6 Tips Cara Mengatasi Morning Sickness Pada Ibu Hamil

Morning sickness adalah kondisi yang dialami sebagian besar ibu-ibu di masa awal kehamilan mual dan muntah. Kadang istilah morning sickness disalah artikan dengan mual yang dialami di pagi hari saja, namun pada kenyataannya kondisi ini bisa terjadi kapan saja atau sepanjang hari, bahkan pada malam hari. Atau saat mencium atau melihat sesuatu yang tadinya tidak apa-apa tapi saat hamil jadi mual dan muntah saat mencium atau melihatnya, pengalaman pribadi saya dulu saat hamil mencium bau mie instan saya akan mual dan muntah.

Untuk wanita yang berkerja hal ini mungkin cukup mengganggu, tapi bagi wanita yang tidak bekerja tidak akan mengalami masalah. Tapi akan merasa lelah dan merasa cukup terkuras tenaganya karena selalu muntah, bahkan ada yang setiap makan selalu muntah. Saya juga mengalami saat hamil anak kedua, tapi anehnya jika makan di suapin suami malah makanan masuk.

Tapi bersyukurlah anda yang mengalami morning sickness karena ada sebuah penelitian yang khusus mengamati morning sickness dan efeknya dalam berbagai aspek kehamilan, hasilnya bahwa wanita yang mengalami morning sickness selama hamil memiliki risiko lebih kecil untuk mengalami keguguran. Penelitian tersebut menemukan bahwa wanita hamil yang mengalami morning sickness berisiko 55 – 80 persen lebih rendah mengalami keguguran dibandingkan wanita yang tidak alami morning sickness saat hamil.

Buat wanita yang tidak mengalami morning sickness jangan khawatir hal ini tidak menunjukkan adanya kelainan pada kehamilan anda, karena peneliti menjelaskan bahwa morning sickness dipengaruhi oleh hormon dalam tubuh dan hal ini bisa berbeda-beda pada satu wanita dan lainnya.

Tidak ada aturan yang pasti dalam mengatasi morning sickness, karena kondisi ini akan menghilang sendiri seiring dengan berjalannya umur kehamilan anda. Ada beberapa tips untuk mengatasi atau meminimalisir morning sickness, berikut tipsnya :

1. Makan sering dengan porsi sedikit

Makan Sering Dengan Porsi Sedikit
Sumber : Google Image

Mintalah suami untuk menyediakan makanan yang segar dan yang pasti sehat, seperti buah-buahan ataupun salad. Bisa dalam bentuk buah utuh atau dalam bentuk sudah dijadikan jus, bisa juga jus yang sudah di dinginkan atau sudah ditambahkan es batu. Dan sebisa mungkin semua dibuat sendiri.

Atau request makanan yang anda suka juga dianjurkan, tapi ingat bagi makanan itu dalam porsi kecil-kecil karena terlalu banyak mengisi perut anda dapat membuat anda mual.

2. Hindari dulu makanan yang pedas dan berminyak

No Spicy and oily food
Sumber : Google Image

Bagi ibu hamil yang suka sekali pedas mungkin sebaiknya dihindari terlebih dahulu, karena makanan pedas dan berminyak salah satu pemicu mual dan muntah juga.

3. Perbanyak minum air putih hangat

Minum Air Putih Hangat
Sumber : Google Image

Konsumsi air putih hangat sangat membantu ibu hamil yang sedang mengalami morning sick, karena lebih bisa mengurangi rasa mual yang timbul. Minumlah air putih untuk menetralisir rasa mual dan untuk mencegah dehidrasi yang ditimbulkan banyaknya cairan yang keluar saat muntah, jika tidak ditangani ibu hamil akan kekurangan cairan dan dehidrasi maka dari itu dianjurkan minum air putih yang cukup.

4. Tetap rutin mengkonsumsi vitamin dari dokter

Rutin Konsumsi Vitamin
Sumber : Google Image

Vitamin zinc serta vitamin B6 mampu mencegah mual pada kehamilan yang disebabkan oleh morning sickness. Biasanya dokter kandungan atau bidan memberikan vitamin tersebut untuk mengatasi mual yang anda rasakan.

5. Jika bisa keluar rumah atau sekedar duduk-duduk diteras rumah

Berjalan-jalan Baik Untuk Ibu Hamil
Sumber : Google Image

Selain diatasi dari segi makanan ibu hamil juga bisa keluar rumah menghirup udara segar dan jika perlu ngobrol-ngobrol dengan tetangga, manfaatnya untuk mengalihkan perhatian anda dari morning sick yang sedang dialami.

6. Gunakan Aromaterapi

Aromaterapi untuk ibu hamil
Sumber : Google Image

Sudah banyak beredar macam-macam aromaterapi yang dijual bebas, anda tinggal pilih mana aromaterapi yang paling anda suka dan bisa membantu mengatasi rasa mual anda.

Anda juga bisa berkonsultasi dahulu dengan dokter kandungan atau bidan anda bagaimana mengatasi morning sick yang aman untuk anda dan untuk janin anda, karena kondisi masing-masing ibu hamil berbeda.

Dan tiap ibu hamil memiliki cara nya tersediri dalam mengatasi morning sick saat awal kehamilan, tapi rata-rata dapat diatasi dengan tips-tips sederhana yang sudah saya paparkan diatas.

Intinya dinikmati saja, karena pada dasarnya kehamilan adalah anugerah yang terindah. Apalagi buat anda yang memang sudah lama menantikan anak, nikmati dan syukuri.

Saya juga ingin mendengar penglaman anda saat anda mengalami morning sick dan apa yang anda lakukan untuk mengatasinya. Silahkan share pengalaman anda di kolom komentar di bawah, semoga bermanfaat dan terima kasih.