8 Tips Menjadi Ibu Rumah Tangga Yang Bahagia Tanpa Stress

Stress adalah penyebab utama seorang stay home mom atau ibu rumah tangga merasa cepat merasa stress dan sangat gampang marah karena hal-hal kecil, atau istilahnya”kurang piknik”.

Saya sebagai salah satu ibu rumah tangga yang setiap hari berkutat dengan hal yang sama dan kegiatan yang sama hampir setiap hari, pastilah merasakan yang namanya stress dan membuat saya jadi cepat marah untuk hal-hal yang kecil.

Tapi saya akan membagikan tips dari saya berdasarkan pengalaman saya yang juga stay home mom, yang sudah berjalan selama hampir 7 tahun ini, ini beberapa tipsnya :

1. Lanjutkan hobby atau carilah hobby

Menonton Horror Movie
Sumber : Google Image

Sering mendengar saran ini? pasti sering, karena memang menjalankan hobby atau mencari hobby baru adalah hal memang ampuh dalam mengurangi stress pada stay home mom. Hampir setiap orang punya hobby atau kesukaan. Contohnya saya, dari saya single saya suka sekali nonton film horor sampai sekarang pun saya masih menjalankan hobby itu untuk menghilangkan stress dan penat saya.

2. Cari waktu yang tepat untuk menjalankan atau melakukan hobby anda

Time For Me
Sumber : Google Image

Jam saya menonton adalah siang hari dari jam 1-3 siang, di jam itu anak-anak HARUS, MUSTI, WAJIB tidur siang. Karena itulah saat nya “ME TIME” saya, biasanya saya menghabiskan waktu untuk menonton 1-2 film atau mengerjakan hal lain yang saya suka. Tapi lagi-lagi namanya ibu rumah tangga, pasti kepikiran dengan pekerjaan rumah apalagi jika ada pekerjaan rumah yang belum selesai. Jadi seringnya saya menonton film sambil menyetrika baju, kerjaan beres hobby tetap tersalurkan.

3. Melakukan kegiatan-kegiatan di luar rumah

Arisan
Sumber : Google Image

Menjadi anggota komite sekolah anak atau mengikuti arisan yang diadakan sebulan sekali buat saya sudah menyenangkan, selain saya pun bisa keluar rumah dan bertemu dengan teman-teman saya. Bahkan terkadang kita mengadakan ‘rapat’ di restoran yang lokasinya tidak jauh dari sekolah anak, karena biasanya pertemuan diadakan di antara jam sekolah anak. Jadi setelah pertemuan kita sekalian menjemput anak pulang, walaupun mungkin hanya 2-3 jam minimal dapat mengurangi rasa penat dan bisa saling sharing karena sebagian ibu-ibu komite adalah ibu-ibu rumah tangga yang tidak bekerja.

4. Cari kesibukan

Jadwal ibu
Sumber : Google Image

Penuhi hari anda dengan jadwal yang padat, jadi anda tidak ada waktu untuk memikirkan hal yang tidak penting, seperti enaknya tetangga sebelah yang ada pembantu atau senangnya saat punya uang dari hasil sendiri. Hal-hal seperti ini bisa memicu bad mood pada ibu, dan jika ibu sudah bad mood semua kerjaan jadi tidak menyenangkan lagi.

5. Manjakan diri

Memanjakan Diri
Sumber : Google Image

Sisipkan uang untuk anda memanjakan diri, sekedar hair do, creambath, body scrub, atau body massage. Hal ini penting sekali karena selain membuat anda segar dan terlihat cantik di depan suami, tetapi juga dapat membuat anda lebih relax dengan segala aktifitas rumah tangga.

6. Be selfish sometimes

Be Selfish Sometimes
Sumber : Google Image

Makan ice cream hanya sendiri sekali-kali tidak apa-apa, jadi egois sekali-kali tidak akan membuat anda menjadi ibu yang bersalah. Kesenangan anda akan menjadi hal yang menguntungkan untuk keluarga anda, karena ibu yang bahagia akan membuat suasana rumah jadi menyenangkan. Atau anda bisa meminta suami untuk menjaga anak sementara anda dapat tidur lebih awal.

7. Hari minggu adalah hari libur nasional untuk semua

Happy Sunday
Sumber : Google Image

Hari minggu adalah waktu saya juga untuk bersantai, bebas dari semua kerjaan rumah kecuali cuci piring. Hari minggu anda bisa membeli masakan jadi atau makan diluar, lalu ajak anak-anak keluar rumah.

Tidak harus ketempat yang jauh, ajak mereka ke taman atau ke tempat yang anda ingin kunjungi tapi pastikan tempat itu kids friendly ya…

8. Pasang lagu yang anda suka

Mendengarkan Music
Sumber : Google Image

Saat sedang berbenah saya suka memasang lagu-lagu yang saya suka untuk menemani saya bebenah, dan menyenangkan memasang lagu yang kita suka juga membuat kita tidak terlalu memikirkan betapa banyak pekerjaan yang harus di kerjakan. Selain itu mendengarkan lagu sambil mengerjakan pekerjaan rumah bisa menjadi mood booster.

Menjadi seorang ibu adalah hal yang terindah, tapi juga jangan lupakan ibu juga manusia yang punya rasa malas, stress, dan rasa lelah. Jadi jangan membuat harapan yang tidak manusiawi pada ibu rumah tangga yang dicap harus serba bisa.

Bagikan pengalaman bagaimana anda membuat diri anda menjadi ibu yang bahagia di rumah? silahkan share di kolom komentar dan semoga bermanfaat. Terima Kasih.