Agar Rice Cooker Berumur Panjang, Lakukan Hal ini !!

Nasi adalah makanan pokok sebagian besar orang Indonesia. Orang Indonesia bahkan punya slogan sendiri mengenai nasi, “Bukan makan namanya jika belum makan nasi”, jadi walaupun sudah makan roti atau mie tidak akan lengkap tanpa nasi.

Memasak nasi sekarang pun tidak seperti jaman dulu lagi, dengan ditanak terlebih dahulu sampai airnya habis lalu dikukus di dandang atau langseng. Tapi jangan salah, walaupun sekarang sudah ada rice cooker yang menawarkan cara cepat memasak nasi, ada juga sebagian bunda yang lebih senang memasak dengan cara tradisional. Alasannya adalah karena nasi yang dimasak dengan cara ditanak dan dikukus dengan dandang atau langseng nasinya lebih terasa enak dan lebih tahan lama.

Sebelum kita bahas lebih lanjut, ketahui dulu apa itu rice cooker. Rice cooker atau penanak nasi adalah alat dapur otomatis yang dirancang untuk mengukus nasi. Rice cooker terdiri dari sumber panas, mangkuk masak, dan termostat. Termostat adalah alat untuk mengukur suhu mangkuk memasak dan mengendalikan panas.

Memasak dengan rice cooker juga menawarkan banyak kemudahan dan memberikan banyak sekali keuntungan untuk para bunda, yaitu lebih praktis, cepat, bisa menjaga nasi tetap hangat, dan bunda masih bisa melakukan kegiatan lain saat nasi sedang di masak. Dengan banyak keuntungan itulah kebanyakan bunda yang super sibuk dengan kegiatan rumah tangga apalagi punya anak kecil lebih memilih menggunakan rice cooker. Untuk menjaga agar rice cooker awet dan bisa digunakan dalam jangka panjang ada beberapa tips yang bisa memperpanjang umur rice cooker bunda di rumah, berikut tips nya :

1. Membaca buku petunjuk

Sumber : Tokopedia

Beda merk dan beda kualitas dari rice cooker biasanya akan berbeda cara penggunaan dan perawatannya, jadi selalu biasakan untuk membaca petunjuk yang disertakan di dalam kardus rice cooker anda.

2. Tidak mencuci beras di pan rice cooker

Sumber : 5’Post – blogger

Tahukah bunda jika bunda mencuci beras di pan rice cooker bisa mengikis lapisan anti gores pada pan tersebut, hal ini akan berakibat nasi menjadi lengket pada pan rice cooker.

 

3. Memasak sesuai kapasitas

Sumber : Bersihpedia.com

Masaklah nasi sesuai dengan kapasitas dari rice cooker yang bunda punya, memasak lebih banyak dari kapasitas maksimal akan menyebabkan nasi tidak termasak dengan sempurna. Nasi bisa meluber keluar dan dapat berakibat rice cooker anda jadi lebih cepat rusak.

4. Rutin membersihkan rice cooker

Sumber : Dokumentasi Pribadi

Kurangnya perawatan baik di dalam maupun di bagian luar rice cooker dapat menyebabkan rice cooker cepat rusak, hal ini dikarenakan air atau nasi yang tertinggal atau tidak sengaja masuk ke dalam elemen rice cooker dapat menimbulkan kerak atau karat pada elemen rice cooker.

Air yang masuk kedalam elemen rice cooker juga dapat menyebabkan konslet atau kejutan listrik pada rice cooker bunda.

5. Penempatan

Sumber : Sharp

Letakkan rice cooker tidak rapat dengan dinding dan tidak berada di bawah kabinet agar uap dari rice cooker bisa terlepas dengan bebas.

6.Dinginkan pan sebelum mencuci

Untuk menjaga agar pan tidak menjadi lengket penting untuk diingat, tidak mencuci atau memasukkan air pada saat pan masih panas. Juga selalu mencuci pan dengan spon yang lembut agar pan tidak tergores.

7. Mengosongkan penampungan uap air

Sumber : Dokumentasi Pribadi

Penampungan uap air ini fungsinya untuk menampung air yang berasal dari proses pemasakan nasi, akan lebih baik jika bunda rutin untuk mengosongkan penampungan uap air. Karena jika air yang berada di penampungan uap air di biarkan berhari-hari bisa menimbulkan bau yang kurang sedap yang bisa mempengaruhi kualitas nasi.

8. Rice cooker selalu dalam keadaan on

Rice cooker harusnya diberi jeda minimal semalaman dan tidak dipaksa bekerja full-time, jika bunda memasak nasi lebih baik bunda memasak sekalian untuk satu hari makan. Saat malam hari jika masih dan nasi yang tersisa lebih baik dimasukkan di container makanan lalu di simpan di kulkas, atau memasukkan nasi yang baru masak ke magic com. Hal ini dilakukan agar rice cooker tidak cepat rusak.

9. Menyalakan rice cooker dalam keadaan kosong

Menyalakan rice cooker dalam keadaan pan kosong apalagi dalam jangka waktu yang lama dapat menyebabkan rice cooker over heat, hal ini dapat menyebabkan thermofuse akan putus bahkan bisa menyebabkan kerusakan pada element ride cooker.

10. Memilih rice cooker yang sesuai dengan kebutuhan

Sumber : Dapur.Website

Pilihlah rice cooker yang sesuai dengan kebutuhan keluarga bunda, jika bunda memiliki anggota keluarga yang banyak bunda bisa memilih rice cooker dengan kapasitas yang lebih besar. Jika bunda termasuk bunda yang sibuk, bunda bisa memilik rice cooker yang juga memiliki menu lebih banyak. Misal rice cooker multifungsi yang tidak hanya bisa memasak nasi tapi juga dapat memasak soup, memasak bubur, pengukus telor, mensterilkan botol susu bayi, mencairkan coklat, membuat kue dan lain-lain.

Bunda tidak perlu keluar masuk supermarket untuk mencari rice cooker yang harganya sesuai dengan budget keluarga, karena di hemat.id bunda bisa memilih rice cooker yang sesuai dengan kebutuhan bunda dan mendapatkan rice cooker dengan harga promo termurah di seluruh supermarket maupun hypermarket.

Selalu membersihkan rice cooker setiap kali selesai di pakai adalah cara termudah dan sangat berpengaruh untuk menjaga peralatan elektronik rumah tetap berfungsi dengan dengan sempurna dan maksimal. Semoga artikel ini bermanfaat dan terima kasih.

Sumber :

1.//www.recipechatt//www.recipechatter.com/rice-cooking-tips/er.com/rice-cooking-tips/

2. //smallappliance.robertrose.ca/news-and-info/rice-cooker/helpful-rice-cooker-tips-tricks

3. //www.masputz.com/2015/11/penyebab-magic-com-rice-cooker-baru.html

4. //en.wikipedia.org/wiki/Rice_cooker

Dapatkan Panduan Belanja Hemat dalam Newsletter Hemat.id!