbarter aman di Facebook. Semoga tulisan ini bermanfaat dan terima kasih.